Widget HTML Atas

Tips and Trik: Step by step best practice belajar Visual Basic 6, Part 1 Membuat Project Visual Basic 6

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulilah akhirnya saya berani membuat postingan pertama. Semoga tulisannya nggak belepotan<-- contoh tulisan belepotan.
dan akhirnya Pada Postingan pertama saya, saya akan memberikan judul yaituu tralalaaa... treng treng
                           "Tips and Trik: Step by step belajar Visual Basic 6"
sebenarnya koding yang saya paparkan disini sering saya pakai dan merupakan salah satu amunisi saya, alasannya adalah agar struktur aplikasi-aplikasi yang saya buat terlihat rapi dan seragam a.k.a Males bikin ulang. Pada postingan kali ini saya memakai database Microsoft Access, tetapi nanti akan saya sertakan koneksi dengan database lain.

Step pertama adalah menyiapkan perangkat kerja. Pada dasarnya sebelum membangun aplikasi kita harus menyiapkan dahulu kantor tempat kita bekerja menjadi senyaman mungkin. dan kali ini saya akan menshare kantor kerja saya yang buat saya sih sudah nyaman. moga aja kamu juga merasa demikian. untuk versi visual basic 6 saya menggunakan Visual Basic 6 Enterpriese Edition, saya tidak menyediakan link downloadnya. silahkan anda googling sendiri.

Buat project baru di Visual Basic 6. File->New Project. pilih VB Enterpriese Edition Control
gb1. Pilih Vb Enterproese Edition Controller


Setelah Halaman terbuka kamu akan melihat Workspace IDE Visual Basic 6.


gb2. WorkSpace IDE Visual Basic 6

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita buat kesepakatan. Visual Basic 6 adalah bahasa pemrograman yang bersifat prosedural. prosedure-prosedure tersebut dapat disimpan di modul yang terpisah. sebagai langkah awal, kita akan membuat dua modul sebagai alat bantu utama. menyimpan variable global (modVar), dan modul kedua untuk menyimpan fungsi global yang sering digunakan (modUtil).

Untuk membuat Modul baru, klik kanan di text Project1(Project1) di window project (paling kanan). Kemudian pilih Add->Module. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
gb.3: Membuat Modul baru di Visual Basic 6

Setelah muncul jendela modul, Klik Open dan tralala, modul baru akan terjadi eh...  terbuat
gb 4: Buat Module baru

Ganti Nama Modul menjadi ModVar, caranya seperti berikut: arahkan padangan pada jendela paling kanan, tepat dibawah jendela Project, ganti tulisan Module1 dengan ModVar.
gb5, Ganti Nama Module

Lakukan hal yang sama dengan langkah 4-5 untuk membuat module ModUtil. hasil akhir struktur  Projectya akan terlihat seperti ini:
gb.6: Struktur Project

Setelah itu klik File->Save Project, arahkan ke folder yang kamu inginkan (saya pakai contoh: D:\Project\Latihan1).
gb.7: Save Project

gb.8: Dialog buka folder

gb9: Struktur File di Hardisk.

Project1 adalah file project kamu, Form1 adalah file Form dan ModUtil, Modvar adalah file modul
Sekarang kamu bisa menutup Visual Basic 6 kamu, untuk membuka kembali project kamu, masuk ke folder project, lalu klik double ke file Project1.vbp

Selamat, Project pertama kamu telah terbuat dengan  apa adanya!!!












2 comments for "Tips and Trik: Step by step best practice belajar Visual Basic 6, Part 1 Membuat Project Visual Basic 6"

Post a Comment