Widget HTML Atas

Tentang Aku

Assalamualakum Warah Matullah Wa Barrokatuh



Salam kenal, Terima kasih sudah mampir di profileku. Namaku Martin, lebih lengkapnya adalah Martin Eko Setiawan. Saat ini aku bekerja sebagai seorang programmer disebuah Rumah Sakit Negeri Kota Semarang, yaitu RSWN alias Rumah Sakit Daerah Kota Semarang.

Selain bekerja sebagai Programmer, aku juga seorang ayah dari 1 orang putri dan 1 orang putra. Aku punya satu orang istri yang cantik jelita.   

Dia adalah seseorang yang bukan hanya spesial campur telor di hati, tetapi juga mengenalkan dunia perbloggeran padaku, sehingga aku terjerumus dalam jurang dalam ini.

Martin Setiawan

Judul blog ini adalah martinsetiawan.com, nama blog ini aku pilih untuk memudahkan orang lain mengunjungi blogku dan juga sebagai personal branding bagiku. Bayangkan kalau nama blogku suprapto.com, pasti banyak yang bingung. Bagaimana bisa seseorang bernama Martin menjadi Suprapto.

Janganlah bingung apalagi bimbang, apalah arti sebuah nama blog. Eh berarti banget lah ya. Nama blog yang digunakan sebagai branding seharusnya mewakili diri sipembuat blog. Karena itu aku menggunakan namaku sebagai domain blog ini.

Merangkai Kode Menjadi Cerita

Dalam dunia nyata, aku sering berurusan dengan koding. Sebenarnya banyak sekali yang ingin aku ceritakan tentang koding dengan beragam bahasa pemrograman yang aku pakai dalam mendevelop aplikasi. Namun ternyata hidupku penuh dengan kode-kode. Alih-alih memenuhi blog ini dengan kode-kode pemrograman, aku justru menuliskan kode-kode dalam hidupku menjadi sebuah cerita.

Niche

Jika engkau adalah bulan, maka aku adalah mentari. Bulan dan mentari memiliki tujuan yang sama namun posisi mereka berbeda. Tulisan tadi tidak ada hubungannya dengan niche. Aku garing ya?

Awal membuat blog ini aku ingin berbagi proses belajarku di dunia pemrograman. Tapi karena kemampuan yang tak seberapa dan keinginan untuk berkontribusi dalam pembangunan ahlak bangsa. Aku ingin menulis artikel-artikel parenting berdasarkan opini dan juga pelatihan yang pernah aku ikuti. Namun ternyata membuat blog yang isinya parenting semua itu susah. Tanpa meninggalkan tujuan utama yang menjadi ruh dari blog ini, aku membuat berbagai tulisan entah itu opini, pengalaman, artikel yang ingin kubagikan kepada para pembaca sekalian. 

Portfolio

Programmer adalah seseorang dibelakang layar. Orang lain seringkali mendapat ucapan selamat atas karya-karyanya, namun tidak dengan programmer. Mereka jarang terlihat meski hanya sekelebat.
 
Beberapa karyaku yan aku dedikasikan untuk berbagi pengetahuan dan teknik koding adalah:
  • Bridging VClaim Dengan Visual Basic 6
    Diawali dari kegelisahan dan keinginanku untuk membuat bridging bisa terintegrasi dengan SIMRS ditempat kerjaku dan sulitnya mencari literasi dan bahan untuk melakukan bridging VClaim dengan Visual Basic 6. Aku membagikan potongan koding bridging yang aku buat untuk membantu teman-teman programmer Visual Basic 6 lainnya.
  • Bridging Eklaim Dengan Visual Basic 6
    Idem dengan alasan bridging VClaim. Bridging Eklaim juga menggunakan metode yang susah dilakukan oleh Visual Basic 6.
Dua artikel diatas membuatku banyak dikenal sebagai programmer spesialis bridging VClaim dan Eklaim. Kesulitan dalam bridging ini bukan hanya pada pembuatannya saja. Tetapi programmer juga harus paham tentang cara pengisian parameter, alur klaim dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk memperkaya pengetahuan tentang alur klaim dan implementasinya pada bridging, aku aktif di beberapa group Asisoasi pelaku/pengguna InaCBG. 
Karena keaktifanku berdiskusi, alhamdulilah sudah beberapa kali aku diundang untuk mengisi materi tentang bridging dan pemakaian aplikasi InaCBG, yaitu: 
  • Pembicara Bridging VClaim 1.4 di Event Nasional PPII di Solo
  • Pemateri diacara Pembekalan Ketrampilan Casemix Mahasiswa Jurusan Rekam Medis Poltekes
  • Semarang dengan topik Instalasi Eklaim dan Penggunaannya dan topik Teknik Analisa Klaim

Riwayat pekerjaanku dalam dunia pemrograman adalah sebagai berikut:
  • 2008 - 2012 Programmer di RSUD Kota Semarang
  • 2012 - 2013 Senior Programmer di PT. Jasamedika, penempatan di RSUD Kebumen
  • 2013-2014 Senior Programmer di PT. Jasamedika, penempatan RSUD Kota Kendal
  • 2014-2014 Pegawai magang Web Developer di freshdesignstudio.com
  • 2014-2014 Freelance pengembang Aplikasi berbasis Web
  • 2014 - Sekarang Programmer di RSWN (Rumah Sakit KRMT Wongsonegoro Semarang)
Aku juga aktif dalam diskusi pengembangan SIMRS di group Telegram IT-RS seJateng dan DIY ++, kalau kamu bekerja sebagai programmer di rumah sakit dan berminat untuk saling belajar (sebenarnya sih saling mencontek) tentang alur dan implementasi SIMRS dan tertarik masuk group IT Jateng, silahkan kontak aku.

Akhir Paragraf, Saya mengucapkan terima kasih banyak sudah bersedia mampir ke blog saya, dan juga terima kasih sekali sudah membaca profil saya. Semoga blog ini bisa memberi manfaat bagi saya maupun teman-teman yang sudah menyediakan waktu mampir kesini.

Facebook dan emailku terbuka untuk siapa saja yang ingin bersilaturahmi. Atau kamu bisa menghubungiku via WhatsApp di 0858-4879-4416.

Wassalamualaikum Warah Matullah Wa Barrokatuh