Trend Mesin Database Tahun 2022 Lengkap

Database adalah kumpulan data dan informasi yang tersimpan dalam sebuah sistem. Database sangat membantu dalam sebuah aplikasi untuk menyimpan data transaksi atau sekedar menyimpan konfigurasi aplikasi. 

Database jamak digunakan untuk aplikasi-aplikasi enterpriese yang membutuhkan penyimpanan data terpusat dan pengolahan data tingkat tinggi. Tetapi ada juga database yang digunakan secara lokal oleh aplikasi. Misalnya SQLite.

Pada bulan Mei 2022 Stack Overflow membuat survey trend teknologi yang digunakan saat ini. Buat yang belum tahu stack overflow, stack overflow adalah situs yang menyediakan platform tanya jawab seputar teknologi yang sangat terkenal saat ini, Stak Overflow adalah rujukan pertamaku kalau aku sedang stack, soalnya setiap mencari sesuatu lewat google, stack overflow selalu muncul di halaman pertama. 

Nah menurut survey dari Stack Overflow, trend database di awal tahun 2022 ini adalah:

ALL RESPONDENCE

All Respondence Database Survey, sumber: stack overflow

1. MySQL 46.85% 

2. PostgreSQL  43.59%

3. SQlite 32.01%

4. Mongo DB 28.3%

5. Microsoft SQL Server 26..87%

PROFESSIONAL DEVELOPER

Untuk pengguna profesional, hasil survenya seperti berikut:
 
Proffesional Developer Database Survey, sumber: stack overflow

1. PostgresSQL 46.48%
2. MySQL 45.68%
3. SQLite 30.83%
4. Microsoft SQL Server 28.77%
5. MongoDB 28.29%

Pengguna profesional sepertinya lebih memilih ProsgresSQL dari pada MySQL, selain itu terlihat juga penggunaan SQLite sangat besar, sepertinya hal ini terkait dengan semakin pesatnya perkembangan smartphone. SQLite adalah mesin database yang biasanya digunakan untuk kebutuhan skala kecil. Misalnya menyimpan konfigurasi aplikasi atau data-data sederhana dan jumlahnya tidak besar.

LEARNING TO CODE

Lalu bagaimana dengan database yang paling banyak dipelajari, teng teng, inilah hasil surveynya:
 
Learning To Code Database Survey, sumber: stack overflow
1. MySQL 58.4%
2. MongoDB 31.32% 
3. SQLite 30.41% 
4. PostgreSQL 25.54%
5. Microsoft SQL Server 16.34%
 

RINGKASAN

Besarnya pengguna MySQL tidak perlu diragukan. MySQL bisa didapat dimana-mana. MySQL memiliki sejarah panjang dengan dunia database open source dan gratis. Sayangnya sekarang MySQL tidak sepenuhnya open source. Developer MySQL sudah membuat database engine baru bernama MariaDB, tapi sejarah panjang MySQL yang sudah mengakar sampai lapisan bumi ketiga sepertinya sulit untuk digeser.
 
Selain itu MySQL mudah didapat dan dinstall. Kamu nggak butuh expert linux atau server untuk menginstall MySQL. Cukup download web server bundle seperti XAMPP dan abrakadabra, database MySQL sudah terinstall dan berjalan dengan baik.
 
PostgreSQL  lebih disenangi kaum profesional karena fiturnya yang lebih advance, apalagi postgreSQL terkenal sebagai versi gratisnya oracle. Bukan karena postgreSQL dibuat dari source Oracle, tapi karena fiturnya yang mirip dengan Oracle. Tapi benar atau tidaknya aku nggak tahu, karena aku nggak pernah pakai keduanya.
 
SQLite, Jujur aku kaget SQLite selalu berada di posisi ketiga. Soalnya SQLite bukan mesin database yang bisa digunakan untuk kebutuhan enterpriese. Fitur-fitur SQLite sangat sederhana karena tujuan pembuatan SQLite hanya sekedar menyimpan data-data kecil. Penggunaan SQLite yang tinggi mungkin berhubungan dengan semakin banyaknya aplikasi di smartphone. kelebihan dari SQLite adalah dia tidak memerlukan mesin yang terpisah. Kalau programmer jaman dulu biasanya bikin database kan pakai microsoft Access, nah SQLite ini versi database gratisnya.

MongoDB, Tidak dipungkiri pengembangan aplikasi berbasis javascript juga semakin pesat, terutama pengguna NodeJs. Tidak afdol kalau pakai Nodejs databasenya pakai SQL Server, yang cocok dengan NodeJS ya MongoDB. 
MongoDB adalah database new era hehe. MongoDB adalah database non relasional (NoSQL) pertama, eh bener nggak ya? 
Kelebihan NOSQL adalah fleksibilitas dan performanya yang bagus. 

Microsoft SQL Server dan Oracle, Meskipun SQL Server selalu berada masuk di 5 besar, tapi hampir berada di bontot. Oracle lebih parah lagi. kedua database ini bukan software database jelek, karena saya juga menggunakan SQL Server dan mengelola data yang lumayan besar.
Satu hal yang menjadikan dua database ini jarang digunakan dan dipelajari adalah karena berbayar. Dan semakin mahal semakin jarang dipelajari. 
Namun secara performa, utilitas dan fitur, dua database ini sangat baik dan sudah teruji digunakan untuk aplikasi-aplikasi enterpriese.

Demikian ulasan saya tentang trend database diawal tahun 2022 ini, silahkan coret-coret dikomentar database apa yang kamu gunakan?
 
 

  



No comments for "Trend Mesin Database Tahun 2022 Lengkap"