Bridging BPJS VB6 dengan .net class



Sebenarnya artikel ini adalah artikel yang tertunda, dulu mau saya posting kalau bridging BPJS sudah berjalan di real life, Tetapi kenyataannya sampai sekarang source code dan aplikasinya masih tiduran di komputer saya. Bukan karena aplikasinya Error atau tidak layak tayang, tetapi karena sampai sekarang saya belum mendapat informasi cons-id dari BPJS. Artikel ini sebenarnya curcol dari saya ketika memaksakan diri membuat bridging SIMRS dengan API BPJS

Bridging SEP BPJS adalah pemanfaatan teknologi web service sebagai jembatan antar aplikasi/system  untuk saling berkomunikasi. Dengan teknolog ini memungkinkan system yang dikembangkan dengan platform yang berbeda bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
Sebenarnya kalau aplikasi SIMRS (Sistem Informasi Rumah Sakit) nya dibangun dengan bahasa pemrograman terbaru atau agak baru atau bahasa pemrograman yang masih ada pengembangnya dan dikembangkan seperti PHP, .NET Family atau JAVA, bridging SEP BPJS ini bisa dilakukan dengan agak mudah. Masalahnya sistem SIMRS yang saya pakai dibangun menggunakan Visual Basic 6, yang secara umur sudah sangat tua dan sudah tidak dikembangkan lagi.

Setelah bertapa selama berhari-hari di lembah google, saya menemukan 2 hal yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah saya.
1.  Memakai komponen MSXML untuk memanggil web service.
2. Kebetulan nemu diskusi tentang HMAC-SHA256 di VB6. http://goo.gl/zzxyVQ

Setelah merasa amunisinya cukup, sayapun mulai meracik bumbunya. bumbu pertama sukses diracik, namun saat meracik bumbu kedua, keluarlah error ini:

Akhirnya lagi saya memutuskan untuk membuat web service dengan PHP sebagai jembatan antara VB6 dengan API BPJS.Saya memakai SLIM PHP Microframework sebagai framework web service. cara pembuatannya cukup mudah (kalau menyulitkan, berarti bukan framework hehe). 

Selain menggunakan web service, saya juga mengembangkan versi DOTNET (dll). saya menggunakan visual basic .net 2015 community edition, tetapi .net targetnya saya memakai dotnet 3.5, soalnya dikantor saya masih banyak Windows XP (Bisa dibayangkan, komputer yang memakai Windows XP speknya seperti apa).

Fitur yang masih ada di dll bridging SEP ini adalah sebagai berikut:
  1. Cari Peserta berdasarkan NoKartu
  2. Cari Data Rujukan
  3. Create SEP
  4. Lihat Detail SEP
  5. Hapus SEP
  6. Delete SEP
  7. Update Tgl Pulang
  8. Mapping transaksi RS dengan SEP
  9. List 10 Transaksi SEP terakhir (Untuk VB6)
Sementara pengembangannya masih disitu, mungkin ada yang mau mengembangkan, silahkan di oprek sendiri. Aplikasi ini sengaja dibuat dengan VB.Net supaya lebih mudah dipahami dan dipelajari.
kalau ada yang membutuhkan file dll atau source code bridging SEP bisa unduh di sini.








21 comments for "Bridging BPJS VB6 dengan .net class"

  1. Blogger programmer... Lanjutkan yah.. Writing is sharing, sharing is caring :)

    ReplyDelete
  2. artikelnya sangat bermanfaat sebagai rujukan membangun aplikasi bridging, mas, izin download scriptnya mas..

    salam,

    ReplyDelete
  3. sama-sama gan, kalau ada pertanyaan seputar aplikasinya bisa langsung disini atau lewat facebook

    ReplyDelete
  4. mas, tanya, mapping transaksi sep bagaimna alur prosesnya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Script ini sudah tidak saya lanjutin pak, kompi client saya terlalu banyak, kalau ada perubahan api bisa butuh waktu 2 harian buat update. Akhirnya saya membuat web service dengan php untuk koneksi ke bpjs, dari visual basic 6 tinggal ngambil ke web service lokal. Jadi kalau ada perubahan API BPJS saya tinggal update yang di web service saja

      Delete
  5. maaf baru balas mas, mapping sep setelah mendapat nopendaftaran dari faskes mas, mapping sep itu untuk memapping nopendaftaran rs dengan no sep

    ReplyDelete
  6. seep keren bro terus lanjutkan. sangat bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  7. Makasih mas sharingnya, sangat membantu.
    Karena Saya masih kurang paham yang di api BPJS untuk VB.
    Izin download scriptnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak, tapi metode yang ini sudah nggak saya kembangin mbak, soalnya saya kalau pakai yang ini tiap kali ada update api (BPJS masih hoby update service), saya harus update 500 komputer :(, akhirnya saya buat web service tandingan, maksudnya yang komunikasi ke web service bpjs dari web service php. Kalau ada perubahan api, saya tinggal rubah yang di web server saja. Ntar kalau udah jadi launching, kodenya bakal aku share juga (pengen launching, tapi server BPJS lagi nggak stabil)

      Delete
  8. makasih byk atas sharingnya. kebetulan lagi ujicoba bridging juga. apakah alamat api nya bpjs masih yg ini ya: http://api.asterix.co.id/SepWebRest ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada alamat baru mas. untuk api versi 2.1, tapi aku belum dikasih link sama cons id buat latihan. Aku masih pake api 2.0. BTW, demi efisiensi updtae (kompi client banyak banget), akhirnya aku pakai web service buat jembatan vb6. kalau tertarik kapan-kapan aku buat tutorial dan sharing kodenya mas.

      BTW lagi, aku belum dapat cons-id buat nyoba api 2.1, nanti kalau dapat aku share lagi

      Delete
    2. mas kalo ada info bpjsnya ip and port nya ya tx

      Delete
    3. Kebetulan ada server lokal bpjs di tempat kerja saya. Jadi buat develop api ini saya langsung nembak server lokalnya. Setahu saya ada server api BPJS yang buat latihan, silahkan menghubungi teknisi komputer BPJS. Api .net class ini sudah tidak saya kembangkan, saya pakai web service karena lebih mudah manajemennya, dari segi kecepatan juga tidak terpaut jauh. Insya Allah kapan2 aku share lagi

      Delete
    4. Kalau mau ngembanging versi php bisa bareng-bareng mas, silahkan kirim pesan ke fb saya

      Delete
  9. salam kenal mas, saya biasa pake delphi 7 mas, bisa contoh pake delphi ga mas, kalo bisa di email ke agoesdiwarya@gmail.com
    thank berat

    ReplyDelete
  10. Pak Martin, saya developer aplikasi apotek/klinik, saya tertarik untuk melakukan integrasi aplikasi saya dengan BPJS. Ada yang ingin saya tanyakan, sekilas saya baca-baca dari web API.BPJS diperlukan data cons-id dan secret key, apakah cons-id dan secret key itu akan diberikan oleh BPJS kepada klinik yang mengadakan komitmen kerjasama dengan BPJS atau bagaimana? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pak, cons-id dan secret key akan diberikan BPJS. Nanti mereka akan meminta satu komputer di klinik untuk jadi server lokal mereka.

      Delete

Post a Comment