Berhenti Merokok untuk Indonesia 2020

, , 14 comments
sumber: feepik

Tahukah kamu, bahwa tren penyakit di Indonesia sudah bergeser dari penyakit menular berbahaya ke penyakit tidak menular. 

Pada tahun 1990-an penyakit terbanyak adalah penyakit menular seperti TB, ISPA dan lain sebagainya. Namun dengan berjalannya waktu, tren penyakit menular digantikan dengan penyakit tidak menular seperti hypertensi, jantung, stroke, diabetes dsb. 

Perubahan tren ini disebabkan gaya hidup dimasyarakat. Berkembangnya penyakit tidak menular biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, sebagai contoh mengkonsumsi fast food, gorengan, makanan tinggi kolesterol, pemakaian gula berlebih dan kurangnya asupan sayuran. Selain itu juga kebiasaan merokok dan kurangnya aktifitas olah raga.

SEMBUTOPIA

Pada bulan november 2017, Kafi Kurnia dan teman-temannya memprakarsai sebuah platform digital dengan nama "Sembutopia".



Sembutopia berasal dari kata "Sembuh" dan "Utopia" bila diartikan sembutopia adalah komunitas yang sehat jiwa raganya. Dalam perjuangannya Sembutopia menggunakan platform medsos seperti instagram, twitter, facebook dan sebagainya.

Dengan Sembutopia Kafi kurnia dan teman-temannya berharap bisa memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari penyakit dan konflik baik kejiwaan maupun keragaan.

Selama 6 bulan terakhir Sembutopia telah melakukan pemberdayaan komunitas untuk menunjang kampanye mereka lewat berbagai kegiatan seperti lomba foto dan lomba tulis blog.

INDONESIA 20/20 - SEBUAH TAKDIR KEJAYAAN

 

Indonesia 20/20 bukan menyebutkan bahwa tahun 20/20 Indonesia akan mencapai takdir kejayaan. Angka 20/20 adalah sebuah kondisi angka ideal. Angka 20/20 dikenal dengan istilah "perfect vision", dimana seseorang dapat melihat dengan jelas tanpa kaca mata. Dengan visi Indonesia 2020, Sembutopia berharap Indonesia bisa mencapai perbaikan dalam bidang kesehatan lingkungan yang lebih baik secepatnya.

Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

 
sumber: http://www.who.int

Hari Tanpa tembakau diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan pada tanggal 31 Mei para perokok untuk tidak merokok selama 24 jamserentak di seluruh dunia. Diperkirakan kebiasaan merokok menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa - sumber wikipedia.

Pada hari tanpa tembakau sedunia digalakkan kegiatan-kegiatan dan sosialisasi tentang bahaya merokok bagi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesadaran dan juga menciptakan lingkungan yang sehat bagi masyarakat. 

Masa Depan Cerah Dengan Berhenti Merokok

 
sumber: freepik

Semua orang pasti sudah paham bahwa sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia. Diantaranya beracun dan dapat merusak tubuh. Bisa dibayangkan menghisap rokok sama saja dengan memasukkan racun ke tubuh kita secara terus menerus. Bila kita melakukannya dalam jangka waktu lama, maka akan berakibat buruk pada kesehatan dimasa-masa mendatang.

Sebenarnya tubuh kita adalah mesin yang sangat unik. Bila mesin buatan manusia tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri. Mesin ciptaan Tuhan ini sangatlah canggih, karena memiliki self healing. Namun sefl healing ini tidak instan dan cepat seperti tokoh wolfrein. Tubuh memerlukan proses, bahan bakar dan metode untuk menyembuhkan diri secara bertahap. Jadi kalau kamu adalah perokok aktif dan berniat untuk berhenti karena faktor kesehatan. Percayalah kesehatan tubuhmu bisa membaik kembali.
Banyak manfaat yang akan kamu peroleh dengan berhenti merokok, saya bisa bilang seperti ini karena saya sendiri sebenarnya juga perokok. Dan ini adalah ihtiar kesekian yang saya lakukan untuk berhenti merokok. Beberapa manfaat yang saya rasakan langsung setelah berhasil selama beberapa bulan berhenti merokok adalah sebagai berikut:

Terlihat lebih tampan. 

Merokok mengurangi asupan oksigen ke kulit sehingga membuat kulitmu terlihat kusam. Dengan berhenti merokok, asupan oksigen ke kulit semakin banyak sehingga kamu akan terlihat segar. Dengan kulit yang terlihat segar, maka aroma ketampananmu akan menyebar. Contohnya saya, sejak berhenti merokok istri saya suka memuji ketampanan saya, hal yang sebaliknya saya dapatkan sebelum saya berhenti merokok.

Terhindar dari stress. 

Rokok bagaikan pedang bermata 2, efek dari rokok adalah menenangkan, namun disisi lainnya dia juga membuat kamu stress kalau tidak punya rokok. Seperi yang kita tahu, rokok memiliki efek menyebabkan ketergantungan, padahal harga rokok makin lama makin mahal. 

Meningkatkan Kesuburan. 

Rokok memiliki dampak yang buruk terhadap kesuburan, terutama kesuburan pria. Dibungkus rokok juga sudah dijelaskan secara gamblang "Rokok menyebabkan impotensi dll". Dari banyak penelitian dan pesan masyarakat kita tahu bahwa kebiasan merokok membuat kualitas sperma menjadi buruk dan jumlah sperma perokok lebih sedikit dari jumlah sperma orang yang tidak merokok. Dengan berhenti merokok, jumlah dan kualitas sperma akan berangsur-angsur membaik.

Terhindar dari penyakit mematikan. 

Kalau kamu perhatikan bungkus rokok pada tahun 1999 - 2013 kamu pasti tidak asing dengan kata-kata ini:

"MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN"

 Peringatan itu adalah beberapa potensi penyakit yang disebabkan oleh rokok, Kalau kamu berhenti merokok. Maka resiko terkena penyakit-penyakit diatas akan mengecil.

Senyum yang lebih indah.

Kalau boleh jujur, senyumnya seorang perokok itu agak fals. Meskipun mereka tulus tersenyum, namun tidak terlihat indah. Hal itu disebabkan gigi perokok yang kusam karena terpapar zat kimia hasil pembakaran (merokok) dan bibirnya yang pucat dan agak kehitaman. Dengan berhenti merokok dan rajin membersihkan gigi, maka berangsur-angsur warna gigimu akan kembali putih dan warna bibirmu menjadi cerah menawan.

Memiliki keluarga yang sehat. 

Kebiasaan merokok tidak hanya memberikan efek pada saat rokok dihisap. Ketika seseorang merokok. Zat-zat kimia pada asap rokok  menempel di tubuh, baju atau perkakas didekatnya, sehingga bisa mencemari keluarganya. Efek yang lebih buruk bisa terjadi bila perokok tersebut merokok didalam rumah atau dekat dengan istri dan anak-anaknya.

Memiliki lingkungan yang sehat.

Kebiasaan merokok tidak hanya berpengaruh pada orang yang merokok (sebut saja perokok aktif) namun juga pada orang-orang disekitarnya (sebut saja perokok pasif). Perokok pasif memiliki resiko lebih besar dari pada perokok aktif. Lagi pula asap rokok menimbulkan ketidak nyamanan pada orang-orang disekitar.

Mari Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang tidak mudah. Saya sendiri mengalaminya sendiri. Rokok memang memberikan sensasi tersendiri yang hanya dipahami oleh para perokok. Jadi jangan heran kalau ada orang yang udah berhasil berhenti merokok, tiba-tiba kambuh lagi. Tapi jangan pernah berputus asa untuk berhenti merokok, meski hanya 1 hari, berhenti merokok tetap memberi manfaat yang besar pada dirimu.

Beberapa tips berhenti merokok yang bisa kamu jalankan adalah:

Fokus pada manfaat.

Berhenti merokok memberikan manfaat yang besar bukan hanya pada dirimu, tetapi juga pada orang lain. Ketika kamu merokok didekat orang lain, kamu sudah menyebarkan racun pada mereka. Kalau kamu berhenti merokok. Maka kamu sudah menghindarkan penyakit pada dirimu dan keluargamu.

Hindari semua pemicu. 

Hindari hal-hal yang memicu untuk merokok, contohnya kurangi nongkrong dengan teman-teman yang merokok. Hindari juga tempat-tempat yang banyak perokoknya. Atau kadang kamu perlu menghindari kegiatan-kegiatan yang memicumu untuk merokok.

Katakan tidak pada rokok.

Ketika berniat berhenti merokok, kamu harus meyakinkan dirimu bahwa rokok tidak baik dan tidak boleh dilakukan. Bahkan ada teman saya yang berhasil berhenti merokok dengan menganggap rokok itu haram. 

Jangan pernah merasa gagal. 

Banyak orang menganggap berusaha berhenti merokok adalah hal yang sia-sia, karena pasti berujung pada kegagalan. Kalau kamu berniat berhenti merokok, jangan pernah putus asa karena gagal. Anggaplah sebagai latihan, dengan banyak kegagagal lama kelamaan kamu akan memahami, kalau berhenti merokok itu  sulit.

Demikian tulisan saya tentang berhenti merokok untuk indonesia 2020, semoga bermanfaat.

14 comments:

  1. bagus ini apalagi merokok ini lebh banyak buruknay drpd manfaatnya

    ReplyDelete
  2. Wes penyakit jadi Trens itu seremnn ya. Saya bersyukur banget suami bukan perokok. Karena sejak sebelum menikah saya memang tidak ingin punya suami perokok. Ribet urusannya. Soalnya bisa berdampak k anak-anak juga. Kasian

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ibu, malah perokok pasif lebih berbahaya dari pada perokok aktif

      Delete
  3. merokok gak cuman merugikan diri sendir tapi juga orang lain dengan asap apalagi puntungnya bikin sampah aja. Yuk berhenti merokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, sy juga lagi berjuang menghentikan kebiasan merokok. doakan saya ya :)

      Delete
  4. Memiliki lingkungan yang sehat. Tanpa asap mengebul yang membahayakan dirisendiri dan orang lain. Semoga saja ditahun 2020 benar-benar bisa bebas sari rokok. Rakyatnya sehat semuanya.

    ReplyDelete
  5. Gagal dan gagal lagi, sudah niat dengan betul-betul. Tetapi saat waktu tiba sering bingung tanpa hadirnya sigaret.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhenti merokok itu kayak iman ya mas, ada pasang surutnya, kadang besar kadang kecil. hehe

      Delete
  6. semoga saja benar benar terwujud di tahun 2010 nanti. jangan egois cuma mementingkan kenikmatan diri sendiri yang hanya sesaat para perokok juga wajib tau, mereka yang terkena dampak asap rokok atau perokok pasif lah yang lebih rentan terkena bahaya dari roko bahkan jauh lebih berbahaya dari perokok itu sendiri. kalau ngroko yang sakit dirinya sendiri sih nggak masalah, ini yang sakit loh orang lain juga yang nggak iku ngrasain rokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga saja ada peraturan2 tentang daerah bebas rokok. Minimal untuk melokalisir perokok

      Delete
  7. Mungkin benar adanya jika harga rokok dinaikkan harganya tanpa sebatas wacana seperti yang sudah santer beritanya waktu itu, tapi gagal pelaksanaan programnya ..., orang jadi mikir dan timbul kesadaran untuk stop merokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh jujur, menaikkan harga bukan solusi pak. Namanya juga orang kecanduan, meskipun mahal tetap akan dibeli. Selain itu akan muncul rokok2 murah tanpa cukai

      Delete