7 Hal Berikut Bisa Membuatmu Tobat dari Sifat Pemalasmu

, , 20 comments
Malas itu salah satu sifat dasar manusia. Tapi, tiap orang porsinya berbeda-beda. Tergantung bagaimana dia tumbuh. Kalau sifat malasnya sudah terlalu besar. Bukan hanya hidup kita yang tak nyaman. Orang lain lebih tak nyaman lagi. Benar tidak? Yang pasti orang akan malas bekerja sama denganmu. Dekat dengamu saja malas (buat orang yang malas mandi) atau malas mengajak kamu bicara (buat orang yang malas bicara).
Berdasarkan informasi yang saya cari tahu dari sana sini dan pengamatan yang saya lakukan, saya punya beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya kamu jadi lebih niat buat taubat dari rasa malas. Semoga membantumu ya.

1. Tingkatkan Rasa Malasmu




Tips yang pertama ini saya jamin bikin kamu tobat. Kalau kamu diminta untuk mengubah rasa malasmu jadi rajin, itu terlalu mudah. Maksudnya mudah diabaikan. Jadi untuk tips pertama, tingkatkan rasa malasmu, minimal 2x dari rasa malasmu sekarang. Misalnya, orang mandi biasanya kan 2x dalam sehari. Berarti orang rajin mandi minimal 2x mandi. Sebagai orang malas, jumlah mandi kita pasti lebih sedikit, yaitu 1x dalam sehari. Mulai sekarang, Tingkatkan lagi rasa malas mandimu, menjadi 1 – 1 = 0 alias tidak mandi sama sekali, dan mari kita lihat efeknya apa yang akan terjadi pada dirimu.


2. Cari Pacar yang Galak

   Photo credit: themodernman
Tips ini bisa digunakan untuk para jomblo. Keunggulan tips yang ini, kamu jadi punya alarm pribadi yang dijamin tak kenal lelah untuk memarahi kamu kalau kamu malas. Saran saya, carilah pacar yang bukan hanya galak, tetapi juga memiliki keteguhan dan kesabaran yang tinggi.

3. Baca Komik Siksa Neraka

Photo credit: youtube

Masih ingat atau tahu komik ini? Lihat cover komiknya saja sudah bikin merinding. Apalagi baca dalamnya. Saya yakin kalian pasti akan ketakutan. Sifat malas memiliki hubungan yang erat dengan ibadah. Orang pemalas biasanya juga malas untuk beribadah. Namanya juga pemalas. Tips yang ketiga, bacalah komik ini 3x sehari (seperti minum obat saja). Bila hal ini kamu lakukan dengan rutin dan sesuai resep. Dalam 3 hari mungkin akan muncul kesadaranmu untuk tidak malas lagi.

NB. Komik ini tidak boleh dibaca anak kecil dan masih di bawah umur ya.

4. Berziarah ke Kuburan

Photo credit: forumkeadilan

Berziarah ke kuburan juga bisa menjadi latihan supaya kita tobat. Kalau kamu ke sana, coba perhatikan kuburan-kuburan di sana. Di kuburan, bukan hanya orang tua saja yang meninggal, ada juga yang masih kecil atau remaja. Meninggal itu tak pandang umur. Jangan habiskan hidup kita untuk tidur, makan, dan ke kamar mandi saja.

Kalau mengingat mati masih tidak bisa buat kamu tobat, coba ubah bermalas-malasanmu di kuburan. Lakukan 3 hari saja dan lihat manfaatnya eh penampakannya.

5. Berdoa dan Minta pada Tuhan Agar Dijauhkan dari Sifat Malas


Ini yang paling penting nih, minta dan berdoa pada sang Pencipta. Tuhan itu sayang pada manusia. Kalau orang tua kita yang notabene hanya dititipkan anak oleh Tuhan saja mau menuruti keinginan kita, apalagi pencipta kita. Betul tidak?

6. Cari Sekretaris Pribadi


Apa sih penyebab pertama kemalasan itu? Penyebab kemalasan adalah karena kita tidak punya target-target untuk kita penuhi, atau targetnya ada, tinggal mau mencapai atau tidak. Untuk itulah kita butuh sekretaris pribadi, untuk selalu mengingatkan kita, kapan ibadah, mandi, dan melakukan banyak hal.

7. Keep Reading This Article

Photo credit: bestjobcenter
Dan tips yang terakhir adalah, sering-seringlah baca artikel ini, supaya kamu selalu ingat dan keinginan kamu untuk tobat dari rasa malas semakin besar.


Selamat mencoba ya.









20 comments:

  1. nice article, i need private secretary too

    ReplyDelete
  2. Judulnya cucok sama yang nulis... :D :D

    ReplyDelete
  3. Wah no. 3 sering dibaca. Apalagi saat masih sd

    ReplyDelete
  4. Wah no. 3 sering dibaca. Apalagi saat masih sd

    ReplyDelete
  5. Sekretaris pribadi, hehe ... sementara ini pakai kalender elektronik & pengingat di gadget masih bisa :)
    Soal 'kopet', kalau lagi dikejar-kejar tumpukan tugas ini itu aku suka menganggap mandi tuh buang2 waktu :D jadi yaaa mandi kilat aja sekedar mengusir rasa tak nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malas yang paling susah saya atasi itu kalau di kantor malas pulang, tapi kalau dirumah, malas ke kantor :)).
      masalah mandinya ternyata sama, bedanya saya cuma cuci muka biar agak fresh, trus buka laptop lagi :))

      Delete
    2. Kalau nggak ditelpon bininya nggak ingat pulang, kalau nggak di WA temen kantornya nggak ingat kerja #tepokjidat :D

      Delete

  6. اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
    “Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat. (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

    ReplyDelete