Widget HTML Atas

Branding dengan Media Sosial

branding dengan media sosial


Bagaimana mengoptimalkan branding dengan media sosial? Lalu apa itu branding? 

Branding adalah pemberian nama, istilah, tanda simbol, rancangan atau kombinasi semuanya yang dibuat dengan tujuan mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjualan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing. 

Personal Branding Untuk Blogger

Branding bisa dibagi lagi ke sub-sub bab, duh kok kayak karya tulis? Branding bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis, beberapa diantaranya adalah corporate branding, culture branding, product branding, personal branding dan lain sebagainya.

Personal Branding

Dari semua jenis branding, personal branding cocok buat blogger seperti kita. Personal branding adalah upaya seseorang untuk menjadikan diri mereka sebagai brand yang dikenal dan diingat sehingga masyarakat umum memiliki pandangan dan penilaian tersendiri. contohnya travel blogger, pakar parenting, pakar penulisan dan lain sebagainya. 

Optimalkan Branding Dengan Media Sosial

Manfaat Media Sosial

Banyak yang bilang media sosial itu unfaedah, tempat berkumpulnya para pengghibah, pengisi waktu luang tanpa guna dan lain sebagainya. Padahal sosial media punya peranan yang penting lho untuk komunikasi, sosial media mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Tapi nggak semuanya kok, ada juga yang dekat semakin dekat gara-gara sering pamer kemesraan di sosial media. 

Manfaat media sosial antara lain:

1. Menjaga Silaturahmi

Fungsi utama media sosial sebenarnya adalah menjaga silaturahmi, supaya yang jauh terasa dekat. Kalau akhirnya yang dekat terasa jauh, silahkan dievaluasi bagaimana kalian berkomunikasi, mungkin ada dosa masa lalu yang membuat kalian jauh.

2. Memperbanyak Koneksi

Bersilaturahmi bukan hanya dengan handai tolan terdekat, media sosial juga mempertemukan kita dengan orang-orang yang sevisi atau sehobi sehingga selain menambah follower, eh menambah teman, media sosial juga menambah koneksi.

3. Branding

Media sosial bisa menjadi karakter kedua kita. Kita bisa membentuk seperti apa kita ingin dikenal. Istilah ini dikenal dengan personal branding. Kita membentuk opini teman-teman maya kita supaya mengenal kita sesuai dengan keinginan kita. 

4. Media Promosi Blog  

Media promosi blog di media sosial? bisa banget dong. di media sosial seperti facebook ada group-group blogger tempat para blogger bertemu saling support dan saling share artikel. tweeter juga bisa kita gunakan sebagai media promosi blog. Buatlah artikel yang sedang trending, siapa tahu ada yang mau mampir.


Media Sosial Paling Populer

Apa saja sih media sosial paling populer sejagat internet saat ini, berikut ini yang list yang aku dapatkan dan coach Ilham Sadli:

1. Facebook

2. Twitter

3. Instagram

4, Youtube

5. Linkedin

6. Snapchat

7. Tiktok

Prioritaskan media sosial yang paling dihati

Kamu pasti punya salah satu atau salah dua dari beberapa media sosial populer diatas. Sekarang saatnya kamu fokuskan kegiatan media sosialmu di salah satu yang menurutmu paling potensial. 

Cara Branding di Media Sosial

Blogger dan media sosial itu hal yang tidak terpisahkan, kecuali kalau kamu artis, atau orang yang sudah terkenal sebelum blog bermula. Tapi buat kamu yang tidak terlalu terkenal, maka media sosial bisa jadi salah satu jalan ninjamu. 

1. Tentukan Audience

Tentukan korban, eh audience blogmu, tentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, gaya hidup, hoby, kesukaan. Jangan tebas mentah, duh bahasa Indonesianya apa ya? Audience menentukan bagaimana cara kamu bermedsos, bertutur, menyapa dan lain sebagainya.

2. Mau Dikenal Sebagai Apa

Setelah menemukan audiencemu, kamu ingin dikenal sebagai apa? Misalnya papa bahagia meski hidup sederhana, jomblo cerdas tapi ngenes atau sebagai sosok yang dingin sedingin silet, eh salah sedingin es batu.

3. Apa Bedanya Dengan Akun Lain

Kamu harus mendesain akunmu lain dari pada yang lain. Berikan sesuatu yang menurutmu sesuai dengan apa yang ingin kamu kenalkan. Misalnya dari logo, banner, photo-photo yang kamu upload dan juga bahasan-bahasan postinganmu. Sesuaikan dengan "Aku ingin dikenal sebagai ..."

4. Tentukan Arah Akunnya

Masih nyambung dengan poin-poin diatas. Sesuaikan sapaan, gaya bahasa dengan tiga poin diatas. Misalnya audiencemu ibu-ibu muda sayang anak, kamu bisa menyapa dengan hai mom. Atau mungkin audiencemu anak-anak muda gaul, kamu bisa menggunakan kata gaess, bro, sis, neng dan lain sebagainya. 

Selain sapaan untuk orang lain, sebutan untuk dirimu juga harus disesuaikan ya gaess, misalnya "aak", "abang" buat kamu yang ingin tampil dewasa tapi tidak mau dianggap tua.

5. Konsisten

Kunci paling utama adalah konsisten memposting, humble dan sering berinteraksi. Teman-temanmu akan suka rela mengikuti postinganmu kalau kamu selalu berinteraksi dengan baik. Tetaplah rendah hati meski kamu tinggi. 

Tips and trik dari mas Ilham Sadli bermedia sosial di twitter

Salah banyak tips and trik dari mas Ilham Sadli yang memilih menggunakan twitter untuk membranding dirinya adalah sebagai berikut:

"Saya Ingin Dikenal Sebagai Blogger yang mellow di twitter"

"Karena saya lebih memprioritaskan penggunaan twitter,akhirnya bisa mendulang impressi di twitter dan kadang diarahkan untuk saling follow instagram (dan berhasil menambah 1000 followers) dengan tidak menghilangkan khas dari twitternya, " Ilham Sadli

Tips:

1. Lakukan interaksi (SKSD)
2. Jangan cuma saling follow dengan yang satu profesi
3. Selalu perhatikan analytics
4. Sering muncul di konten yang viral dengan komentar nyentrik

hal-hal yang harus diperhatikan ketika bersosmed
sumber: materi Marathon Coaching Growting

yang memperngaruhi optimalnya sosial media
sumber: materi Marathon Coaching Growting

Waktu Terbaik Untuk Posting

Mencari waktu terbaik untuk posting sama pentingnya dengan waktu terbaik buat nembak gebetan. Waktu terbaik untuk posting adalah ketika orang-orang ingin bersantai melepas penat sambil berselancar ria ngepoin teman-temannya. Menurut bang Ilham, waktu terbaik buat posting ada di jam-jam ini:

waktu terbaik untuk posting
Media sosial berpotensi besar meningkatkan personal branding yang ingin kita bangun. Dengan personal branding yang bagus, bukan hanya blog kita yang bisa kebanjiran traffic, tapi juga kerjaan-kerjaan bisa datang. Saat ini pengiklan tidak hanya melalui media-media mainstream saja, tapi juga media sosial. Istilah kerennya endorse. 

Kalau kamu merasa media sosialmu belum kamu gunakan untuk membrandingmu, jangan menunggu lama. Sekarang saatnya meningkatkan branding dengan media sosial.


14 comments for "Branding dengan Media Sosial"

  1. Saya masih meraba-raba soal branding mas. Pertanyaan 'mau dikenal sebagai apa' sepertinya PR besar buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mas yonal kayaknya sudah ada deh, pendidik yang menulis

      Delete
  2. Lengkap sekali ... ayuk branding aku apa mungkin ada saran ... 😁😁😁

    ReplyDelete
  3. Mantaaps. Bermanfaat sekali kakak. Terimakasih:)

    ReplyDelete
  4. Aku lagi mencoba branding di medsos IG, tapi untuk tahapan mencari follower yang belum bisa. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencari follower di IG lumayan sih, paling gampang ikut komunitas, terus saling follow sesama anggota, kalau pengen instan bisa bikin give away

      Delete
    2. Masa sih yank? Kok followermu nggak naik2.. wkwkw.. #kabooor

      Delete
    3. Naik kok, kamu saja yg nggak ngecek

      Delete
  5. "Ada juga yang dekat semakin dekat gara-gara sering pamer kemesraan di sosial media" Duh.. siapa ini? Hehe

    Sampai saat ini, masih belum mebranding diri. Baru ngalir aja. Hmm, untuk membuat suatu image dengan isi diri kita yang beragam masih jadi PR kak. Kadang mellow, kadang so romance, kadang kocak, kadang formal, kadang polos, kadang gitu kadang gini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada deh, aku juga belum benar-benar membranding diri mbak, belum dapat niche dominan di blog

      Delete
  6. Luar biasa! Suka sekali dengan tulisannya. :)

    Sedang mau membentuk personal branding :D hehe

    ReplyDelete

Post a Comment