Menulis double quoted di Visual Basic 6 (VB6)

, , 1 comment
Hai teman-teman sesama pecinta vb6

Kali ini saya ingin berbagi tips menuliskan double-quoted di VB6. Membuat double-quoted di string sebenarnya sangat mudah dilakukan di bahasa pemrogaman PHP. Namun tidak di Visual Basic 6. Karena double-qupted adalah penanda variable string.

Padahal penggunaan double-quoted di string saat ini sangat diperlukan. Terutama untuk membuat text JSON. Nah! di musim insdustri 4.0 yang salah satu pointnya adalah adanya pertukaran data antar aplikasi dan bisa menembus ruang dan waktu, sistem pertukaran data lewat teknologi hiper adalah hal yang harus bisa dilakukan oleh sebuah aplikasi. Salah satu format data yang sangat populer dalam pertukaran data di jaman NOW adalah JSON teks. JSON singkatan dari Javascript Object Notation, yaitu notasi teks di javascript. untuk lebih jelasnya browsing sendiri saja ya :P.

Contoh json:
{"Nocm":"000001", "Nama":"Test Nama","Alamat":"Test Alamat"}

coba lihat string contoh json diatas. Simple kan? format JSON banyak dipakai karena lebih pendek dan mudah dipahami. Coba bandingkan dengan format XML.
Seringkali sesuatu tidak semudah yang terlihat Ferguso.

Saya punya 2 trik untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengambil salah satu dari 2. Satu saja ya, jangan 2 apalagi 3.


Dengan 3 double-quoted

    Untuk melawan double-quoted , kita harus menggunakan double-quoted juga. Jadi cara pertama untuk memunculkan double-quoted adalah dengan men-double quotednya juga. Misalnya saya ingin menampilkan ", maka tulislah """. contohnya seperti ini:

dim jsontext as string
jsontext = "{" & """Nocm""" & ":" & """000001""" & ","
jsontext = jsontext & """Nama""" & ":" & """Test Nama""" & "," & """Alamat""" & ":" & """Test Alamat""" & "}"

Menggunakan Chr()

Chr() adalah salah satu syntak di vb6 yang berfungsi  merubah kode ascii ke karakter. penggunaannya cukup mudah, Nah! semua karakter pasti punya kode ascii, termasuk double-quoted. Setelah saya cari-cari di internet, hari gini masa masih cari di buku hehe. Kode ascii untuk double quoted adalah 34. Dengan informasi diatas, maka kode program visual basicnya insya Allah seperti ini:

dim jsontext as string
jsontext = "{" & Chr(34) & "Nocm" & Chr(34) & ":" & Chr(34) & "000001" & Chr(34) & ","
jsontext = Text1.Text & "{" & Chr(34) & "Nama" & Chr(34) & ":" & Chr(34) & "Test Nama" & Chr(34) & ","
jsontext= Text1.Text & "{" & Chr(34) & "Alamat" & Chr(34) & ":" & Chr(34) & "Test Alamat" & Chr(34) & "}"


Demikian trik dari saya. Terimakasih sudah mampir, semoga artikel ini membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas kantor, tugas kuliah, maupun teman-teman yang sedang belajar VB6. Eh iya, jangan lupa subribe and comment ya!



   


1 comment:

  1. makasih mas martin... semoga selalu rutin nulis tips dan trik seputar VB 6

    ReplyDelete