Widget HTML Atas

Kisah Penyerangan Abrahah

Tahun Gajah berkaitan erat dengan kisah Nabi Muhammad SAW. Pada tahun tersebut terjadi serangan dari yang menggunakan pasukan gajah untuk menghancurkan Ka'bah. Bangunan Ka'bah terletak disebuah kota bernama Mekah.

Mekah mungkin bukan sebuah kota yang terkenal pada saat itu. Namun disana ada Ka'bah yang selalu didatangi oleh para peziarah diseantero jazirah Arab. Entah sejak kapan Ka'bah digunakan untuk pemujaan berhala. Seperti yang kita tahu, Ka'bah dibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail sebagai rumah Allah. 

Selanjutnya Nabi Ismail beserta keturunannya tinggal disekitar Ka'bah yang sekarang kita kenal dengan nama Kota Mekah. Bagaimana mungkin bangunan suci, rumah Allah yang dibangun oleh dua orang suci tersebut menjadi bangunan semacam kuil pemujaan oleh kaum pagan?  

Jarak antara kelahiran Nabi Muhammad dengan Nabi Ismail sangat panjang. Dalam rentang waktu sepanjang itu, bisa saja ada pengaruh-pengaruh dari luar masuk ke Kota Mekah. Ka'bah didirikan oleh dua orang suci yang mungkin terkenal pada jamannya dan disebut sebagai Baitullah (rumah Allah). Mungkin Kharisma Ka'bah memang begitu dasyat sehingga menjadikan banyak orang merindunya. 

menurut Ibn al Kalbi dalam Kitab al Ashnam, dahulu setiap orang melewati Mekah hampir selalu mengunjungi Ka'bah dan memgambil batu atau tanah disekitaran Ka'bah. Sepulangnya ke negara masing-masing, mereka akan tawaf mengitari batu atau tanah itu seperti yang mereka lakukan di tanah suci. Hal ini merupakan bukti kecintaan mereka terhadap Ka'bah. 

Ka'bah adalah ibarat kuil suci bagi para penganut pagan pada jaman itu. Ka'bah adalah kuil multi kepercayaan. Tidak hanya satu atau dua sesembahan, banyak sekali berhala yang ditaruh di Ka'bah untuk diziarahi. Keterkenalan Ka'bah membuat Abrahah dari Yaman merasa iri. Abrahah adalah seorang penganut Kristen mahzab Miafisit, dia membangun kuil tandingan di Yaman bernama Al-Qullais. Abrahah ingin memindahkan ziarah dari Ka'bah ke Al-Qulaish. 

Tetapi rencananya tidak berhasil. Orang-orang Arab enggan berziarah kesana. Mereka malah mengotori Al-Qualish. Tentu saja Abrahah sangat marah. Dia berniat menyerbu dan menghancurkan Ka'bah. Dengan hancurnya Ka'bah, mau tidak mau para peziarah akan berpindah ke kuil miliknya. 

Maka dipersiapkan olehnya ribuan pasukan yang diperkuat oleh beberapa ekor gajah. Bahkan Abrahah memimpin sendiri penyerangan tersebut dengan menaiki gajah pilihan yang tinggi dan besar. Berangkatlah mereka menyerbu kota Mekah.  

Ketika mereka tiba di lembah Mashar tiba-tiba para gajah tidak mau beranjak maju ke Ka'bah. gajah-gajah milik Abrahah adalah gajah yang terlatih. Mereka adalah hewan yang sudah jinak. Jarang sekali mereka melakukan pemboikotan maupun demonstrasi kepada pemiliknya. Anehnya jika diperintahkan berjalan ke arah lain mereka mau melakukannya. 

Ditempat itulah Allah mengirimkan serombongan burung Ababil yang membawa batu dari neraka. Menurut beberapa kisah. satu burung Ababil membawa tiga batu, satu batu di masing-masing kaki dan di paruh. Batu-batu itu dijatuhkan ke pasukan Abrahah. Seketika pasukan-pasukan Abrahah menjadi kocar-kacir dan berjatuhan bagai daun yang dimakan ulat. 

Cerita tentang penyerangan Ka'bah ini dipercaya sebagai wujud dari surat Al-Fill ayat 1-5.


Referensi:

https://kalam.sindonews.com/berita/1443410/70/kisah-abrahah-yang-sombong-dan-kehancuran-tentara-gajah?showpage=all

https://tirto.id/warsa-kelahiran-nabi-muhammad-tafsir-tafsir-historis-tahun-gajah-e5H5

https://www.medcom.id/haji/serba-serbi-haji/ObzAvDdN-para-pemuja-kakbah-sebelum-islam-datang


 

12 comments for "Kisah Penyerangan Abrahah"

  1. Mengingatkan kembali akan kisah Nabi Muhammad SAW ... Cocok sekali kisahnya ...

    ReplyDelete
  2. detail sekali nih sejarahnya, saya baru tahu juga kalau Abrahah menganut Kristen Miafisit

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas, aku juga baru tahu pas datang kajian, kirain dulu dia penyembah berhala

      Delete
  3. Masya Allah keren kak tulisannya, mengingatkan kita flash back ke masa sejarah... keren...

    ReplyDelete
  4. Masya Allah mengingatkan kembali sejarah ini.

    ReplyDelete
  5. Menarik Mr. martin, jadi belajar banyak sejarah

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah Kak. Aku diingatkan kembali tentang sejarah yang mestinya kuketahui detil seperti ini,

    ReplyDelete

Post a Comment