Widget HTML Atas

Kandungan Gizi Ikan Bandeng

Kandungan Gizi Ikan Bandeng

Ikan apa yang paling banyak kandungan omega 3nya? mayoritas orang yang ditanya mungkin akan menjawab Salmon. Salmon sangat terkenal dengan kandungan omega 3nya, dan juga mahalnya. Padahal ada lho ikan yang kandungan omega 3nya lebih tinggi, namun harganya lebih murah. 

Kasta Ikan Bandeng dan Ikan Salmon bagaikan langit dan bumi. Bagai Matahari dan Rembulan, Bagaikan Malaikat dan Manusia. Jika Salmon dijual ditempat-tempat berkelas, seperti Hypermart, Kafe, Restoran. Sedangkan Bandeng lebih banyak ditemui di warung-warung tradisional. 

Ikan Salmon memang terkenal dengan hidupnya yang keras. Bayangkan saja mereka lahir dihulu sungai, namun setelah beranjak dewasa mereka hidup di samudra. Ketika mereka akan bertelur. Mereka harus kembali lagi ke hulu sungai lagi. Sungguh hidup mereka ribet sekali. Tapi hebatnya mereka tidak pernah mengeluh. Mereka menjalaninya dengan ikhlas. Coba saja kalau yang ditakdirkan seperti itu adalah manusia. Mungkin banyak protesnya. 

Sama-sama hidup diantara dua air (air tawar dan air asin). Kehidupan ikan Bandeng tidak seberat ikan Salmon. Mereka hidup di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan gugusan terumbu koral. Setelah 2-3 minggu mereka akan pindah ke rawa-rawa hutan bakau berair payau atau danau-danau berair asin. Setelah dewasa mereka akan kembali ke laut. 

Mungkin kisah hidup antara ikan Salmon dan Bandeng yang berbeda menjadikan mereka beda kelas, beda rasa, beda harga. Tapi memilih makanan bukan hanya soal rasa. Ada hal penting yang menjadikan kita harus mengkonsumsi suatu makanan. Toh semua makanan yang kita makan akan masuk ke dalam perut dan terlupakan. Yang tersisa adalah zat gizi dalam makanan tersebut yang beredar dalam tubuh kita dan memberi manfaat padanya.

Tahukah kalian kandungan omega3 pada ikan Bandeng 6x lebih banyak dari ikan Salmon? Menurut penelitian Balai Pengembangan dan Penelitian Mutu Perikanan tahun 1996 menyebutkan bahwa kandungan omega3 pada ikan bandeng sebesar 14,2% sedangkan ikan Salmon sebesar 2,6 % saja. Omega 3 sangat penting bagi perkembangan tubuh. Asam Omega 3 merupakan lemak esensial, artinya lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Namun penting untuk melawan peradangan dan perkembangan otak. Asam omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan otak maupun kesehatan. 

Selain Asam Omega 3, ikan Bandeng juga kaya akan protein. Dilansir dari lifestyle.kompas.com, dalam 100 gram ikan Bandeng terdapat 20 gram protein, 4.8 gram lemak dan 123 kalori. 

Selain itu kandungan ikan Bandeng yang lain adalah:

  • Kalsium: 20 miligram (mg)
  • Fosfor: 150 mg 
  • Zat besi: 2 mg 
  • Natrium: 67 mg 
  • Kalium: 271,1 mg 
  • Vitamin A: 45 mikrogram (mcg)
  • Vitamin B1: 0,05 mg 
  • Vitamin B2: 0,2 mg
Selain daging ikan Bandeng. Tulang ikan Bandeng juga tak kalah bergizi, tulang ikan Bandeng mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang. Oleh karena itu aku sarankan kamu memasak ikan Bandeng dengan cara di presto. Dengan begitu kamu mendapatkan gizi dan manfaat yang besar dari ikan Bandeng.

Ternyata memenuhi kebutuhan gizi akan omega 3 tidak harus dengan membeli ikan yang mahal. Bandeng yang murah dan stoknya berlimpah memberikan nilai gizi yang lebih besar dari ikan Salmon yang mahal dan harus diimport dari luar negeri. 

Bagi beberapa orang, rasa ikan Salmon mungkin juara, tapi bagiku ikan Bandeng selalu dihati, Apalagi Bandeng presto Juwana, duh rasanya pas banget, gurih dan empuknya pas. Meski empuk, tapi dagingnya tidak hancur. Duh kok malah ngomongin makanan. 

Begitulah ceritaku tentang si Bandeng yang sangat bergizi. Seperti pesan pak Jokowi, cintailah produk Indonesia. Mari kita perbanyak mengkonsumsi ikan Bandeng.  




 

2 comments for "Kandungan Gizi Ikan Bandeng"

  1. Ya ampun bandeng presto enak banget. Jadi laper nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem, waktu menulis ini aku jadi ngidam bandeng presto

      Delete

Post a Comment