Widget HTML Atas

Perkembangan Microsoft Windows Desktop


Perkembangan Microsoft Windows Desktop sangat menarik untuk diikuti. Meskipun penuh kontroversi dan masalah, namun nyatanya Microsoft Windows tetap menjadi sistem operasi paling populer saat ini. Linux yang dikembangkan oleh komunitas open source dan memiliki lebih banyak pilihan desktop masih belum bisa menandingi kepopuleran Microsoft Windows.

Sebagai pemain lama di pasar Sistem Operasi yang keras, Microsoft Windows sudah terbukti mampu bertahan dari sekian banyak Sistem Operasi yang pernah ada. Bahkan, mungkin saja Microsoft Windows adalah satu-satunya Sistem Operasi berbayar universal yang sangat populer saat ini. 

MS-DOS

Sistem Operasi Microsoft Windows tidak bisa lepas dari sistem operasi ini. MS-DOS tidak dikembangkan dari awal oleh Microsoft. MSDOS dikembangkan pertama kali oleh perusahaan Pembuat komputer  Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson pada tahun 1980. Sistem operasi tersebut bernama QDOS. Sistem tersebut akhirnya dibeli oleh Microsoft. Bukan hanya sistem operasinya saja yang dibeli. Microsoft juga membeli lisensinya seharga 50.000 dolar. Selanjutnya Microsoft mengubahnya menjadi MS-DOS.

msdos-622

Saat IBM hendak mengeluarkan komputer pribadi yang bernama IBM-PC, Microsoft menjual lisensi MS-DOS ke IBM. Sehingga saat itu ada dua MS-DOS yang keluar, yaitu MS-DOS milik Microsoft dan IBM-PCDOS milik IBM.

Perkembangan MS-DOS cukup pesat dengan fitur-fitur yang diambil dari sistem operasi lain seperti Microsoft XENIX, DR-DOS dan juga sistem utilities lain seperti Norton Utilities milik Symantec, PC-Utilities dan lain sebagainya. 

Windows 1.0

Dirilis  pada tanggal  20 November 1985. Windows 1.0 adalah perluasan dari fungsi MS-DOS. Sistem operasi MS-DOS adalah sistem berbasis teks dan Windows 1.0 adalah GUI untuk MS-DOS. Pada versi ini windows hanya bisa terbuka di mode tile saja. Hanya satu window saja yang bisa terbuka.

windows 1.0

Windows 2.x

Windows 2.0 dirilis pertama kali pada tanggal 9 Desember 1987. Pada versi ini sudah ditambahkan fitur maximize dan minimize. Windows 2.0 masih tetap menggunakan arsitektur 16 bit.


Windows 3.x

Windows 3.x adalah masa keemasan Microsoft Windows saat itu. Meski masih menggunakan arsitektur 16 bit. Namun fitur-fiturnya sudah sangat lengkap pada masanya. Windows 3.x memberikan dukungan grafis yang bagus. Menggunakan siste icon pada desktopnya dan aplikasi-aplikasi pendukung termasuk aplikasi multimedia.

windows 3.1.1

Windows 95

Sistem operasi Microsoft Windows 95 adalah keseriusan Microsoft untuk membuat kernelnya sendiri. Windows 95 menggunakan kernel monolotic yang berjalan -+60%  tanpa DOS. Namun DOS masih digunakan sebagai booloader Windows. 

windows 95

Banyak orang menyangkal Windows 95 sebagai sistem operasi karena ketika booting Windows 95 masih menggunakan DOS. Sebenarnya DOS hanya digunakan untuk booting dan beberapa operasi saja. Selebihnya Windows 95 menggunakan sistemnya sendiri. Patut diingat, DOS adalah sistem 16 bit, sedangkan Windows 95 menggunakan arsitektur 32 bit. 

Jika Windows 95 bukanlah sistem operasi karena dia menggunakan DOS sebagai bootloader, bagaimana dengan machintos yang menggunakan Unix sebagai kernelnya, dan Unix adalah sistem operasi tertutup. By the way, Linux not Unix ya, jangan pernah menganggap Linux adalah Unix.

Pada Windows 95, Microsoft memperkenalkan Microsoft Office 1995, sebuah software office yang kelak akan populer hingga sekarang.

Windows 98

Pada tanggal 25 Juni 1998 Microsoft merilis Windows 98, sistem operasi ini adalah pembaruan dari Windows 95. Perubahan grafis yang lebih bagus dan penambahan fitur penyimpanan data/sharing file di jaringan  (network drive). Selain fitur diatas. Windows 98 memberikan tambahan dukungan pada AGP, USB, plug and play yang lebih baik, sistem berkas FAT32 dan internet explorer 4.0. 

windows 98


Windows 2000

Windows 2000 sejatinya menggunakan kernel yang berbeda dengan windows-windows sebelumnya. Windows 2000 menggunakan kernel Windows NT yang biasanya digunakan oleh Microsoft untuk sistem operasi server buatan mereka. Windows 2000 dirilis pada tanggal 17 Februari 2000. 

windows 2000


Windows 2000 memiliki banyak sekali penambahan fitur dibandingkan versi sebelumnya. Kernel baru juga membuat tampilan grafis Windows 2000 menjadi lebih bagus. Fitur-fitur yang diusung antara lain:

Active Direktory yang lebih baru, image preview, mesin grafis directX, Windows Media Player terintegrasi, Internet Explore terbaru (versi 5.0), Plug and Play yang lebih canggih, perbaruan sistem driver menggunakan Windows Driver Manager (WDM), dukungan manajemen daya yang lebih baik dengan ACPI (Advance Configuration and Power Interface) dan terminal service yang terintegrasi.

Windows ME

windows me


Windows ME menggunakan arsitektur yang sama dengan Windows 2000 dengan beberapa penambahan fitur-fitur sebagai berikut:

  • Akses terbatas untuk mempercepat boot time
  • Windows Media Player 7
  • Windows Movie Maker
  • System Restore
  • Internet Explorer 5.5
  • Compressed Folders sekarang mendukung file ZIP
  • Automatic Updates
  • On-Screen Keyboard
  • Image Preview
  • Windows Image Acquisition
  • USB Human Interface Device Class
  • Windows DVD Player
  • System File Protection
  • Games baru: Internet Checker, Internet Backgammon, Internet Spades, Internet Reversi, Internet Hearts, Spider Solitaire, dan Pinball
  • DirectX 7.1
  • Net Crawler
  • Mendukung UPnP
  • Dial-up Networking yang diperbarui
  • System Monitor yang diperbarui
  • Help and Support baru
  • IntelliPoint
  • Peningkatan dukungan aksesibilitas aktif di utilitas seperti Kalkulator dan Magnifier.

Windows XP

Windows XP dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001. Windows XP adalah pengembangan lebih lanjut untuk menggantikan Windows 2000 dan Windows ME. Kata XP mengandung arti Experience. Sistem Operasi ini memiliki antar muka yang benar-benar berbeda dengan sistem operasi windows sebelumnya.  Penjualan Windows ME tidak sebaik Windows 9x, sehingga microsoft bermaksud untuk menggabungkan keduanya.

windows xp

Windows XP adalah Windows terlaris dan terlama diantara seri-seri Windows sebelumnya. Aku termasuk pengguna Windows XP, bahkan meski Windows 7 sudah rilis pun aku tetap bertahan dengan Windows XP. Windows XP memiliki grafis dan dukungan multimedia yang bagus. Selain itu sistem operasi ini sangat stabil dan ringan dibanding sistem operasi sesudahnya. Tentunya hal ini terjadi sebelum negara api menyerang.

Windows Vista

Windows Vista bukanlah pengembangan dari Windows XP. Windows Vista adalah sistem operasi yang benar-benar baru. Windows Vista dikembangkan dari basis program Windows Server 2003 Release Candidate SP 1. Windows Vista memiliki ratusan pembaharuan fitur dari Windows XP.

Yang paling fenomenal saat itu adalah antar muka windows vista yang bernama AERO. Entah mengapa penjualan windows vista tidak semenarik Windows XP. Padahal secara grafis Windows Vista memiliki tampilan yang lebih bagus.

windows vista


Windows 7

Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 sebagai pengganti Windows Vista. 

Grafis antar muka Windows Vista AERO memang bagus, namun sangat berat. Windows 7 memperbaiki hal itu. Windows 7 memberikan grafis antar muka yang bagus namun tetap ringan. Windows 7 memiliki fitur update yang sangat banyak terutama jika dibandingkan dengan Windows XP.  Windows 7 adalah pengganti Windows Vista berdasarkan kekurangan-kekurangan Windows Vista. 

windows 7



Windows 8

Pada tanggal 26 Oktober 2016,  Microsoft melakukan perombakan total pada desain antarmuka untuk Windows 8. 

Microsoft memperkenalkan desain antar muka baru yang bernama "Metro". Desain kotak-kotak yang pernah mendunia ini sebenarnya cukup bagus dan sangat maksimal digunakan di tablet. Namun sayangnya Personal Computer bukanlah tablet. Selain itu keputusan Microsoft untuk menghilangkan start menu pada Windows 8 adalah keputusan yang sangat fatal. Penjualan Windows 8 terpuruk lebih buruk dari Windows 7.

windows 8

Meski begitu Windows 8 sebenarnya memiliki update fitur-fitur yang cukup banyak dan bagus. Misalnya Hybrid Boot, pembaruan system recovery, antar muka windows explorer, Lock Screen, Windows Defender dan lain sebagainya.

Windows 10

Windows 10 adalah versi terakhir dari Microsoft Windows. Bahkan Microsoft mengumumkan tidak akan membuat Windows versi lain lagi. Windows 10 adalah edisi pamungkas dari sistem operasi Microsoft Windows.

windows 10


Windows mengetahui banyak penggunanya tidak suka dengan tampilan grafis antar muka baru di Windows 8 dan banyaknya pengguna yang menyukai sistem menu tradisional Microsoft Windows. Sepertinya Microsoft  berniat mengkawinkan sistem menu tradisional di windows 9x dengan metro design di Windows 8. 

Hasilnya dapat kita lihat di tampilan antar muka Windows 10 yang menggunakan menu tradisional ala windows 9x namun designnya metro seperti windows 8.

Sistem operasi ini adalah sistem operasi Microsoft Windows terbaru dan terpopuler saat ini. Banyak sekali fitur-fitur tambahan. Dan Microsoft selalu memperbarui fitur-fiturnya.



 



 





 


2 comments for "Perkembangan Microsoft Windows Desktop"

  1. Jadi ingat zaman SMP dulu ngetik masih pakai wordstar atau apa ya... terus tampilan desktop ya masih jadul banget nggak kaya sekarang hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment