3 Tempat Wisata Edukasi Semarang



Object wisata edukasi di Semarang bisa ditemukan dengan mudah. Karena Semarang adalah sebuah kota yang sangat besar, lebih besar dari kota Salatiga yang ada ditengahnya. Sebagai kota besar. Semarang memiliki banyak sekali tempat wisata. Kontur kota semarang memang bagus. Ada sisi bawah dan sisi atas. Sisi bawah adalah kota Semarang, sedangkan sisi atas adalah kabupaten Semarang. Semarang memiliki daerah gunung dan pantai, juga dataran rendah yang terhampar diantaranya. 
Dari sekian banyak tempat wisata edukasi di Semarang, aku memilih 3 tempat wisata edukasi yang sering aku kunjungi.
3 tempat wisata edukasi ini  berada di Ungaran, kabupaten Semarang Jawa Tengah. Kabupaten Semarang adalah wilayah semarang bagian atas yang memiliki kontur pegunungan Sehingga udara disana bersih dan sejuk. Selain itu aku suka dengan pemandangan khas pegunungan bukit dan hutannya yang hijau, juga sawah dan ladang.
Alasanku memilih 3 tempat wisata edukasi ini karena letaknya berdekatan dan satu arah. Istilahnya sekali dayung 3 pulau terlampaui, sekali jalan-jalan, 3 tempat wisata terlewati. 

 1. Nissin Resto dan Museum

Di Ungaran ada pabrik biskuit yang cukup legendaris. Kalian mungkin pernah mendengar kata ini "Siapalah aku, aku hanyalah serpihan rengginang di kaleng Khong Guan". Di Ungaran memang banyak penjual rengginang. Tapi kita tidak sedang membicarakan pabrik rengginang. 
Nissin cafe & emporium

Tujuan wisata pertama kita adalah museum Nissin. Ketika kita masuk gerbang Nissin cafe & emporium. Yang pertama kita lihat adalah Cafe. Lalu dimanakah musiumnya? Musiumnya ada dibelakang cafe nissin. Untuk ke museum, kamu bisa lewat cafe. Tapi saranku, jangan masuk lewat kafenya. Kamu bisa lewat lorong kecil disebelah kafe. Di antara kafe dengan museum. terdapat spot-spot photo yang disediakan panitia, eh disediakan nissin. Selain menyediakan poster-poster untuk background photo. Nisin sudah menyediakan spot tempat mengambil photo. Spot mengambil photo sangat berguna buat photographer amatir sepertiku.

Museum Nissin

Bangunan museum Nissin terdiri dari 3 lantai. Namun yang digunakan sebagai museum hanya 2 lantai. Yaitu lantai 1 dan 2, kemudian di lantai 3 ada resto Nissin.
Di lantai 1 kamu akan melihat sebuah mesin biskuit yang besar sekali. ada 3 mesinyang dipamerkan. kalau kamu beruntung, di depan pintu masuk kamu akan ketemu mbak-mbak customer service, kamu bisa minta brosur paket wisata edukasi di nissin. 
Museum Nissin Lantai 1

For your information, Nissin selain membuka museum, juga menerima wisata edukasi untuk rombongan. Kamu bisa melihat proses produksi biskuit dari dekat. Kebetulan anakku pernah ikut paket wisata ini sewaktu dia masih di taman kanak-kanak. Sayangnya waktu aku bertanya kepadanya, 
"Gimana disana fa, bagus nggak, kamu melihat apa saja?"
 "air mancurnya bagus yah, aku suka", jawabnya. 
Duh, padahal aku bertanya tentang suasana pabriknya, eh dia malah tertarik sama air mancur diluar pabrik.
Naik ke lantai 2, kamu akan disambut diorama yang menggambarkan proses produksi biskuit dari mesin adonan sampai dipanggang. Selain itu juga ada informasi komposisi dan bahan-bahan biskuit dan juga proses produksinya. Selain diorama proses produksi. Ada juga bahan-bahan untuk membuat biskuit dan cara memasak biskuit. Mungkin kamu bertanya-tanya, biskuit itu dipanggang atau digoreng?
museum-nissin-lantai 2


Apakah selama ini kamu juga bertanya-tanya, dimanakah bapak khong guan? disini kamu bisa menemukan jawabannya.

Toko Biskuit

Nisin adalah pabrik biskuit ternama, produk-produknya sampai saat ini adalah selalu masuk di top 10 biskuit lebaran. Contohnya khong guan, Nissin wafer dan Monde. Selain 3 produk itu, Nissin juga memiliki banyak produk lainnya. Mumpung masih di pabriknya, sekalian saja borong biskuit-biskuit hasil produksi Nissin. Soalnya disini banyak biskuit  yang jarang kita lihat di toko cak lontong ataupun supermini.

2. Cimory On Valley

Cimory on valley adalah peternakan dan pabrik susu milik perusahaan Cimory. Cimory on valley terletak di Jl. Sukarno-Hata KM 30 Kabupaten Semarang.
di Cimory terdapat banyak sekali tempat photo instagramable. Kalian para insta people pasti senang dengan tempat ini.
Cimory on valley

Setelah masuk ke gerbang utama, diloket kalian akan diminta wahana yang akan kamu tuju. Cimory memiliki 2 wahana, Mini Zoo dan Mini Mania. Kamu bisa memilih ke salah satu atau mungkin kedua-duanya.

Cimory Mini Zoo

Aku sekeluarga sangat suka berwisata ketempat ini. Koleksi hewannya semakin hari semakin lengkap. Kami termasuk pelanggan setia, dari awal cimory buka pada tahun 2013 sampai sekarang. Boleh dibilang kami melihat perkembangan mini zoo Cimory yang semakin bagus dan baik. Selain penataan tempatnya yang bagus dan rapi. Mini zoo memiliki banyak spot photo dan istirahat yang instagramable. Hewan-hewan disana terawat, bersih dan wangi (hanya asumsi).
koleksi domba di cimory

Meskipun tidak banyak, namun koleksi hewan di Cimory Mini Zoo lebih unik dari koleksi hewan di kebun binatang kota Semarang. Salah satu yang membuatku senang adalah, disini aku ketemu unta (smile face). 
Sudah lama aku ingin menunjukkan unta ke Ifa dan Affan.  
Selain unta, juga ada domba dan kambing, rusa dan burungnya unta alias burung onta.
Dombanya lucu-lucu, warnanya putih, bulunya tebal. Mereka suka berkerumun, lalu mengejar orang yang membawa wortel. 
Wortel? 
Wait, mereka domba atau kelinci ya? Mungkinkah mereka kelinci berbulu domba?
Tidak lengkap rasanya datang ke Cimory tanpa melihat sapi. Sapi yang ada di Cimory farm adalah sapi import. Terlihat dari warnanya yang seperti sapi di kemasan susu bendera.  Kalau kamu berani, kamu boleh kok belajar memeras susu disini. 
Sebenarnya koleksi hewannya sangat banyak, tapi sengaja nggak aku sebutkan semua, ntar dikira spoiler. kalau tertarik langsung saja kesini. 

Mini Mania

Sebenarnya aku masuk ke mini mania baru sekali, pas pembukaan pertama beberapa tahun yang lalu. Bagus sih. Terdapat landscape bangunan-bangunan terkenal di dunia. Kamu bisa berkelana keliling dunia hanya dalam waktu 30 menit. Cukup 30 menit saja karena disini panas sekali. 30 menit sudah membuatmu kepanasan. Mungkin karena tempatnya masih baru. Pohonnya masih kecil-kecil. 
mini-mania-cimory


Restoran

Disini juga ada restoran cimory. Suasananya cozy, restoran in konsepnya tempat terbuka. Dari restoran kamu bisa melihat hamparan kebun binatang beserta para pengunjung dan hewan-hewannya.
Cimory On Valley Resto

Menu-menu direstoran ini sangat lengkap. Ada menu western maupun asia tersedia disini.  Kata temanku yang pernah mampir di restoran ini, katanya makanannya enak-enak. Kalau aku, no comment, belum pernah makan disini.

Toko Coklat dan Souvenir

Tak lengkap rasanya berwisata tanpa membeli oleh-oleh. Pusat oleh-oleh Cimory sangat lengkap. Ada marchendise khas cimory, seperti boneka sapi cimory, tempat tisu motif sapi cimory, sandal sapi cimory dan lain sebagainya. Sayang tidak ada kulkas khas cimory.
Toko souvenir dan aneka produk cimory

Selain marchendise, juga ada produk-produk susu dan turunannya. Susu segar aneka rasa dan yoghurt cimory yang terkenal enak bisa kamu dapatkan disini. Sekedar informasi. Susu hasil produksi cimory semarang rasanya lebih enak dari susu cimory bogor. Sayangnya susu botol cimory tidak ada di semarang. Di Semarang yang ada malah susu cimory bogor. Jadi kalau kecimory, aku selalu beli susunya. Pernah juga kesini cuma pengen beli susu. Niat banget ya diriku.
Cimory juga memproduksi coklat dengan brand mereka sendiri, yaitu chocomory. Chocomory hanya bisa ditemui di Cimory. Buat kamu yang suka banget sama coklat homemade, kamu mesti coba varian produk chocomory.
Toko Coklat Chocomory

3. Hortimart

Hortimart adalah restoran yang menyediakan makanan vegeratian. Sesuai dengan namanya yaitu Horti = tanaman (maaf ngawur) dan mart berarti pasar. Hortimart berarti pasar tanaman. 
Hortimart

Selain restoran, disini memang menjual bibit tanaman dan buah-buahan. Buah-buahan dan bibit yang dijual disini bermutu mutu tinggi. Semua karena cinta tulus para petani disini.

Kebun Wisata

Kebun wisata di hortimart tertutup untuk umum, Namun kamu bisa naik mobil wisata mengelilingi perkebunan. Didalam kereta, selain ada pak kusir, eh pak sopir. Juga ada pemandu wisata yang akan menerangkan tentang sejarah  hortimart dan koleksi-koleksi tanamannya. 
Kereta Wisata Hortimart

Koleksi buah-buahan di kebun Hortimart sangat lengkap. Bahkan banyak varietasnya. Ibu pemandu dengan sabar menjelaskan setiap nama tanaman, varietas dan tempat asal tanaman. Tour ini sangat bagus untuk putra putri kita, terutama masyarakat perkotaan. Untuk membuat mereka mengenal tanaman dari dekat. 

Toko Pertanian

Hortimart adalah tempat wisata yang memfokuskan diri pada pertanian. kamu bisa membeli alat-alat pertanian, pupuk, perangsang pertumbuhan dan bibit disini. Bibit-bibitnya sangat lengkap. di Depan kasir kamu bisa mendapati katalog bibit disitu. Kamu bisa memilih bibit yang kamu mau. Harganya juga tidak terlalu mahal.
Toko bibit dan alat pertanian hortimart

Selain bibit, juga tersedia pupuk dan alat-alat pertanian seperti sekop, pot dan lain sebagainya. Tapi kamu jangan mencari traktor disini ya.

Pasar Buah

Selain Toko Pertanian, ada juga pasar buah hasil dari perkebunan Hortimart. Buah-buahnya sangat lengkap, selengkap kebunnya. Hortimart merawat tanamannya dengan konsep organik Tidak heran buah-buahan disini warnanya bagus dan rasanya segar tanpa bahan pewarna dan pemanis buatan.
Toko buah Hortimart Semarang

Yang paling istriku suka disini adalah koleksi buah duriannya yang sangat banyak. Ada durian musanking, petruk, arjuna dan sebagainya. Tapi yang paling dia tidak suka disini adalah, aku tidak pernah membelikannya durian.
durian-hortimart


Restoran

Meski aku tidak membelikannya durian, tapi aku selalu mengajaknya makan direstoran Hortimart. Menurut kami, masakannya enak. Dan yang pasti lebih sehat. Karena terbuat dari bahan-bahan organik yang dirawat dengan sepenuh hati. Selain itu disini ada makanan yang sudah jarang kami temukan di daerah kami. 


Restoran ini jendelanya menghadap ke gunung. Sungguh tempat yang romantis untuk memadu kasih.

Tips berwisata di masa pandemi

Pandemi covid-19 yang menyerang dunia memaksa kita berdiam diri dirumah selama beberapa waktu. Sampai saat ini keberadaan virus ini masih menjadi kontroversi. Ada yang percaya, tetapi banyak juga yang tidak percaya.
Yang paling penting dalam melawan corona adalah, pelajari musuhmu. Pelajari penyebaran corona. lalu persiapkan protokol kesehatan dan protokol lain yang bisa meminimalisir peyebaran corona.
Trik wisataku dimusim pandemi adalah sebagai berikut:
1. Tempat Wisata Yang Dituju Menerapkan Protokol Kesehatan.
Cari informasi tentang penerapan protokol kesehatan ditempat wisata yang akan dituju. Selama pandemi, pemerintah menerapkan aturan new normal di Indonesia. Nah, pastikan tempat wisata yang kita tuju menerapkan aturan new normal.
2. Pilih Tempat Wisata Yang Tidak Terlalu Ramai
Salah satu penyebarang corona adalah di kerumunan. Selain mencari tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan, tips kedua adalah cari tempat wisata yang pengunjungnya sedikit/tidak terlalu banyak.
3. Berangkat Lebih Pagi
Dengan berangkat lebih pagi maka kesempatan kita menghindari kerumunan lebih besar.
4. Menerapkan Protokol Kesehatan
Seluruh anggota keluarga wajib menggunakan masker. Masker bukan hanya melindungi kita. Namun juga melindungi orang lain. "Maskermu melindungiku".
5. Membawa Hand Sanitizer
Hand Sanitizer wajib dibawa. Apalagi Affan sering megang-megang barang asing atau barang-barnag didekatnya. Mataku selalu tertuju padanya. Setiap dia memegang benda asing, misalnya pagar. Tangannya langsung di semprot.
6. Tidak Berkerumun
Namanya juga tempat wisata. Tentunya ada banyak orang disana. Ayah harus menjaga keluarganya untuk tidak berkerumun dengan rombongan lain. Dan tugas ayah juga mencari tempat untuk berkumpul jauh dari kerumunan lainnya.
7. Jika Beristirahat. Pastikan Tetap Berada Di safety zone
Jika kita memutuskan beristirahat. Maka ayah harus mencarikan safety zone yang berada jauh dari kerumunan lain. Jika ada yang membutuhkan  bantuan dan jauh dari safety zone. Maka ayah yag harus keluar dari safety zone. Anggota keluarga lain tetap berada di safety zone.
Tips-tips ini mungkin terkesan repot. Namun tips-tips ini hanyalah cara meminimalisir resiko tertular covid-19.  Jadi tetap keep safety ya gaess

Sekian 3 tempat wisata edukasi yang sering aku dan keluargaku kunjungi. Dan juga jangan lupa tips-tips meminimalisir resiko tertular covid-19 di tempat wisata. Jika kamu sedang dalam perjalanan ke Semarang, atau melintasi jalur Solo-Semarang atau Semarang-Solo. Jangan lewatkan tempat-tempat wisata ini.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog "Wisata Kabupaten Semarang Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru"


12 comments for "3 Tempat Wisata Edukasi Semarang"

  1. Jadi kangen ke Hortimart.. besok Minggu ke sana yuk... Pengen tiwul.. hehe.

    ReplyDelete
  2. wah dalam amsa corona gini jalan2 kudu dihidanri dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok bu, Corona memang berbahaya, tapi jangan terlalu takut. Pahami cara penyebarannya dan kita lakukan tindakan preventif sesuai protokol kesehatan.
      1. Pilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai atau tempatnya luas.
      2. Pakai masker (wajib banget)
      3. Bawa hand sanityzer di kantong
      4. Berangkat lebih pagi, seperti pas ke Cimory. Cimory buka jam 9 pagi. Jam 9 pagi aku harus sudah disana.
      5. Tidak berkerumun dengan selain keluarga.
      6. Kalau butuh apa-apa bapaknya yang berangkat. Anak sama istri berada di safety zone. Si ayah setelah berinteraksi dengan orang lain, pakai hand sanityzer.

      ribet ya? mau gimana lagi, memang kita sedang new normal

      Delete
  3. oh aku baru tau klo nissin itu ada museumnya
    pas lewat depannya baunya harum banget pingin masuk tapi gimana
    eh ternyata bisa
    makasih banyak mas infonya aku suka ke semarang klo ke sana lagi tak ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, hayuk dolan semarang. lewat nisin memang bikin baper. Sekalian saja mampir beli snack-snack yang jarang ada di pasaran

      Delete
  4. Wah tambah banyak ya pak tempat wisata di semarang, udah lama ga ke semarang. Oiya, jadi bapak khong guan ke mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, terutama kabupaten Semarang. Bapaknya khong guan yang moto bu, makanya nggak kelihatan

      Delete
  5. Replies
    1. Insyaallah mas, asal tetap menjalankan protokol kesehatan. Waktu ke cimory kemarin ada polisi yang sidak. Karyawan cimory juga selalu mengingatkan pengunjung yang lepas masker

      Delete
  6. Seru nih wisatanya sambil dapat ilmu buat anak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, apalagi kalau family gathering ya hehe

      Delete

Post a Comment