Widget HTML Atas

3 point penting Mengapa Harus Menggunakan Microsoft Visual Code

Banyak sekali tool buat ngoding yang seharusnya memperingan tugas programmer. Alih-alih meringankan tugas kadang tool itu justru memperlambat proses ngoding meskipun sebenarnya tool ini sangat membantu dalam hal administrasi. 
 
Contohnya tool versioning seperti git. Git sangat berguna untuk melakukan kolaborasi, versioning dan tracking. Tapi kadang susah juga tiap ngoding harus pull dulu, kemudian ngoding menggunakan text editor lalu melakukan push ke github dengan command promt. 
 
Ditambah lagi bahasa pemrograman modern menggunakan installer dengan scripting. Sebagai contoh npm di nodejs, bower untuk javascript, composer di PHP dan tidak ketinggalan pip di python. Untuk membuat atau menginstall aplikasi dan library kita harus membuka command prompt. Kemudian untuk ngoding memakai text editor. 

Bahasa pemrograman modern saat ini memang didisain agar nyaman di linux yang berbasis terminal. Buat pengguna Windows sepertiku, jelas hal ini sangat menyiksa sekali.
 
Untunglah sekarang Microsoft love Open Source. Tidak diragukan lagi, Microsoft sangat berpengalaman memberikan user experience yang bagus. Microsoft seakan mendengar jeritan developer yang menggunakan windows tapi tidak punya uang untuk membeli editor keren dari jetbrains.
 

Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah salah satu text editor paling populer saat ini. Visual Studio bukan hanya gratis, tapi juga Open Source. Kalau tertarik membuat text editor versimu sendiri, kamu bisa mendownload source codenya di Github.
 
Berikut ini alasan mengapa Visual Code sangat direkomendasikan untuk ngoding bahasa pemrograman terkini.

Terintegrasi Dengan Github

Siapa yang tidak kenal dengan Github. Github adalah tool kolaborasi dan versioning yang sangat terkenal. Github sendiri secara resmi sudah diakuisisi dan menjadi bagian dari Microsoft.
 
Visual Visual Code memiliki integrasi yang sangat baik dengan Github.  Fitur ini sangat memudahkan para developer yang menggunakan github atau gitlab untuk kolaborasi dan versioning. 

Terintegrasi Dengan Terminal

Bahasa pemrograman modern seperti javascript, PHP, Pyton sangat nyaman digunakan di Linux. Bahasa scripting memang dibuat untuk lebih nyaman di lingkungan terminal. Tapi sayangnya menggunakan terminal di Windows tidak senyaman di Linux. 
 
Visual Code memiliki terminal yang terintegrasi. Kita bisa membuka terminal tanpa membuka jendela command prompt. Selain itu terminal di Visual Studio Code terasa lebih nyaman daripada bawaan Windows.
 

Fitur Penyorotan Syntax, Intellisense dan debugging terintegrasi

 Visual Studio Code memiliki fitur penyorotan syntak yang memudahkan programmer membaca kode program, intellisense yang membuat hidup eh ngoding lebih mudah. dan proses debugging/
 

Ekstension Yang Lengkap

Visual Studio Code didukung oleh penggiat Open Source di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ekstensi yang bisa didownload untuk menambah fungsionalitas dari Visual Studio Code. Semua ekstensi ini gratis digunakan oleh siapapun dan dimanapun.

Demkian 3 point penting mengapa harus menggunakan Microsoft Visual Code untuk ngoding. Terima kasih sudah mampir

No comments for "3 point penting Mengapa Harus Menggunakan Microsoft Visual Code"