Antara Aku mendoan dan Asus Zenfone Go

, , 38 comments
Lomba Blog Ultah Gandjel Rel ke 2
Lomba blog Ultah Gadjelrel ke - 2 

Siapa yang nggak kenal dengan tempe mendoan. Semua daerah di jawa tengah pasti mengenal tempe mendoan. Meski ada di hampir semua daerah, daerah yang paling terkenal dengan tempe mendoannya biasanya Purwokerto dan Tegal. Asal usul tempe mendoan sendiri masih kurang jelas. Hal ini disebabkan kurangnya literatur sejarah tentang tempe mendoan. Ada yang bilang tempe mendoan asalnya dari Purwokerto, ada juga yang bilang dari Kebumen, ada yang bilang dari Tegal, ada juga yang bilang nggak tahu. Terus dari mana asalnya tempe mendoan? mungkinkah ada alien yang datang kemudian menebar kertas resep tempe mendoan dibungkus daun lontar kemudian disebarkanlah keseluruh Jawa Tengah? 

Cara masaknya tempe mendoan sangat mudah. Hal ini terbukti dengan cepatnya tukang gorengan membuat tempe mendoan :P. Pertama tempenya di iris tipis-tipis. Tapi jangan terlalu tipis, takut kalau nanti jarimu teriris. 
Kemudian baluri tempe dengan adonan tepung yang sudah diberi bumbu. Jangan lupa kasih bumbu special, bumbu cinta, Biarkan bersemi sehingga rasanya jadi tambah gimana gitu (bun bun, buatin mendoan donk :P). Setelah itu digoreng di minyak panas.
Ingat ya! Minyaknya harus panas, kalau nggak panas ntar nggak matang sempurna. Jangan lupa juga minyaknya yang banyak, jadi semua badan tempe plus tepungnya harus terendam, karena kalau minyaknya tidak banyak, ditakutkan tempenya masuk angin (Garing loe, Biarin hahaha).

Setahuku tempe mendoan ini punya kekhasan didaerah masing-masing. Misalnya di Kebumen dan Purwokerto. Tempenya tipis-tipis. Aku nggak tahu jurus apa yang mereka pakai untuk memotong tempe, sehingga tempenya menjadi tipis dan lebar. Setahuku juga orang yang lebar pasti besar. Aku adalah contoh nyatanya (????).
Sedangikan didaerahku (Semarang) tempenya agak tebal. Mungkin di resep aslinya cuma tertulis iris tipis-tipis. Tidak disebutkan secara rinci tipisnya berapa mili, padahal persepsi orang tentang yang "tipis-tipis" itu berbeda-beda. Sehingga yang terjadi ketidak sesuaian ukuran tempe antar daerah.

tempe mendoan
Tempe Mendoan



Tempe mendoan didaerah Purwokerto cenderung basah kuyup kayak berendam minyak seminggu, sedangkan di tempatku cenderung garing, segaring becandaanku. Kalau di Purwokerto, Kebumen dan sekitarnya tempenya besar-besar, ditempatku ukurannya secukupnya mulut menganga. Selain yang udah disebutkan diatas,  sepertinya sama saja. Bentuknya kotak, ada daun bawangnya, digoreng di wajan, dan lain sebagainya.

Hal berbeda lainnya adalah panggilan. Aku sendiri lebih suka menyebut mendoan saja. Tanpa kata tempe. Dan setahuku pelanggan gorengan ditempatku pun berbuat seperti itu.
Alasan pertama karena lebih simple, dan alasan kedua karena mendoan sudah identik dengan tempe. tanpa saya sebut tempe-pun bapaknya sudah tahu kalau saya mau beli tempe mendoan. Didaerah lain ada yang mengenal tempe mendoan sebagai tempe kemul. Padahal tepung sama selimut itu bedanya jauh banget.

Ada yang kelupaan nih. Sudah baca judul diatas kan? Sekarang mulai ke cerita yang kedua. ceritaku kali ini adalah tentang aku dan handphone baruku.

Nah loh, apa hubungannya handphone baru sama mendoan?

Ya ada donk (Pakai Tanda Seru). Soalnya photo ini aku ambil pakai Hape baruku. Setelah hape lama diniatkan untuk pensiun dini karena nggak suport 4G. 

Singkat cerita aku nyari handphone yang fitur kameranya bagus tapi harga ramah dikantong, syukur-syukur hapenya bisa bikin aku rajin selfie. Soalnya selama ini selalu pakai kamera prosummer, masak mau selphi pakai kamera prosummer. Coba kalau ada yang bisa selfie pakai kamera prosummur aku kasih cemban (bercanda om, asli! jangan ditanggepin ya).

Kebetulan ada teman yang punya Asus Zenfone 2, dia bilang nih hape kameranya keren, bisa bikin blur dengan sekali kedipan. Waktu denger sih aku cuma nyengir aja. Mana mungkin hape yang kamera dan sensornya cuma seupil bisa ngalahin kamera prosummer punyaku yang segede gaban. Apalagi dia cuma nunjukin aja. Mending-mending kalau kasih hapenya barang seminggu buat ngetest. Habis di pinjemin trus dia bilang, "Udah tin kamu pakai hapeku aja". Mendengar itu mataku langsung berbinar-binar kayak komik-komik jepang. 

Kalau ingat Asus aku jadi ingat motherboard. Motherboard Asus itu sesuatu banget. Aku suka dengan teknologinya yang original. Selain itu bundlingnya juga mewah. Biasanya Asus menyertakan software-software buatannya yang sangat powerfull dan original. Jadi merasa ekslusif gitu. Sama juga dengan hapenya. Aku percaya kalau Asus pasti punya kelebihan di software atau hardwarenya yang didesain khusus sama dia. Benar juga, dari tampilannya aja dia beda dengan yang lain. Belum lagi aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah di repalce dengan aplikasi bikinan Asus. Mantab nian, 

Setelah pilah-pilih. Akhirnya jadilah aku membeli hanphone Asus Zenfone Go ZB500KL di sebuah pameran di kota Semarang. Tadinya aku mau bikin artikel sendiri buat bahas kecanggihan kamera handphone Asus ini. Tapi karena sebab dan lain hal (kebanyakan koding jadi lupa diri) akhirnya ditulis disini saja ya, mumpung lagi lomba juga :P. Berikut ini beberapa kenapa aku suka sekali dengan handphone ini.

Harga Bersaing

Orang bilang harga tidak pernah bohong. Sama juga dengan Hape. Khususon ASUS aku merasa harganya sesuai banget dengan kualitas alias nggak overprice kayak handphone sebelah.

Kamera 13 Mp

Ini point yang paling penting buatku. Dan ini juga yang bakal dibahas agak panjang. Sudah pernah dengan ASUS Pixel Master Camera. Pixel Master Camera adalah teknologi yang dikembangkan ASUS untuk memaksimalkan hardware dan software di handphone Zenfone.

Detail keunggulan kameranya bakal aku jembrengin dibawah ini.

Image Stabilizer

Pixel Master Camera mengintegrasikan teknologi image stabilizer untuk memastikan hasil photo bebas goyang. Algoritma Pixel Master Camera yang canggih secara otomatis membandingkan titik acuan dalam serangkaian gambar untuk mendeteksi gemetar. Bila perlu gambar atau video akan di stabilkan dengan metode smartly shifting frame.


Pemrotetan Kondisi Minim Cahaya

Pixel Master Camera mengkombinasikan ukuran pixel dengan algoritma canggih pengolahan gambar dari Pixel Master Camera. Hasilnya kepekaan cahaya akan meningkat 400% dan meningkatkan kontras hingga 200%


5 elemen lensa optik terbaik

Teknologi terbaru dari Asus ini menggabungkan 5 lensa optik brighness yang meningkatkan kinerja optik, menjadikan tangkapan detail dan warna pada obyek lebih detail dan tanpa blur.

5 Element lensa Asus Zenfone
5 Element lensa ASUS Zenfone 

Apeture f/2.0


Apeture artinya bukaan lensa. Semakin rendah nilai apeturenya semakin besar bukaan lensanya, itu berarti semakin banyak cahaya yang masuk ke lensa. Ini juga yang membuat kamera prosummerku klepek-klepek. Kamera prosummer dan kamera pocket aperture terendahnya biasanya cuma f/3.1. Sedangkan kamera Asus Zenfone Go apeturenya f/2.0. Dari nilai apeturenya sudah kelihatan siapa pemenangnya.

Apeture (Bukaan lensa)

Manual Mode yang lengkap


Ini fitur yang paling aku suka. Secara dulu beli kamera prosummer karena pengen belajar setting manual. Pas sudah beli ternyata bodynya agak gede. Kemana-mana harus bawa tas. Udah kacamataan, tentang tenteng kamera. Persis kayak tukang wartawan. Padahal sebenarnya aku kan tukang ketik. Sungguh tidak praktis dan agak nggak enak juga kalau mau motret harus bongkar-bongkar tas.
Dengan fitur manual yang super lengkap (bahkan lebih lengkap dari kamera prosumerku). 
Banyak yang bisa kamu seting di manual mode. Mulai dari White Balance, EV, ISO, Shutter Speed, sampai fokusnya pun bisa disetting. Mau bikin Photo bokeh udah nggak ribet lagi. Mau membuat photo yang terang di kegelapan? ada modenya sih, tapi aku lebih suka pakai manual :).

Berkat Zenfone, aku udah nggak perlu petantang petenteng kamera lagi. Cukup pakai Zenfone aja, lompat sana "ceklik", lompat sini "ceklik", naikin hape keatas, senyum simpul "ceklik".
Mode Manual Asus Zenfone Go
Mode Manual ASUS Zenfone


Bisa dilihat dari gambar diatas, hampir semua aspek bisa dioprek. Ajib banget kan pren.

Mode Pemrotetan yang lengkap. 

Handphone punyaku masih kategory entry level. Jadi menu mode pemotretannya tak semewah Zenfone premium (Menunya lebih banyak Asus Zenfone 2). Tapi menurutku sudah sangat lengkap dan berguna kalau lagi malas setting manual. Mode pemotretan di kameraku ada mode Otomatis, HDR, Panorama, Manual, Pengindahan (biar wajah lebih cakep), cahaya redup, selfie, efek maupun waktu berlalu.
Mode Pemotetran Asus Zenfone Go
Mode scheme ASUS Zenfone Go


ASUS Pixel Master Camera

Ini nih teknology unik dari Asus yang menggabungkan software, hardware dan desain lensa untuk mendapatkan hasil gambar yang keren banget. Dengan teknologi Pixel Master Camera Zenfone ku bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dalam kondisi apapun. Semua yang dijelaskan diatas adalah teknologi ASUS Pixel Master Camera.

Waduh kok malah bahas kamera handphone. Gak apa-apa ya pemirsa, Bukan maksud beriklan, tetapi memang ASUS Zenfone ini diluar ekspektasiku. Seperti yang aku bilang sebelumnya "Mana mungkin kamera Handphone mengalahkan kamera". dari segi sensor, prosesor dan hardwarenya pasti kalah besar. Tapi ternyata Asus memang gahar.

Ps. Tapi jangan bandingin Asus dengan kamera DSLR ya, aku belum punya kamera DSLR jadi nggak bisa mbandingin.


Bonus pic nih, pic ini bukan mendoan ya :P.

Bisa ngeblur, padahal pakai mode auto
Bisa ngeblur, padahal pakai mode auto :)



Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.
















38 comments:

  1. Hasil jepretan asus emanf OK punya. Mendoan jadi kelihatan.....soooo yummmy.....

    Saya jadi pengen beli :)
    Cek harganya di priceza.co.id masih lumayan. Akhirnya sementara saya beli mendoan dulu ajah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, eh zenfone go punyaku masih entry level mbak, dulu belinya 1.7, tapi sekarang sudah turun. Yang entry level aja hasilnya udah kayak gitu, apalagi kalau punya zenfone 3 ya hehe

      Delete
  2. Beliin Zenfone Max dong, pak.. Biar tambah keren moto2nya.. :D

    ReplyDelete
  3. Hasil jepretan asus emanf OK punya. Mendoan jadi kelihatan.....soooo yummmy.....

    Saya jadi pengen beli :)
    Cek harganya di priceza.co.id masih lumayan. Akhirnya sementara saya beli mendoan dulu ajah deh

    ReplyDelete
  4. Mendoan asli banyumasan. Klo nemu tempe tepung di jateng semua bilang mendoan. Tapi tidak untuk dijabar dan propinsi lainnya.
    Terkait kamera asus, di zenpon 3 max kok ndak ada fitur depth field yg bikin ngeblur ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur suwun infonya mas. Iya mas di jateng bilang mendoan aja udah pada tahu kalau itu tempe, gak akan ketuker sama pisang.
      Aku belum megang Zenfone 3 mas, tapi kalau di Zenfone 2 (Punya temen) ada menunya. kalau di Zenfone Go punyaku bisa otomatis ngeblur gitu. Bisa juga pakai mode manual mas :P. Semoga aja dapet Zenfone 3, ntar aku kasih tau tips DOF di Zenfone 3

      Delete
  5. mendoan dan zenfone go. Hemmm maknyuss

    ReplyDelete
  6. Wah mendoan, jadi bikin kangen Purwokerto :D

    Mantap, kalau masalah fitur aplikasi kamera dari Asus Zen memang tidak diragukan lagi hasilnya. Ini lomba blog yah, hadiahnya menggoda sekali dapat asus zen, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gara-gara lihat hadiahnya akhirnya aku turun gunung buat nulis lagi :))

      Delete
  7. Saya suka sekali mendoan. Sedaaappp....


    Kebetulan juga saya seorang Zenfans, sampai teman minta rekomen HP dan nitip beli pun saya pesankan Asus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau orang jawa pasti ngefans yang namanya mendoan, menu wajib kalau arisan.
      Kalau ada teman yg nyari hape aku rekomen zenfone juga, soalnya kalau ditanya pengennya hape yang gimana? jawabannya pasti yang kameranya bagus. Kamera bagus ya Asus zenfone. Secara pribadi aku suka produksi warnanya Asus zenfone. terlihat detail dan tajam

      Delete
  8. Suamiku penggemar tempe mendoan juga. Makan pake cabe rawit ijo.. Tapi ada juga yang dicocol dengan sambal kacang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti tempe mendoan memang kegemaran bapak-bapak nih :). Aku suka segala bernama tempe. Terutama tempe yang digoreng kayak mendoan gini. Tapi nyocolnya nggak pakai sambel kacang, cukup pakai kecap yang diirisin cabe rawit dan bawang merah.

      Delete
  9. kurang tau tentang mendoan tapi yg sering aku dengar adalah jogja yang terkenal akan kulinernya.

    asus memang telah membekali produknya dengan spesifikasi mumpuni, dan kamera yang handal. seperti asus zenfone go

    goodluck iya kak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan nyobain kk, pasti ketagihan. Yup Asus memang keren, terutama di sektor kamera. bahkan di mode manualnya ada histogramnya juga. Aku belum nemuin kamera yg ada manual mode dan ada histogramnya kecuali di Asus. Amin, sama2 kk

      Delete
  10. Kalo ane gak punya Zenfone,jadi lebih milih mendoannya.
    Tanks

    ReplyDelete
  11. Tekstur mendoan itu agak basah kan? Aroma adonan bumbunya wangi..


    Mas.. Aku gak apa dimendoanin asalkan yang diutamakan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang agak basah (kalau buatku malah basah banget) itu mendoan daerah purwokerto dan sekitarnya. Kalau di daerahku (semarang) cenderung agak kering. Kalau bumbunya semua sama. bau bumbunya memang menggoda :).

      Delete
  12. Kalau tempe Mendoan dari Kebumen ukuranya lebar, harganya 2 ribuan. Di pasar Gombong banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang 2ribuan ya mas, 2 tahun yang lalu waktu aku kerja disana masih seribuan. Yek jare wong kebumen, mendoan purwokerto mbek kebumen enak kebumen, yo mesthi ya :P

      Delete
  13. Mendoanya bikin lapar. Hohiiii. Aku jadi ingat ke Banyumas juga sempat fotoin Mendoan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum pernah nyobain mendoan banyumas, di semarang adanya mendoan Purwokerto :(

      Delete
  14. Mendoan aja jadi enaaaaakkkk banget. duh jadi lapar ngebaca ini. semoga jadi pemenang ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, bahas mendoan jadi kangen mendoan yg ada di photo

      Delete
  15. Baca ini jadi pengen mendoan. Tar beli lah..hehe
    Good Luck ya, semoga menang :)

    Di foto terlihat kaya makanan mahal ya mendoan itu..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di photo itu mendoan di resto Horimart bawen, Nggak mahal sih mas, cuma jauh wkwkw. Tapi mendoan di deket rumah juga enak meski tampilannya nggak semewah di photo.

      Delete
  16. mantabbb jernih banget ya hehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, apalagi kalau pakai zenfone 3, pasti tambah bening

      Delete
  17. wihh mendoan ya, di jakarta masih banyak kok yang dagang kalo sore hahaha, udh lama tapi gak beli hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. musim hujan gini kalau nggak banjir makan mendoan sambil minum teh enak lho

      Delete
  18. Hai mas. PAs aku ke Banyumas makan mendoan. ENaakkkk

    ReplyDelete