Just Another Blogger

Wednesday, July 26, 2017

Debian 9 Strech Release

Debian 9 Cover

Debian telah mengeluarkan sistem operasi terbarunya penerus Debian Jessie. Tepatnya pada tanggal 17 Juni 2017. Dari press releasenya. Debian 9 didedikasikan kepada founder Debian Ian Murdock yang meninggal pada tanggal 28 Desember 2015. Ian Murdock adalah founder Debian. Ian mulai mengembangkan debian sejak tahun 1993. Selain mengembangkan Debian, Ian juga ikut dalam project-project open source lainnya. Ian Murdock memiliki jasa dan sejarah yang panjang dalam dunia open source. Meski Ian Murdock telah tiada, namun nama Ian akan selalu terukir dihati para pelaku open source, Selain karena sumbangsihnya dalam dunia opensource, Nama Ian selalu terukir di Nama "Debian". Karena nama Debian sendiri sebenarnya adalah kombinasi nama Ian Murdock dengan kekasihnya Debra Lynn.

Sebenarnya aku termasuk pengguna loyal windows, karena pekerjaanku lebih banyak memakai windows ketimbang linux. Namun sudah sekitar 5 bulanan aku mencoba memakai linux. Debian adalah distro linux yang sangat aku remondasikan. Sistem operasi debian sangat stabil dan ringan. Saat ini aku memakai ubuntu (loh???). Bukan karena Ubuntu lebih bagus dari Debian. Yang namanya distro, pasti punya plus minus. Apalagi Ubuntu dibuat dari debian juga. Tapi kalau memakai ubuntu laptopku jadi cepat panas, beberapa teman juga bilang pakai ubuntu boros battery (kalau ini aku nggak bisa komentar, soalnya batteryku sudah mati). Namun Ubuntu punya komunitas yang sangat besar dan koleksi package yang sangat banyak. FYI Ubuntu memiliki fasilitas membuat repo sendiri dengan ppa jadi pengguna bisa memiliki repo sendiri. Cukup ngobrolin Ubuntunya, lets get back to Debian 9.

Kode Nama Debian 9

Debian 9 memiliki code name Strech. Seperti nama-nama distribusi sebelumnya, Seperti rilis sebelumya, debian menggunakan nama-nama karakter di film Toy Story. Kali ini debian 9 juga menggunakan nama dari salah satu karakter di film Toy Story, yaitu si gurita ungu yang bernama "Strech".


Yang Baru Di Debian 9


  • Linux Kernel menggunakan seri 4.9 LTS
  • Tool Digital Forensik baru
  • PHP versi 7 menggantikan PHP 5
  • Mariadb menggantikan MySQL
  • GNU GCC 6 menjadi default kompiler
  • Python 3.5 
  • 15346 package baru dari total 51687 package
Whats New on Debian 9


Untuk detailnya releasenya kamu bisa melihat di https://www.debian.org/releases/stable/amd64/release-notes/ch-about.en.html


Kamu juga bisa mengunduh Installernya di https://www.debian.org/distrib/
Pilih package sesuai spek komputermu.

Pilihan Image installer Debian

Aku lagi mau nyoba, jadi belum bisa buat testimoni tentang Debian 9, ntar kapan-kapan aku update lagi. See ya


2 comments:

  1. Debian itu temennya Rizky Febian ya? Atau sodara kembarnya Demian? Wkwkkwkwk...

    ReplyDelete