Widget HTML Atas

Membuat Playdoh Sendiri Di Rumah



Ifa suka sekali bermain playdoh, adiknya juga. Tapi jika mereka  bermain playdoh, mereka sering lupa mengembalikan lagi  ke wadahnya dan menutup dengan rapat. Akhirnya playdohnya menjadi kering. Besoknya beli playdoh lagi, dan hal yang sama terjadi lagi, dan lagi, dan lagi. 

Karena boros, pernah suatu kali ibunya mengajak membuat playdoh dirumah. Ifa suka sekali. Membuat playdoh adalah hal yang sangat mengasyikkan untuknya. Dia bahagia, riang gembira, berbunga-bunga. Hatinya dipenuhi oleh cinta. Bagaimana tidak? Ibunya mengajaknya bermain membuat playdoh bersama. "Tentunya hal ini sangat mengasyikkan," begitu gumamnya.

Tapi itu terjadi beberapa waktu lampau. Entah sudah berapa purnama, aku tidak mengingatnya. Sepertinya ada yang kurang dari formulanya. Playdoh buatan sendiri lebih cepat kering daripada playdoh yang dibeli dari toko mainan.  

Kami sudah tidak pernah membuat playdoh lagi sampai saat artikel ini ditulis. Tapi ketika aku sedang berselancar di dunia maya, menjauhkan diri dari dunia nyata. Aku menemukan artikel membuat playdoh yang tahan lama dan tidak cepat kering. Baiklah, mari kita simak resepnya:

Bahan:
100 gr tepung terigu
50 gr garam halus
5-6 sendok maizena/tepung kanji sesuai kebutuhan, semakin banyak maizena, semakin padat playdough-nya
2-3 sdm minyak goreng
2 sdt cuka masak
Air secukupnya, sampai adonan kalis
Pewarna makanan

Cara Membuat
Campurkan terigu, garam dan cuka kemudian masukkan air sedikit demi sedikit. Aduk rata hingga adonannya kalis. Kalau adonannya masih lembek, kurang tebal dan berasa. Tambahkan tempung maizena. Jangan lupa untuk mengaduk pelan dan rata hingga kalis. Setelah itu pisahkan adonan sesuai selera untuk diberi warna. 

Jika ingin lebih awet lagi, kamu bisa memasaknya selayaknya memanaskan adonan playdoh di pan. Panaskan sambil dibolak-balik supaya panasnya merata. 

Setelah itu masukkan playdoh ke dalam wadah kedap udara. Jika ingin digunakan, keluarkan dari wadah kedap udara. Kemudian setelah selesai jangan lupa dikembalikan lagi ke dalam wadah. Karena seawet-awetnya playdoh kalau dibiarkan lama diudara bebas, dia akan kering jua.

Demikian resep dan cara membuat playdoh yang aku pelajari lewat internet. Cara ini belum aku praktekkan. Tapi bisa jadi alternatif, karena bermain dan berkreasi bersama anak akan membuat tumbuh kembang mereka semakin bagus. 

referensi:




No comments for "Membuat Playdoh Sendiri Di Rumah"