Selamat Hari Programmer Sedunia


Hari Programmer adalah hari  profesional internasional yang diakui oleh beberapa perusahaan teknologi dan industri software diseluruh dunia. Hari Programmer sangat unik dan berbeda dengan hari-hari peringatan yang lain. Hari Programmer ditentukan menurut perhitungan tertentu yang hanya diketahui oleh mereka-mereka yang berkecimpung dalam dunia teknologi.

Asal Muasal Hari Programmer

Hari Programmer diinisiasi oleh dua orang engineer dari perusahaan software Paraller Technologies yang bernama Valentin Balt dan Michael Cherviakof.

Pada tahun 2002 mereka mengajukan petisi ke pemerintah Rusia untuk menyetujui adanya hari Programmer. Lalu pada tanggal 24 Juli 2009, Kemetrian Komunikasi dan Media Masa Rusia mulai membuat draft proposal pengajuan hari Programmer. 

Pada tanggal 11 September 2009 Presiden Rusia Dmitry Medvedev menandatangani keputusan tersebut.

Menentukan Tanggal Hari Programmer

Hari Programmer ditentukan setiap hari ke-256 di setiap tahun. Artinya, ada dua Hari Programmer sesuai dengan kondisi tahun. Jika saat ini adalah tahun kabisat, maka Hari Programmer jatuh pada tanggal 12 September. Sedangkan pada tahun biasa, Hari Programmer jatuh pada tanggal 13 September.     

Angka 256 (2^8) merupakan banyaknya angka berbeda yang mampu direpresentasikan dalam 8 bit. Selain itu angka 256 adalah pangkat 2 tertinggi dibawah 365 (jumlah hari dalam satu tahun).

Sistem komputasi 8 bit memberi pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan komputer. 8 bit adalah arsitektur yang cukup mumpuni pada saat itu. Seiring perkembangan hardware dan kebutuhan manusia. arsitektur komputer mengalami kemajuan. Arsitektur yang ada saat ini adalah 64 bit.  

Sejatinya komputer hanya mengenal 1 dan 0. Nilai ini berlaku untuk semua komponen elektronik. Seperti yang kamu tahu, sistem elektronik bekerja berdasarkan sinyal listrik, dan dalam ilmu kelistrikan hanya ada dua kondisi hidup (1) dan mati (0). Bilangan yang berisi angka satu dan nol saja bernama bilangan biner. Satuan dalam bilangan biner adalah bit (binary Digit). Bit adalah satuan terkecil dalam dunia digital. 

Satuan yang lebih besar dari bit adalah byte. Kamu pasti pernah mendengar atau membacanya. Ukuran byte sering digunakan dalam teknologi memory. Misalnya flashdisk, harddisk, memory dan lain sebagainya. Satu byte terdiri dari 8 bit. 

Cara Merayakan Hari Programmer

Saat ini hampir semua kehidupan tidak lepas dari peran teknologi. Kemanjuan teknologi selalu bersama kita. Semua yang kita manfaatkan saat ini, smartphone misalnya. Tidak lepas dari jasa para programmer yang telah mendedikasikan dirinya untuk menjadi "Programmer."

1. Memberi Ucapan Selamat

Memberikan selamat kepada rekan sesama programmer atau seorang programmer akan membuat mereka bahagia. Berilah ucapan selamat seperti ucapan selamat pada hari guru, atau hari ibu. Katakan pada mereka, bahwa mereka tak sendiri. Ada kita yang mendukung mereka.

2. Beri Apresiasi/Hadiah

Mungkin tidak banyak yang tahu, seorang programmer menghabiskan hampir seluruh waktu kerjanya dengan duduk dan memandang komputer setiap saat. Jemarinya tidak pernah lepas dari keyboard. Ketika mereka mengobrolpun tak lepas dari sistem yang sedang mereka kembangkan. 

Programmer sangat berjasa membuat sistem dan memudahkan orang lain dalam bekerja.  Programmer berperan dalam mendukung efektivitas dan efisiensi kerja orang lain. Orang lain bisa bekerja lebih mudah. Namun sayang tidak ada yang membuat pekerjaan programmer lebih mudah. 

Programmer bekerja membuat sesuatu yang memudahkan orang lain. Mereka tidak menyadari. Untuk membuat mereka "mudah", ada kerja keras berhari-hari bahkan berminggu-minggu dari seorang programmer.

Meskipun tidak wajib. Tidak ada salahnya perusahaan memberi apresiasi kepada mereka. Bagaimanapun keberadaan dan karya mereka patut diapresiasi. Ada banyak cara mengapresiasi programmer. Tentu saja hal ini tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

3. Meetup

Hari programmer juga layak dirayakan dengan mengadakan meetup dengan teman-teman programmer lainnya. Aku jadi ingat, sampai sekarang SIMRS RSWN masih gagal membuat meetup grup IT RS Jateng DIY ++. Padahal rencana ini sudah direncanakan sejak lama. Sebenarnya persiapannya sudah lumayan matang. Namun sayang badai pandemi datang. 

Karena sekarang masih pandemi. Jangan meetup dulu, karena kita harus menghindari kerumunan. Semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa meetup kapan saja. 

Teruntuk teman-teman seprofesi, selamat hari Programmer. Tetap semangat dan istiqomah dalam bekerja. Hasil pekerjaan kita adalah sesuatu yang berguna bagi orang lain. Jika gajimu kau rasa belum sesuai, namun pahala yang mengalir padamu tidak terhingga. 

Khususon untuk sahabat-sahabatku di group telegram IT Jateng DIY++, tetap kompak, tetap semangat dan saling menginovasi.  Semoga kita bisa meetup secepatnya. Aamiin.

Selamat Hari Programmer  !

No comments for "Selamat Hari Programmer Sedunia"