Widget HTML Atas

3 Penyedia Layanan Blogging Gratis Paling Hits Saat Ini

3 platform blogging paling populer


Blog adalah sebuah website yang berisi konten artikel atau postingan yang bisa berisi teks, gambar maupun link-link sesuai dengan tujuan dari pembuat blog. Urutan artikel dalam blog biasanya menggunakan urutan terbalik (postingan paling baru diurutan paling atas). Tulisan-tulisan di blog biasanya bebas diakses oleh semua pengguna internet tanpa batasan tertentu (membership dan sebagainya).
 
Sebenarnya blog bisa dibangun dengan menggunakan web statis saja. Namun tentu saja hal tersebut sangat merepotkan. Akan lebih mudah jika kita menggunakan platfor web blog yang sudah ada. Sehingga kita bisa hanya berfokus pada konten saja. Kita tidak dipusingkan dengan penataan halaman, pembuatan menu, link dan sebagainya. 

Saat ini ada banyak sekali platform yang bisa kita gunakan sebagai sarana memuat blog. Namun aku memilihkan 2 penyedia layanan blog yang saat ini paling banyak dipakai adalah:

Blogger

Blogger memiliki sejarah yang panjang dengan dunia blog. Meski istilah blog sudah ada sebelumnya, namun nama "Blogger" membuatnya makin dikenal masyarakat luas. layanan Blogger dibuat oleh pyra labs pada tahun 1999. Pyra labs digawangi oleh Evan Williams dan Meg Hourihan. Saat itu blogger menyediakan fungsi-fungsi standart untuk membuat sebuah weblog.
Pada tahun 2003,  Google mengakuisisi pyra labs dan menjadikan blogger menjadi lebih populer dibanding sebelumnya. 

Fitur utama dari blogger menurutku adalah gratis dan templatenya bisa di kustom. Selain itu blogger juga bisa dipasangi domain lain, Contohnya blogku ini. Aku juga menggunakan blogger, namun aku memasangkan domainku ke bloggerku. Untuk memasangkan domain ini kita tidak memerlukan biaya tambahan selain sewa domain. 

Kelebihan: 
1. Gratis
2. Bisa dipasangkan dengan domain pribadi dan gratis
3. Space unlimited
4. Bisa dipasangi tema lain selain tema yang disediakan blogger.com
5. Tidak support plugins seperti wordpress self hosted

kekurangan: 
1. Fungsional blogger sangat terbatas pada aktifitas blogging saja. Blogger adalah platform blog berbasis layanan internet, sehingga kita tidak bebas memodifikasi atau menambah fungsionalitas dari blogger.
2. Interface sederhana
3. Kurang ramah SEO
4. Meski bisa dipasangi tema selain tema dari blogspot, namun penggunaan tema agak rumit.

Worpress 

Wordpress dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sebelum membuat wordpress mereka adalah pengguna software b2/cafeblog. Sayangnya mereka menemui kenyataan pahit. Michel Valdrighi pembuat b2/cafeblog sudah lama tidak mengupdate aplikasi itu. Untunglah b2/cafeblog berlisensi GPL alias open source. Karena kecintaan mereka pada mesin blog tersebut. Mereka berdua meneruskan pengembangan b2/cafeblog dengan nama Wordpress. 

Pada dasarnya Wordpress adalah software blog yang bebas kita unduh, gunakan atau kita kembangkan. Berbeda dengan blogger yang berbasis layanan. 

Namun untuk menggunakan wordpress, kita harus menyewa domain dan hosting. Sehingga secara pengeluaran, menggunakan platform wordpress lebih mahal dari blogger.
 
Namun saat ini wordpress menyediakan blog berbasis layanan seperti halnya blogger. Sehingga kita tidak perlu repot menyewa domain dan hosting seperti dulu.

Berbeda dengan blogger yang terkesan apa adanya. Aktifitas blogging di wordpress terasa lebih menyenangkan. Karena platform Wordpress sendiri sampai sekarang masih terus dikembangkan. 

Kelebihan:
1. Gratis
2. Interface lebih bagus.

Kekurangan:
1. Space terbatas, versi gratis hanya 3 GB
2. Template terbatas, hanya bisa dipasang yang disediakan oleh wordpress.com
3. Tidak bisa dipasangi plugin seperti wordpress self hosted.
4, Untuk memasang domain sendiri ke blog kita di wordpress.com butuh biaya tambahan.

MEDIUM

Blogger dan Wordpress adalah platform web blog yang berfokus pada situs blog. Medium bekerja dengan cara yang berbeda. Medium berfokus pada  berbagi artikel. Kamu tidak akan melihat tool-tool pemeliharaan web seperti yang kamu lihat pada Blogger dan Wordpress. 

Medium adalah tempat berbagi cerita. Jika pada dashboard blogger dan wordpress kamu disuguhi berbagai hal tentang web blogmu, Di Medium kamu disuguhi topik-topik yang sesuai dengan hal-hal yang kamu sukai atau yang lagi ngetrend di Medium. 



Demikian perbandingan wordpress, blogger dan medium (menurutku). Karena aku adalah blogger yang menyukai web yang bisa dikustomisasi. Medium bukanlah pilihan utamaku. Jadi untuk platform yang aku suka hanya dua, yaitu Blogger dan Wordpress. Terutama kustomisasi dan ketersediaan tema/theme untuk blog.
Sebenarnya tema-tema yang disediakan wordpress.com lebih bagus dan beragam. Namun sayang, untuk wordpress versi gratis hanya beberapa item saja yang bisa dikustomisasi. Apalagi ada biaya tambahan bila kita ingin memasang  domain lain di wordpress.com. 
Sebagai blogger amatir hal ini cukup memberatkan. Oleh karena itu sampai sekarang aku masih bertahan menggunakan blogger.





39 comments for "3 Penyedia Layanan Blogging Gratis Paling Hits Saat Ini"

  1. Wahh harus banyak belajar dan belajar lagi saya... Benar-benar pemula dalam blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, btw sebenarnya platform blogging itu pilihan, sebagai blogger pemula (aku juga) kita konsen ke membuat tulisan-tulisan dulu

      Delete
  2. Medium lebih simple fokus ke artikelnya ya. Cuma aku juga masih bingung makenya hihi.. jadi udah install tapi ga nulis2 disana hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, aku juga masih belajar. teks editornya hampir seperti wordpress versi 5 keatas, tetapi lebih sederhana.

      Delete
  3. Medium ini ada versi Indonesianya gak? Saya instal isinya artikel Inggrisan semua 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mbak, aku sering membaca artikel pemrograman disitu. bagus-bagus

      Delete
  4. tapi sepertinya kalau untuk pemula lebih enak blogspot kah? Saya sering dibilangin gini soalnya dulu makanya jadi tim blogspot skrng hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya wordpress juga mudah mbak, tapi karena untuk membuat blog yang terlihat profesional dengan wordpress (misalnya memasang top level domain, menambah plugins dll) modalnya nggak sedikit. Mending belajar blogspot saja. Seperti aku yang masih bertahan di blogspot.

      Delete
  5. Setelah ngeblog aku baru sadar, kalau blog itu gag cuma sekedar tempat menulis aja
    Harus diopeni tetek bwngeknya mulai tampilan, SEO, trafik, dll... Huhu masih harus banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mbak, tetek bengeke banyak banget. Khusus SEO kalau mau diikuti perkembangannya nggak ada habisnya, soalnya algoritma google sering berubah

      Delete
  6. Replies
    1. sebenarnya sudah lama, tapi sepertinya blogger Indonesia jarang yang menggunakan. Soalnya yang bisa di kustomize sangat sedikit

      Delete
  7. Iya, di medium banyak banget artikel2 bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, artikel-artikel pemrograman komputer berbahasa Indonesia disana juga bagus-bagus. Aku suka baca-baca artikel pemrograman komputer di medium

      Delete
  8. Ilmu baru :v
    Makasih, Kak, ilmunya

    ReplyDelete
  9. Mantap, baru tau sejarah nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak, kapan-kapan aku buat artikel lain khusus perkembangan wordpress deh

      Delete
  10. Sejak dulu awal ngeblog saya selalu pakai wordpress sih. Nggak pernah tahu kelebihan dan kekurangannya. Jadi jatuhnya lebih mahal wordpress ya kalau mau sewa domain sama hosting.
    Makasih, Kak, informatif banget artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Tapi wordpress self hosted (sewa domain dan hosting sendiri) tetap lebih murah daripada wordpress bisnis (yang bisa diinstalli plugins) di wordpress.com. Kabarnya estimasi SEO di wordpress lebih bagus daripada blogspot. Karena ada banyak plugins yang bisa mengoptimasi SEO.

      Delete
  11. Pilihan template wordpress.com juga terbatas kok, gitu2 aja. Kecuali wp self hosted memang cakep2. Nggak asyiknya lagi kalau pakai wp.com nggak bisa diinstali google analytics, susah buat yang mau go pro tapi terbatas biaya.

    Soal kenyamanan masih asyik wp self hosted... tapi jujur semakin banyak orang nyuruh migrasi, aku malah jadi pengen belajar ngutak-atik blogspot wkwkkw. Tema di blogspot susah? Nggak juga.. banyak pembuat template blogger yang baik dan kece kok sekarang, sebut saja Sugeng yang bikin template ini atau mbak Igniel yang bikin template blogku, hehe.

    Kualitas SEO nya pun cukup oke kok :)

    Sama kaya kamera... platform blog buatku hanya alat. Teknik ngeblog dll nya tergantung orang di belakang blognya, mau terus belajar dan update wawasan atau terjebak dengan platform yang katanya gitu2 aja.. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo dikritik sama pengguna Blogger ini, semoga ga berlanjut cakar2an pas di rumah ya.

      Delete
    2. Iya cint, tema yang disediain blogspot sekarang sudah lumayan banyak kok ya hehe. Satu-satunya cara mengoptimasi SEO di blogspot ya lewat tulisan dan tema web/theme. Ntar kapan-kapan nyobain deh, porting tema wordpress yang SEO friendly ke versi blogspot

      Delete
    3. nggak cakar-cakaran kok mas Teguh, Wordpress memang lebih powerfull untuk SEO, blogspot bisa sih. Tapi butuh perjuangan.

      Delete
  12. Punten, thumbnail emang pake gambar 2 hits ya? Sempat bingung antara judul dan thumbnail tadi. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, salah gambar, nanti aku perbaiki. Terima kasih koreksinya

      Delete
  13. Tau nya blog sama wp... Dasar aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem kakak, aku baru tahu waktu temanku bilang mau share tutorial js-nya dia. Katanya mau ditulis di Medium. Soalnya Medium memang nggak ribet sih.

      Delete
  14. oooo .... baru tahu ada lain dari blog selain blogger... ok dech kapan-kapan mencoba

    ReplyDelete
  15. waaah informatif, terimakasih ka

    ReplyDelete
  16. baca ini malah jadi penasaran pengen nyoba pake medium deh hahaha. semangat terus pakkk

    ReplyDelete
  17. Kakak sudah berapa lama ngeblogging dengan blogspot?
    Kalau baca artikelnya, pernah pakai wordpress juga ya.
    Lebih prefer yang mana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. geblognya baru kak, tapi aku sudah lama pakai wordpress self hosted untuk membuat website. Wordpress bisa dipakai untuk membuat apa saja, bikin web profile, sosmed, toko online, landing page dll

      Delete
  18. gimana caranya masang domain ke blog Kak? hehe, ku masih awam banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli domain dulu mbak, nanti bisa disetting di dari dns manajernya, mbak bisa minta bantuan admin hostingnya. Beda hosting kadang beda interface dns managernya. Kalau masih bingung feel free to ask saja mbak. Insyaallah aku bantu

      Delete

Post a Comment