Widget HTML Atas

Tips Menghadapi Istri Posesif

Tips Menghadapi Istri Posesif


Menghadapi Istri yang posesif pasti tidak menyenangkan. Suami mana yang betah kalau selalu dimata-matai, dicurigai dan tidak pernah dipercaya, seakan kita nggak ada baik-baiknya. Memang benar tidak ada yang sangat baik, karena kesempurnaan itu hanya milik Allah, namun sebaik-baiknya ciptaan Allah adalah manusia. 

Posesif bisa diartikan sebagai controlling behavior, sikap mengatur yang berlebihan. Sikap mengatur yang berlebihan ini dibalut dengan alasan kasih sayang seperti terlalu mencintai, peduli pada pasangan, takut kehilangan dan lain sebagainya.  Namun apakah benar demikian? Sikap posesif sejatinya dipicu oleh rasa takut dan rendahnya kepercayaan diri.

Bagaimana Menghadapi Pasangan Yang Posesif ?

Cara yang paling mudah untuk mengadapi pasangan yang posesif adalah bersabar, sabar dan sabar. Percayalah bersabar itu pahalanya tidak terbatas. Semoga kita berada pada golongan orang-orang yang sabar.

1. Cari tahu penyebab Posesif

Keposesifan seseorang biasanya terjadi karena banyak hal, misalnya 

Kesenjangan Antar Individu Dalam Pasangan

Kesenjangan antar individu bisa memicu keposesifan. Misalnya saja suaminya terlalu tampan, atau istrinya terlalu pintar. Sehingga mereka tidak sekasta. Hal ini memicu sifat posesif dari pasangan.

Trauma Masa Lalu

Trauma masa lalu bisa menjadi pemicu keposesifan seseorang. Misalnya dia memiliki pengalaman yang buruk dalam sebuah hubungan. atau pernah terjadi masa lalu yang buruk dikehidupan sebelumnya. 

2. Hilangkan Ego

Setiap laki-laki pasti memiliki ego yang tinggi, apalagi kita sebagai kepala keluarga. Tentunya kita ingin istri percaya pada kita. Tapi kondisi istri posesif bukanlah sebuah kondisi yang normal. Kamu harus menyiapkan hati, pikiran dan fisikmu tetap prima untuk menghadapi si dia.

Rasanya memang tidak menyenangkan selalu dicurigai, padahal yang mencurigaipun belum tentu bisa menjaga hati, betul nggak? Namun semua memang tergantung apakah kita akan mempertahankan atau melepaskan. Jika kamu berniat mempertahankan. Lepaskan sejenak egomu untuk membuatnya tenang.

3. Membicarakan Tentang Keposesifan Pasangan

Meskipun sebenarnya mereka sudah tahu kalau mereka menyebalkan. Bahkan mereka sudah tahu juga kalau kita tidak suka. Namun tetap saja hal ini harus dibicarakan. Supaya pasangan kita tahu, kita tuh nggak bisa dibeginiin terus. 

4. Buat Kesepakatan

Siapa bilang sabar itu tidak berbatas? Sabar itu berbatas pada sekuat mana kita menahan diri. Dan Allah menjanjikan pahala yang tidak berbatas/sesuai dengan kemampuan kita menahan diri. 

Siapa sih yang kuat kalau setiap hari disalahkan, dicurigai, tidak boleh melakukan sesuatu dan lain sebagainya. Bukankah tujuan berpasangan itu untuk mencapai kebahagiaan bersama. Jika kebersamaan hanya untuk menyakiti pasangan, untuk apa dipertahankan.

Buatlah kesepakatan dengannya. Apa yang harus kita lakukan untuknya dan yang dia lakukan untuk kita. Meski win-win solution sulit didapat. Namun hal ini untuk mencegah luka makin dalam.

5. Doakan   

Dari semua usaha diatas, jangan lupa doakan pasanganmu. Insyaallah doa yang tulus dari orang yang teraniaya akan didengarkan Allah

2 comments for "Tips Menghadapi Istri Posesif"

  1. Nggak lagi ngomongin aku kan? Ada yang lebih posesif kok sama kamu... tuh duo bocah kecil di rumah... ngalah2in emaknya posesif sama bapake :D :D

    ReplyDelete

Post a Comment