Widget HTML Atas

Pendaftaran Online RSUD Kota Semarang (RSWN) Lewat Aplikasi My RSWN



Saat ini penggunaan smartphone sudah sangat jamak. Akses informasi dan beberapa kegiatan seperti perpesanan dan pendaftaran bisa dilakukan lewat smartphone. RSWN atau RSUD Kota Semarangpun merilis aplikasi berbasis android bernama My RSWN. yang salah satunya adalah pendaftaran online RSUD Kota Semarang (RSWN) lewat aplikasi My RSWN. Mau tahu cara menggunakannya, yuk lanjut kebawah.

Mendaftar Ke Klinik Tanpa Ribet

10 tahun yang lalu setiap orang yang sakit harus datang ke rumah sakit/klinik untuk melakukan pendaftaran, bahkan ada yang berangkat subuh, padahal dokternya datang jam 8-9 pagi. Bayangkan berapa banyak kopi dan snack yang dihabiskan untuk menemani mengantri. 
 
Sekarang sih sama masih harus kerumah sakit. Tetapi paling tidak sudah tidak antri lagi. Tinggal klik lalui makan lagi. Dibalik perut yang kenyang ada sistem imun yang ternutrisi.

Sejak 2015san, aku lupa saking tuanya. RSWN yang pada waktu itu masih bernama RSUD Kota Semarang sudah meluncurkan aplikasi pendaftaran online melalui web, kamu bisa mengunjungi artikelku disini.
 
Tak hanya lewat web, RSWN juga meluncurkan aplikasi berbasis android bernama My RSWN. Dengan aplikasi My RSWN, kamu bisa mendaftar ke poli tanpa harus antri dan datang sesuai dengan waktu perkiraan. Jadi kamu nggak perlu mengantri dan datang sepagi mungkin biar dapat pelayanan lebih cepat. 

PERSIAPAN

Download Aplikasi My RSWN

PENTING: Kalau kamu sudah punya aplikasi My RSWN versi lama (dari vendor medisimed) segera uninstall  dan install lagi dengan My RSWN terbaru yang ada di akun/vendor SIM RSWN Semarang. Karena per 1 September aplikasi My RSWN di akun medisimed akan dihapus sehingga tidak bisa diakses oleh pengguna. 

download aplikasinya lewat link dibawah ini:

atau gunakan kata kunci My RSWN dipencarian playstore, pilih list yang paling atas, developernya SIM RSWN Semarang. Kebetulan bagian SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) RSWN baru saja memindahkan aplikasi dari akun medisimed ke akun resmi  playstore RSWN.




cari aplikasi myrswn di playstore
cari aplikasi myrswn diplaystore

Login Dengan HP

Setelah terinstall, klik Login Dengan HP. Usahakan kamu install di handphonemu sendiri ya, anggap saja handphonemu adalah buku diary yang ada kuncinya dan gambar lophe-lophe dan dicovernya tertulis "milik pribadi, jangan dibuka selain yang punya".
 
halaman awal my rswn setelah diinstall

Kirim Kode OTP Lewat Whatsapp

Lakukan permintaan kode OTP dengan memasukkan nomor handphone dan klik kirim 
"Login Dengan Whatsapp".
Kode OTP adalah One Time Password, yaitu pengganti memasukkan password. OTP dimasukkan sekali saja setelah install aplikasi, selanjutnya aplikasi akan aktif dengan kode OTP yang sudah dimasukkan.
 
permintaan kode OTP

 
Tunggu beberasa saat, kamu akan mendapat Whatsapp yang berisi kode OTO dari nomor: 085640285633. Kode OTP bersifat rahasia dan personal, jangan berikan kode OTP ke orang lain.

Note: 085640285633 adalah nomor resmi RSWN Semarang, Jika Pengirimnya Selain Nomor ini berarti tidak sah, bukan dari RSWN Semarang. 

Verifikasi Kode OTP

Masukkan Kode OTP

Masukkan kode OTP yang sudah diterima. Kemudian klik "Verifikasi OTP". Otorisasi aplikasi selesai, kamu bisa mengakses fitur-fitur yang ada di MyRSWN, termasuk Pendaftaran Online.

Edit Profile

Setelah terinstall, lakukan edit profile. Klik menu profil di pojok kanan bawah aplikasi. Karena sebelumnya aku sudah pernah menginstall aplikasi My RSWN, data-dataku masuk tersimpan disitu.

Profil Pengguna My RSWN   

 Klik Edit Profil

Halaman Ubah Profil


Sesuaikan dengan data Rekam medis dan data pribadimu. di RSWN. Di halaman ini kamu juga bisa menambahkan No Rekam Medis keluargamu dengan mengklik menu Tambah No CM Keluarga.
 

PENDAFTARAN KE KLINIK

My RSWN memiliki 3 layanan pendaftaran. Pendaftaran ke klinik reguler, klinik eksekutif dan telemedicine. Telemedicine adalah layanan konsultasi online berbayar yang diselenggarakan untuk mengatasi keterbatasan ruiang dan waktu. Kalau kamu nggak sempat atau nggak bisa datang ke RSWN,  gunakan saja layanan telemedicine. Kapan-kapan akan aku bahas disini, soalnya saat artikel ini ditulis layanan ini belum dilaunching secara resmi.
 
 
pendaftaran klinik RSWN


PENDAFTARAN REGULER

Pendaftaran reguler adalah pendaftaran ke klinik spesialis reguler di RSWN.

PENDAFTARAN EKSEKUTIF

Kalau kamu malas antri di klinik reguler, kamu bisa mendaftar ke klinik eksekutif (Klinik Gatotkaca). Klinik eksekutif dirancang untuk memberikan pelayanan satu tempat, disini semua terasa dekat karena pendaftaran, kasir, apotik, laborat dan radiologi ada di satu tempat. Ruang tunggunya juga adem. Tapi tentu saja tarif pelayanannya lebih mahal dari klinik reguler. Untuk pasien BPJS dikenakan iur bayar sebesar 150 ribu.

PENDAFTARAN TELEMEDICINE

Pandemi berkepanjangan dan penularan virus covid 19 versi delta membuat rumah sakit harus berinovasi memberikan pelayanan konsultasi jarak jauh. Heran aku, virus covid 19 ini jadwal updatenya lebih sering dan damagenya kebalikan daripada windows 10. Windows di update biar aman. Virus diupdate biar makin sangar. 

Saat artikel ini dibuat, pelayanan telemedicine belum dilaunching. Ntar kalau dilaunching artikel ini akan aku update, biar nggak kalah sama corona.

PENDAFTARAN REGULER

1. Pilih Pendaftaran Reguler.

2. Untuk pasien yang belum pernah terdaftar di RSWN, pilih Pasien Baru

 
Pilih Pasien Baru

3. Masukkan Data-Data Pasien Baru


4. Selanjutnya ikuti Point 7 Ke Bawah, langsung klik disini

5. Pilih Pasien Lama.

pilih pendaftaran pasien lama

 6. Cek Data Rekam Medis, apakah sudah sama?

data pasien di pendaftaran pasien lama

 

7. Klik/tap drop down Jenis Pasien.

combo box jenis pasien

8. Pilih Jenis Pasien, kamu bisa menggunakan kolom pencarian untuk mencari jenis pasien yang tepat. Sebagai contoh jenis pasien umum seperti dibawah ini:

Cari Jenis Pasien Umum

9. Untuk pasien BPJS Kesehatan, masukkan BPJS di filter pencarian. Kemudian pilih salah satu dari:

Jenis Pasien BPJS

BPJS PBI = Penerima Bantuan Iuran. Untuk pasien dengan kepesertaan dari Jamkesmas/KIS/HCU

BPJS NON PBI = Peserta iuran seperti ASN, pegawai, peserta mandiri.

 Khusus pasien BPJS wajib memasukkan norujukan dari faskes perujuk,

Masukkan No Rujukan Faskes Perujuk

10. Pilih Klinik Tujuan.

 

 
dropdown pilih klinik

 
pilihan klinik reguler


11. Pilih Tanggal Datang.

Pilih tanggal datang 
 

12. Pilih Jam Datang, Jam praktek yang keluar sesuai dengan jadwal praktek dokter.

Pilih Jam Datang

 

13. Pilih Dokter, Nama dokter yang muncul sudah difilter berdasarkan nama klinik dan jadwal praktek dokter. Untuk melihat jadwal prakter dokter, silahkan klik "Lihat Jadwal Dokter" dibawah dropdown pilih dokter.

Pilih Dokter

14. Simpan Pendaftaran

a. Klik Simpan
 
Klik Simpan
 
 
b. Popup Verifikasi
 
Verifikasi Pendaftaran
 
 
c. Pendaftaran Berhasil

 
Pendaftaran Berhasil

Pehatikan estimasi pelayanan pasien. Estimasi yang tertera adalah estimasi pelayanan dokter. Sebaiknya kamu datang  satu jam sebelum jam pelayanan. Soalnya sebelum masuk ke klinik tujuan, kamu harus checkin kedatangan, untuk pasien umum harus ke kasir dulu untuk pembayaran, beli kopi dan snack, melakukan pemeriksaan klinis dulu di nurse station dan lain-lain. 

PENDAFTARAN EKSEKUTIF

Sebenarnya tidak ada yang berbeda antara pendaftaran eksekutif dan reguler. Yang membedakan hanya kliniknya saja. Karena Klinik eksekutif memiliki tempat khusus. Tetapi tata cara pendaftarannya sama dengan yang reguler.

Apa sih yang membedakan klinik reguler dan eksekutif? Tentu saja fasilitasnya berbeda. Di Klinik eksekutif tempat menunggunya nyaman dan tentram, lokasi pendaftaran, kasir, apotik, laborat, radiologi dan apotiknya juga diarea tersebut.

Pasien BPJS bisa nggak? Pasien BPJS juga bisa mendaftar di klinik eksekutif, Untuk pasien BPJS kena 
cass 150 ribu dibayar diawal. Setelah itu tidak ada tambahan biaya lagi.

Biar lebih cepat manjatnya, klik tombol dibawah ini


MELIHAT DATA PENDAFTARAN ONLINE YANG SUDAH DILAKUKAN

Setelah berhasil mendaftar, data pendaftaranmu akan tersimpan. Kamu bisa membuka kembali data pendaftarannya kapanpun kamu mau. Tapi data pendaftaran saja yang dibuka ya, jangan luka lama coba kau buka juga. 

Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Klik Menu Checkin.

menu Checkin Pendaftaran
 

2. Pilih Tipe Pendaftaran (Pasien Lama Atau Pasien Baru)

check in pendaftaran


2. Pilih Pendaftaran/Kode Booking

daftar pendaftaran online

3. Pilih"Klik Untuk Detail"

Detail Pendaftaran/Booking Online

 

HAL APA YANG AKU LAKUKAN KETIKA SAMPAI DI RSWN SESUAI TANGGAL DATANG?

Setelah mendaftar dan datang pada hari sesuai jadwal, hal-hal yang harus dilakukan adalah:

1. Check in ke Anjungan Mandiri di dekat pintu masuk gedung Amarta (Klinik Reguler) atau Gatotkaca (Klinik Eksekutif).
 
2. Cara Checkin adalah dengan membuka data pendaftaran/booking online, lalu masukkan kode booking atau scan QR code ke mesin anjungan. Cara membuka data pendaftaran/booking online klik disini.

3. Setelah itu kamu akan mendapatkan tiket yang berisi antrian loket dan antrian poli. 
 
4. Pasien Baru harus datang ke loket terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor rekam medis pasien

5. Pasien Umum langsung ke Kasir untuk melakukan pembayaran tagihan

6. Pasien BPJS bisa langsung ke klinik masing-masing. Pencetakan SEP pasien BPJS dilakukan di masing-masing Nurse Station.

PENUTUP

Aku kasih tahu sebuah rahasia buat kamu pemakai pendaftaran online. Pendaftaran online adalah pasien prioritas. Misalnya nih kamu booking lewat online, terus kamu sampai ke klinik mepet dengan jam  estimasi. Meski disana sudah ada orang yang datang karena mendaftar langsung di RSWN. Secara urutan kamu tetap lebih awal/sesuai dengan estimasi datangmu.

Fasilitas ini memang dibuat supaya lebih banyak orang yang menggunakan pendaftaran online. Akhir salam semoga artikel ini membantu memberikan informasi yang seterang-terangnya tentang pendaftaran online di RSUD Kota Semarang (RSWN) lewat aplikasi My RSWN.








 












14 comments for "Pendaftaran Online RSUD Kota Semarang (RSWN) Lewat Aplikasi My RSWN"

  1. Alhamdulillah, teknologi memudahkan dalam segala hal, termasuk untuk pendaftaran ke rumah sakit secara on line, no ngantri-ngantri. Keren sangat Mas, aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas, teknologi diciptakan memang untuk memudahkan

      Delete
  2. Seneng deh kalau bisa daftar online gini, jadi dateng nggak perlu antri lama.

    ReplyDelete
  3. Wah keren RSUD Kota Semarang udah ada aplikasi buat daftar online. Berasa gampang klo mau daftar berobat klo ada aplikasi. Ngirit semua-muanya. Tenaga, waktu, sama ongkos, eh, sama camilan juga, deng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, antrian bisa dipantau juga lewat aplikasi, kalau dirumah kan bisa sambil nyemil lombok sama bawang

      Delete
  4. Teknologi memang memudahkan bagi orang yang nggak gaptek. Keren banget kemajuan RS pemerintah sekarang ini.

    ReplyDelete
  5. Masyaallah senangnya jadi warga Semarang... Meri aku
    Di sono mah puskesmas aja bisa daftar by wa

    Di sini jadul...heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepala DInas Kesehatan Kota Semarang mantan kepala SIMRS di RSWN bu

      Delete
  6. Enak banget bisa daftar ke RS tqnoa harus ngantri. Aku paling males ke RS kalau ga amat sangat penting. Bisa habis setengah hari buat konsul yg ga sampe 10 menit

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kan males banget ngantri seharian ketemu dokter cuma beberapa menit

      Delete
  7. Jadi inget gedung Nakula ya Allah, dr. Lil, sama perawat2nya. Aku pernah lihat security bantu calon pasien daftar online, pandemi gini juga ngebantu banget ya. Keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kakak, jangan lupa bintangnya di playstore :)

      Delete

Post a Comment