Widget HTML Atas

5 Cara Memilah Informasi dari Internet

5 Cara Memilah Informasi dari Internet


Memilah informasi dari internet sangatlah penting. Ibaratnya, internet adalah tanah tak bertuan. Tak ada aturan disini, semua bebas berbicara. Jika kita tidak memilah informasi, bisa jadi informasi yang seharusnya berguna bagi kita justru berbalik arah menjadi informasi yang tidak berguna. Karena itu biasakanlah untuk memilah informasi supaya informasi dapat berguna.

Memilah informasi juga menghindarkan kita dari sasaran hoaks. Minimnya pengawasan di internet menjadikan internet sarana menyebarkan informasi yang sangat aman. Kita bebas membuat akun anonymous dan menyebarkan informasi sekehendak kita. Jika tidak hati-hati. Kita bisa saja termakan berita hoaks, berita yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Imbasnya, kita akan ikut andil menyebarkan hoaks, mengikuti dan mempercayai berita hoaks tersebut karena kita tidak tahu kalau berita itu adalah berita hoaks. 

Oleh karena itu, supaya kita tidak menjadi korban berita hoaks, 5 cara memilah informasi ini mungkin akan berguna untukmu:

Pilih Berita Sesuai Kebutuhan

Sejak dikembangkannya smartphone, membuat akses informasi sangat mudah. Kita tidak perlu mendatangi situs-situs berita, namun informasi bisa mendatangi kita melalui lama news di browser maupun sosial media maupun group chatting. Karena itu kita harus bisa memilih informasi. Ambil informasi yang kamu butuhkan saja, jika tidak membutuhkan. 

Baca Berita Dengan Lengkap, Jangan Judulnya Saja

Don't judge from the cover. Jangan hanya melihat kecantikan wanita dari suaminya. Membaca berita secara utuh wajib dilakukan. Jangan hanya membaca judulnya saja. Apalagi situs-situs berita seringkali membuat judul yang click bait alias bombastis. Bisa jadi antara isi dan berita bertentangan dengan judulnya, atau judulnya terlalu lebay.

Mengambil Informasi Dari Sumber terpercaya

Sebuah informasi yang baik bukan hanya benar informasinya, tetapi juga valid sumbernya. Kita wajib mengetahui dari mana sumber informasi tersebut. Infoemasi yang benar namun sumbernya tidak valid bisa jadi merupakan informasi yang sengaja disebarkan untuk kepentingan tertentu. 

Untuk mengetahui apakah sumber tersebut terpercaya, salah satunya adalah dengan mengetahui keabsahan si penyebar informasi. Misalnya saja pemerintah, koran dan sebagainya.

Memilih Lebih Dari Satu Sumber Informasi

Salah satu cara mengetahui keabsahan suatu berita/informasi adalah dengan mengambil lebih dari satu sumber informasi. Namun sumber-sumber informasi tersebut haruslah sumber yang valid. 

Dengan membandingkan antara satu sumber dengan sumber yang lainnya. Kita akan memperoleh informasi yang lebih lengkap. Selain itu juga bisa menilai sumber informasi yang menyuguhkan informasi yang benar dan sumber informasi salah. 

Berfikir Kritis

Manusia diberi anugrah kemampuan berfikir lebih besar dari ciptaan Tuhan lainnya. Oleh karena itu kita juga harus berfikir kritis ketika menerima sebuah informasi. Setelah kita menerima informasi, maka informasi tersebut harus kita analisa, jika kita temukan kejanggalan terhadap informasi tersebut. Kita bisa mencari sumber-sumber informasi lain sebagai pembanding. Selain itu kita  juga bisa menggunakan ilmu yang kita miliki untuk menelaah informasi tersebut. 


Internet adalah rumah tanpa batas. Pemerintah sudah berusaha keras untuk meredam informasi-informasi yang tidak baik melalui peraturan-peraturan maupun filter yang dijalankan di sistem pengendali internet di Indonesia. Namun tidak semua informasi bisa terfilter oleh pemerintah. Karena pada dasarnya Internet adalah dunia tanpa identitas, tanpa aturan. Semua orang berhak membuat aturan sendiri dan membuat identitas sendiri. 

Di Internet semua orang bebas beropini dan menyebarkan Informasi. Kita juga bebas mendapatkan informasi. Namun tidak semua informasi berguna dan baik. Berguna saja tidak cukup. Sebuah informasi juga harus baik. Karena kadang ada informasi yang dibuat untuk menyesatkan. Kita tidak pernah tahu jika kita tidak mencari tahu. Kita tidak akan mengerti karema kita hanya berfokus pada informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan keinginan kita.

Oleh karena itu perlunya meningkatkan literasi digital supaya kita terhindar dari informasi-informasi yang tidak baik. 


29 comments for "5 Cara Memilah Informasi dari Internet"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. setuju mas sama yg part "jangan baca berita dari judulnya saja", karena sekarang terkadang isi berita suka gak relevan sama judulnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka gemes kalau ada yang share artikel yang judul sama isinya beda

      Delete
  3. Sangat informatif. Memang harus selektif dengan informasi dari internet. Saring sebelum sharing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, apalagi masalah covid. Hoaxnya meyakinkan

      Delete
  4. Waaaa tipsnya jadi pegangan banget niiii.

    "Internet adalah tanah tak bertuan" dibuka dengan renyah dan dieksekusi dengan indah.

    Sukses terus Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, tidak ada tuan takur, semua bebas beropini

      Delete
  5. Setuju banget, Kak, kalau kita harus berpikir kritis saat mencerna informasi. Kebanyakan orang pada langsung bagiin informasi ke mana-mana. Padahal belum tentu kebenaran informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, jangan sampai kita menjadi korban hoax berjamaah

      Delete
  6. Harus selalu diingat nih tipsnya, kadang² banyak orang menulis judul berbeda 180° dengan isi di dalamnya, bikin salah pahaamm hahaa

    ReplyDelete
  7. Sangat setuju, Kak. Tulisannya rapi.

    Oh, ya. Anugerah bukan anugrah dan berpikir bukan berfikir, Kak. Sukses selalu. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak. Terima kasih koreksinya kak. Alhamdulilah, salah satu tujuan ikut odop untuk memperbaiki tulisan

      Delete
  8. Sepatu kak. Alias sepakat Dan setuju, makasih remindernya

    ReplyDelete
  9. Aku suka baca cerita dari judulnha aja.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang cara kerja otak gini, dan di ilmu copywriting dimanfaatkan untuk ambil atensi, harapannya untuk mau baca lebih

      Delete
    2. Judul biasanya menggambarkan isi. Tapi sekarang sedang masa luar biasa

      Delete
  10. Aku setuju mase, jangan membaca berita hanya dari judulnya aja.. .Aku sering ketipu sekarang gak lagi, soale udah baca tulisan sampeyan 😁

    ReplyDelete
  11. Ilmu banget mas, mudah-mudahan bisa belajar mem-filter setiap informasi yang beredar di sekitar kita. then, suka banget dengan tampilan blog-nya, pengen banget belajar merapihkan tampilan blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kak Yolan, jangan sampai kita ikut menyebarkan hoax. Terima kasih kak, aku pakai template dari kak sugeng terus diinstalling oleh istriku

      Delete

Post a Comment