Widget HTML Atas

Cara Mudah Meningkatkan Traffic Blog

banner artikel cara mudah meningkatkan traffic blog


Jutaan orang tidak menyadari bahwa meningkatkan traffic blog itu mudah.  Hanya saja untuk mencapai hasil seperti yang diinginkan kamu butuh proses dan perjuangan tiada henti. Perlu niat, konsistensi dan proses belajar tiada henti. 

Lalu bagaimana cara kita meningkatkan traffic blog kita?  

Page View

Traffic blog berhubungan dengan yang namanya page view. Apa sih page view itu? Page view adalah halaman yang dikunjungi oleh pengunjung blogmu. Jumlah page view ini menggambarkan traffic blogmu. Semakin besar jumlah page view, semakin besar juga traffic blogmu.

Secara garis besar ada 3 point yang perlu kamu perhatikan, hal-hal tersebut adalah:

1. Unique Visitor (UV),

Unique Visitor bila dibahasa Indonesiakan menjadi Visitor Unik. Visitor Unik adalah pengunjung blogmu yang sudah pernah datang sebelumnya. Misalnya ada dua pengunjung blogmu, Parno dan Parni. Parno baru berkunjung hari ini, sedangkan Parni sudah berkunjung kemarin, tetapi karena dia suka photo-photo di blogmu, hari ini dia kembali membuka blogmu. Parno adalah Visitor biasa, sedangkan Parni adalah Visitor Unik.

2. Page View

Page View adalah halaman yang dikunjungi oleh pengunjung. Page View menghitung halaman yang dibuka ya gaes, bukan blog yang dibuka. Misanya di blogmu ada dua halaman yang dibuka, berarti jumlah page viewnya dua. Selain itu kalau pengunjungmu melakukan reload atau refresh halaman, maka akan dianggap sebagai Page View baru. Misalnya Parno membuka halaman profil, maka Page Viewnya satu. Kemudian dia membuka halaman berita, Page View blogmu menjadi dua. Sayang koneksinya lambat sekali. Halaman baru keluar separuh dan Parno tidak sabar. Dia mereload/refresh halaman, maka Page View blogmu menjadi tiga.

3. Bounce Rate 

Bounce rate adalah prosentase jumlah Visitor dan jumlah Page View. Angka Bounce Rate yang tinggi menandakan banyak Visitor yang hanya datang ke satu halaman tanpa berpindah ke halaman lain. Banyak yang mengira Bounce Rate yang tinggi berarti konten kita jelek. Nggak juga kok. Aku juga termasuk demikian. Biasanya aku membuka halaman yang aku butuhkan informasinya. Setelah itu ya aku tutup. Namun jumlah Bounce Rate yang rendah menandakan artikel-artikel di blog kita membuat pengunjung sedang dan berlama-lama membaca artikel lain di blogmu.

Pentingnya Meningkatkan Traffic Blog

Meningkatkan traffic blog sama dengan meningkatkan Page View. Kamu sudah tahu kan kalau Page View berhubungan dengan traffic, lalu mengapa kita harus meningkatkan Page View untuk meningkatkan traffic blog? 

Page View tinggi harapan semua pejuang adsense

Jujur aku bukan pejuang adsense. Tapi aku pernah punya adsense yang aku pasang di blogku dan istriku. Jika ditambahkan, misalnya Page View blogku rata-rata perharinya adalah 30 visitor dan istriku 200 visitor, jumlah itu masih terlalu sedikit untuk mendapatkan dolar. Apalagi kita baru dapat uang kalau iklannya di klik. Sepertinya itu hal yang agak susah, kecuali kita pasang iklan di tempat yang menjebak. Setelah 2 tahun memasang adsense tanpa pendapatan, aku merasa hanya memberikan space iklan gratis untuk Google. Masalahnya Visitor blogku sepertinya malas mengeklik iklan. By the way aku juga malas ngeklik iklan.

Meningkatkan Conversion Rate 

Dilansir dari Niagahoster, Conversion rate adalah  prosentase pengunjung website melakukan kegiatan yang menguntungkan pemilik bisnis/website tersebut. Contohnya jumlah pengunjung yang mengklik iklan adsense. 

Page View tinggi menandakan blog atau konten berkualitas

Pengunjung yang suka dengan blog dan kontenmu biasanya akan berlama-lama ketika berkunjung. Mungkin juga dia akan membuka link-link lain yang ada di blogmu. Ketika mereka mengklik link internal di blogmu maka Page View bertambah. Hal ini bisa dijadikan dasar/tanda kalau blogmu memang bagus. 

Meningkatkan Rate Card harga kita

Siapa bilang pendapatan dari blog hanya bisa lewat Adsense. Sebenarnya banyak cara memonetize blog. Salah satunya adalah adsense. Selain adsense ada beberapa metode atau istilah yang berhubungna dengan monetize blog. Contohnya layanan Konten Placement, Produk Review dan lain sebagainya.

Layanan-layanan tersebut termasuk dalam bidang jasa. Sesuatu yang terkait dengan jasa biasanya berhubungan dengan kualitas si pemberi jasa. Semakin tinggi Page View kita, maka harga jasa kita semakin besar.  

Memperbesar peluang mendapat kerjasama

Advetiser atau pengiklan biasanya menggunakan parameter Page View untuk melakukan kerjasama. Page View bisa digunakan untuk simulasi jumlah iklan yang tayang di sebuah blog.

Cara Mudah Menaikan Page View Blog 

Setelah kita tahu apa pentingnya meningkatkan Page View, sekarang aku bagikan tips-tips cara mudah meningkatkan Page View. 

Riset Keyword

Sebuah konten akan dilirik jika tulisan tersebut mengandung sesuatu yang dicari oleh pembaca. Lalu bagaimana cara meriset keyword?

1. Menggunakan Intuisi atau feeling

2. Menggunakan Google Keyword Planner https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/

3. Keyword tool io, https://keywordtool.io/

4. Neil Patel di  https://neilpatel.com/ubersuggest/

Menulis Artikel SEO dan Human Friendly

Artikel kita dibuat untuk manusia, oleh karena itu jangan mengisi artikel di blog dengan bahasa pemrograman ya! Buatlah artikel dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga mereka tidak perlu menggunakan alat bantu untuk menterjemahkan isi blog kita. 

Selain human friendly, ada baiknya kita juga melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimizer). Sebenarnya Google sering mengganti-ganti algoritma pencariannya. Bisa saja artikel yang tidak menerapkan standart SEO berada di page one pencariaan. 

Lalu untuk apa belajar SEO? Sebenarnya aku kurang paham juga. Tapi SEO itu seperti sebuah cabang ilmu yang besar. Yang aku tahu saat ini hanya sekedar kulitnya saja. Jadi aku nggak akan berkomentar tentang SEO.

Link Building 

link building atau istilahnya tanam link adalah suatu teknik tertentu supaya website lain memberikan link (tautan ke blogmu).

Membuat Artikel Trending atau Viral

Salah satu cara menjaring visitor adalah menulis tentang hal-hal yang viral saat ini. Misalnya saat ini lagi on going drakor apa?
Hal-hal yang viral biasanya banyak dicari di mesin pencari, ceruk ini bisa kamu manfaatkan untuk mendulang Page View.

Blogwalking

Blog walking adalah istilah untuk mengunjungi blog teman. Nah adab dalam blogwalking ini adalah saling mengunjungi. Kalau ada teman yang berkunjung di blog kita, biasanya dia meninggalkan link blognya dibagian website komentar. Nah, sebaiknya kita juga berkunjung ke blognya sebagai kunjungan balasan.

Optimasi Page Speed

Pernah nggak kamu membuka sebuah web, tapi webnya nggak kebuka-buka alias loading lama banget. rasanya pasti menjengkelkan ya? Google suka dengan website yang speednya tinggi. Kalau blogmu ingin dilirik oleh google dan netijen, lakukan optimasi kecepatan load halaman blogmu.

Desain Blog Yang Menarik Dan Navigasi Yang Jelas

Kelebihan dari blog dengan media yang lain adalah sentuhan personal dari pemilik blog. Blog bisa diibaratkan sebagai diri kita di dimensi yang lain. Desain blog yang menarik dan navigasi menu yang jelas membuat pengunjung kita makin betah.

Meningkatkan traffic blog bukanlah hal yang sulit/ Sepintas terlihat sederhana, namun kalau hanya niat dan tahu caranya tanpa dijalankan ya percuma juga. Kalau niat sudah ada, segera bikin time line dan todo list. Semoga berhasil.

sumber: 
1. Materi Marathon Coaching Growthing materi Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Traffic / Pageview Traffic / Pageview Traffic / Pageview BBBllloooggg
2. https://www.indoworx.com/pengertian-visitor-pageview-unique-visitor-dan-bounce-rate/
3. https://www.niagahoster.co.id/blog/conversion-rate-adalah/

4 comments for "Cara Mudah Meningkatkan Traffic Blog"

  1. Cuzz lah dinaikin PV nya, sama2 ngeblog dari 2016 lo, wkwk. Kan mayan kalau panen job, duit jajanku ikut nambah hahahaha.

    ReplyDelete
  2. Mau imut komen takut ganggu yang lagi ngobrol berdua 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen saja gpp mas, kami kalau diinternet mesra kok.

      Delete

Post a Comment