Widget HTML Atas

5 FItur Unggulan Roboguru dari Ruangguru Membantu Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh


Pembelajaran Jarak Jauh yang meniadakan pertemuan fisik antara murid dan guru membuat sebuah ruang kosong dalam proses transfer ilmu. Sering kali materi tidak tersampaikan atau diterima dengan baik oleh siswa. Akhirnya mau nggak mau orang tua yang membantu mereka mencari jawaban atas kegalauan hati mereka. Bayangkan kalau guru mereka memberikan soal-soal latihan padahal mereka belum paham tentang yang disampaikan, mereka akan tanya kesiapa? ya ke ibunya dong, masak bapaknya? bapaknya kan kerja dikantor. 
Masalah anak bertanya pada ibunya kadang menjadi problem tersendiri. Karena orang tua meski bertugas sebagai pendidik, tetapi ilmu mendidik dalam hal mengajar masih kalah jauh dari guru yang memang diajarkan tentang cara mengajar, apalagi kalau orang tuanya tipenya introvert dan pendiam sepertiku. Untungnya ruangguru membuat inovasi yang sangat menarik, yaitu roboguru. Sesuai dengan tampilannya. Roboguru bekerja selayaknya mesin penjawab otomatis yang cerdas dan kekinian. 

Kenalan dengan Roboguru

Roboguru adalah inovasi ruangguru yang dirilis pada tahun 2019. Sebagai orang tua jaman now kita tentu sering mendengar tentang Artificial Intelegence atau lebih sering disebut AI. Nah! Roboguru adalah salah satu penerapan AI yang sangat efektif membantu anak-anak jaman now. Roboguru memanfaatkan teknologi pengenal photo dan User Generated Content. 
Dengan teknologi user generated content, roboguru bukan hanya tempat bertanya, tetapi juga saling menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pemakai roboguru. banyak sekali latihan dan pembahasan soal di roboguru yang bisa diakses oleh pemakai ruangguru. 

Cara Menggunakan Roboguru di Aplikasi Ruangguru

Cara menggunakan Robo guru sangat mudah, kamu cukup mengklik tombol Roboguru yang terdapat di bagian tengah menu navigasi bawah.

roboguru di aplikasi ruangguru

Setelah itu ketikkan soal atau upload soal yang kurang kamu pahami. Dalam hitungan detik Roboguru akan membantu memberikan link video maupun tutorial tentang konsep dan jawaban dari soal yang kamu cari. Contohnya seperti dibawah ini nih:
jawaban pencarian di Roboguru

Pada contoh diatas aku memfoto soal tentang zat hijau daun. Eh iya sobat, supaya soal yang kita berikan terbaca jelas oleh Roboguru, crop/potong gambar/photo kamu hanya pada soal yang kamu ajukan. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. 
Dengan teknologi AI dan pemrosesan gambar, Roboguru akan mencari video, konten dan artikel yang terkait dengan zat hijau daun.
Buat Ifa anakku yang tipe audio visual, video-video dari ruang guru lebih bagus daripada ayahnya yang menerangkan. Selain itu video-video yang ada diruang guru memang memiliki inforgrafis dan visual yang bagus, ditambah lagi gurunya menerangkan dengan sangat baik dan lengkap. Tapi bukan berarti karena ada aplikasi ruang guru dan roboguru terus kita nggak menemani mereka belajar ya!

7 Fitur Unggulan Roboguru

Roboguru sangat mudah digunakan dan sangat bermanfaat, tapi mau tahu nggak 7 fitur unggulan roboguru yang menurutku sangat bagus. 

1. Gratis

Roboguru di aplikasi maupun di Whatsapp adalah layanan tidak berbayar alias gratis.Tapi syarat dan ketentuan berlaku. Kamu harus punya akun di ruangguru dan layanan roboguru bisa digunakan 5x dalam sehari.

2. Memberikan Jawaban Super Cepat

Roboguru sangat cerdas, didukung dengan teknologi Artificial Intelegence, tehnik pemroses gambar dan database yang lengkap dan hardware yang mumpuni, Roboguru menampilkan jawaban hanya dalam beberapa detik saja. 

3. Membantu Menjawab Soal Dari Berbagai Jenjang

Roboguru bisa membantu menjawab soal dari berbagai jenjang dari SD, SMP, SMA hingga soal-soal SBMPTN.

4. Konten Yang Super Lengkap  Dari Ruang guru

Rasanya tidak ada yang meragukan kelengkapan jumlah konten di ruang guru. Dengan dukungan materi-materi dari ruang guru, hampir semua soal yang ada di pelajaran bisa kita cari dengan mudah lewat Roboguru.

5. Sekarang Hadir di Whatsapp

Selain di aplikasi, roboguru juga hadir di whatsapp lho. Istilah kerennya adalah bot. Untuk memberikan pertanyaan ke Roboguru kita cukup mengirim pesan atau mengupload gambar pertanyaan ke nomor 
0815-7815-0000.
Langkah-langkahnya seperti dibawah ini:
1. Kirim pesan "ROBOGURU" ke 0815-7815-0000

ketikkan roboguru, kemudian akan muncul pilihan pelajaran

2. Ketik dan kirimkan angka didepan nama pelajaran yang ingin ditanyakan. Kemudian akan muncul pesan baru dari Roboguru seperti gambar dibawah:


3. Ketikkan pertanyaan atau upload foto pertanyaan. Kalau kamu mengupload foto, pastikan hanya ada satu soal saja. Dalam hitungan detik, Roboguru akan menampilkan jawaban dari pertanyaan/topik yang kamu cari.

pertanyaan dan jawaban dari roboguru



Roboguru adalah solusi yang sangat tepat di masa pengajaran jarak jauh seperti sekarang. Kita sebagai orang tua tidak perlu terlalu khawatir dengan pendidikan anak kita. Roboguru dan ruangguru membantu kita untuk memahamkan anak kita terhadap pelajaran-pelajaran sekolah yang kurang dia pahami. Soalnya konten-konten dari ruang guru sangat bagus dan interaktif. Tapi kita tetap wajib membersamai mereka lho. Demikianlah 5 fitur unggulan dari ruang guru yang bisa membantu siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Ruang guru.

13 comments for "5 FItur Unggulan Roboguru dari Ruangguru Membantu Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh"

  1. Makin keren nih ruang guru dengan inovasi-inovasi untuk memfasilitasi pembelajaran anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak guru, cocok banget dijadiin teman pak Yonal

      Delete
  2. Pak martin bikin aku makin naksir sama ruang guru. Beneran nggak tahu kalau ruang guru sekeren itu. Makasih sharingnya ya pak

    ReplyDelete
  3. Eh, baru tahu Roboguru, makin mantap saja nih Ruang Guru. Sebagai guru harus banyak inovasi nih, biar tak kalah dengan Ruang Guru. hehe

    ReplyDelete
  4. trimksh infonya tentang ruang guru pa, sy mau coba utk anak sy

    ReplyDelete
  5. Enak juga nih kalau mau kasih tugas ke siswa, "nanti jawabannya cek di robo guru saja ya" Hehehe..

    ReplyDelete
  6. Gilaaak, inovasi ruangguru semakin mempermudah siswa dalam belajar. Dulu jaman aku sekolah kok ya belum ada ginian sih yaa. Huhu. Sayang banget kalau jaman sekarang aplikasi begini dianggurin.

    ReplyDelete
  7. makin keren deeeh ruang guru. semoga panjang umur yaaa ruang guru, biar pas anakku nanti udah mulai sekolah bisa daftar ruang guru juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem nih, semoga pas Affan gede ruang guru masih ada

      Delete

Post a Comment