Bridging Aplicare Dengan Visual Basic 6

, , 2 comments
Hai sobat vb6, apa kabar?

Bagi teman-teman yang bekerja di rumah sakit seperti saya, pasti tahu kalau BPJS mewajibkan rumah sakit untuk mengisi data ketersediaan kamar milik BPJS. Yang namanya wajib pasti ada konsekuensinya jika tidak dilakukan. Kalau kita tidak melakukan kirim data ketersediaan kamar. Mereka (BPJS -red) akan mengevaluasi kerjasama dengan rumah sakit.

BPJS menyediakan aplikasi Aplicare untuk mengirim data ketersediaan kamar. Dan alhamdulilah BPJS juga menyediakan API untuk bridging data dengan SIMRS. Bisa dibayangkan kalau nggak ada bridging data, data ketersediaan kamar yang notabene adalah fitur standart SIMRS, harus dimasukkan ke BPJS dalam periode tertentu. Kan ngeselin, ya nggak?

Dan seperti yang teman-teman tahu, contoh aplikasi yang diberikan oleh BPJS adalah bahasa-bahasa tertentu yang populer dan modern. Visual basic 6 sih termasuk bahasa pemrograman yang populer. Dan modern pada masanya. It's about 20 years ago!

Disini saya akan berbagi aplikasi yang pernah saya buat, tetapi jujur tidak saya gunakan. Soalnya dulu waktu diminta BPJS saya ambil cara gampangnya saja. Saya pakai mode agent untuk pertukaran datanya. Saya tinggal menyediakan web service yang mengambil data ketersediaan kamar, kemudian mereka settingkan aplikasi grabbing data milik mereka, trus ditanam di server kita. Kalau sudah disettingin IT-nya BPJS, tinggal dipasang trus ditinggal tidur wkwkwkw. Aplikasi BPJS ini mengirim data setiap 10 menit sekali. Jadi intervalnya termasuk cepet ya. Bisa dibayangin kalau admin rumah sakit disuruh kirim data tiap 10 menit sekali, bisa nggak kerja mereka.

Secara teknik, koneksi ke web API Aplicare ini sama dengan bridging VCLAIM. perbedaan hanya di servicenya saja. Kalau teman-teman sudah pernah membaca artikel bridging VCLAIM dengan visual basic 6 yang native dan sudah mendownload source codenya, tinggal di coding dikit sudah jadi deh bridging aplicarenya. Kalau belum download atau mungkin kesulitan memodifikasi aplikasinya, teman-teman bisa langsung mendownload dari artikel ini.

Fitur-fitur dan cara pemakaian di source ini sebagai berikut:

Sebelum membuka aplikasi, isikan terlebih dahulu data setting API BPJS di database bridgingvclaim.mdf.


note* source ini dikembangkan dari aplikasi bridging vclaim yang sudah saya buat sebelumnya. Tabel yang digunakan untuk aplicare hanya tabel setting. abaikan saja tabel-tabel lain yang tidak terpakai.

buka tabel setting, kemudian masukkan data consid dan secretkey









Setelah itu baru buka source dan jalankan aplikasinya.


1. Melihat Data Ketersediaan Kamar di Aplicare.

ketika teman-teman menjalankan aplikasi ini, aplikasi ini akan membuka data ketersediaan kamar yang sudah kita simpan di aplikasi aplicare.







2. Tambah Kamar

Tambah kamar digunakan untuk memasukkan data kamar kosong pertama kali ke aplikasi Aplicare. Tampilannya seperti berikut:



  • Kelas ruangan sudah sesuai dengan mapping aplicare BPJS ya, jadi pilihannya cuma itu saja.
    Kode ruangan dimasukkan sesuai dengan yang kita mau
    Nama ruangan juga disesuaikan dengan nama ruangan yang ada di rumah sakit.
  • Kapasitas diisi jumlah kapasitas kamar
    Tersedia diisi jumlah kamar yang kosong
    TT Pria diisi jumlah TT pria yang kosong
    TT Wanita diisi jumlah TT wanita yang kosong
    TT Pria/Wanita diisi TT yang bisa diisi pria atau wanita. Contohnya ada ruangan yang pengisiannya fleksible. Diisiin langsung aja disini.

3. UBAH

Tombol ubah digunakan untuk mengubah data yang sudah kita masukkan, misalnya merubah jumlah tersedia dan TT

4. HAPUS

Tombol hapus digunakan jika kita mau menghapus data kamar. Pilih data kamarnya, kemudian klik hapus.






Fitur-fitur aplikasi bridging aplicare cuma segini, sederhana sekali ya? sederhana tetapi bisa menentukan kerja sama dengan BPJS, wkwkwkw.

Terima kasih sudah mampir, semoga source code ini bermanfaat untuk teman-teman.

untuk mendownload sourcenya klik link gdrive ya!

 gdrive

2 comments: