Widget HTML Atas

Hari Blogger Tanggal 27 Oktober, Bagaimana Merayakannya

Banner Hari Blogger

 

Hari Blogger Nasional dirayakan setiap tanggal 27 Oktober. Hari Blogger dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bapak Muhammad Nuh. Sebenarnya apa sih gunanya dicanangkan Hari Blogger, toh Hari Blogger tidak menambah jumlah jari libur nasional.

Hari Blogger sangat penting, pencanangan Hari Blogger membuat hari-hari kita semakin bermakna. Selain Hari Blogger ada juga Hari Santri, Hari Perempuan, Hari Ibu, Hari Ayah dan lain sebagainya. Bayangkan kalau setiap hari ada peringatan-peringatan tertentu. 

Pencanangan hari-hari khusus adalah bukti perhatian dan kecintaan pemerintah terhadap rakyat. Perhatian dan kecintaan pada rakyat tidak harus diberikan dalam bentuk subsidi. Tetapi juga pengakuan terhadap eksistensi mereka. 

Pencanangan Hari Blogger tentunya disertai harapan-harapan dari pemerintah terhadap para penggiat blog seperti diriku, kamu, dia , kita dan lain sebagainya. Sebagai pejuang literasi digital. Kita memiliki tanggung jawab yang besar dalam membuat konten yang bermanfaat bagi masyarakat. Betul begitu kawan?

Bagaimana Merayakan Hari Blogger

Tidak ada ritual khusus untuk memperingati Hari Blogger. Hari Blogger bukanlah hari besar. Tapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperingati Hari Blogger.

1. Memberi Selamat Kepada Teman-Teman Penggiat Blog

"Selamat hari Blogger," berikan ucapan penuh semangat pada teman-temanmu sesama blogger. Bukan  hanya kesedihan dan keharuan saja yang bisa menular ke orang lain. Semangat dan motivasi juga bisa menular. Karena itu pada hari spesial ini, jangan lupa memberi ucapan ke teman-teman blogger terdekatmu. Tularkan semangatmu pada teman-temanmu, terutama yang motivasinya  sering naik turun sepertiku. 

2. Tingkatkan Motivasi Ngeblog

Dengan diakuinya tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger, kita harus bangga dan bersemangat. Apalagi selama pandemi ini memaksa banyak orang beralih dari kantor fisik ke kantor digital. Sekolah fisik ke digital, belanja ke pasar beralih ke pasar digital., nongkrong juga mulai beralih ke digital. Pandemi Covid-19 memaksa semua orang memanfaatkan teknologi digital.  Pasar blogger lagi bagus-bagusnya nih, ayo tingkatkan motivasi menulismu, banyak orang yang akan membaca karya kita.

3. Intropeksi Diri, Sudahkah Kontenku Memberi Manfaat Bagi Masyarakat

Meski awalnya weblog berisi catatan harian kehidupan cinta, asmara,, keluarga, sahabat dan lain sebagainya. webblog atau blog sudah bereformasi menjadi konten digital yang bisa berisi apa saja. Hal ini yang membuatku suka sekali dengan platform ini. Kita bebas membuat apa saja. Mau diisi konten traveling, makan-makan, pembelajaran, curhatan atau apapun kita bebas membuat dan menyebarkan. Tapi apakah yang kita sebarkan bermanfaat bagi orang lain? Apakah tulisanku dibaca orang lain? 

Membuat blog bukan sekedar membuat catatan di internet, mulai sekarang kamu juga harus memikirkan konten yang kamu buat bisa bermanfaat bagi orang lain. Konten yang bermanfaat bagi orang lain adalah yang dibaca, bukan konten bagus yang ditulis tapi tidak dishare kemana-mana.

4. Membuat Give Away

Momen ini sangat bagus untuk membuat give away. Give away memberikan impact yang tinggi buat blogmu. Bayangkan saja kalau syarat ikut give away peserta diminta membuat artikel minimal 300 kata dengan 1 link hidup mengarah ke blogmu. Lumayan tuh untuk menambah backlink. Backlink melimpah, insyaallah DA dan DR naik.

5. Traktir Pasangan

Momen ini harus kamu bagikan dengan pasangan. Jangan lupa, kita bisa ngeblog karena dia bersedia dicuekin. Dibalik konten-konten berkualitas kita ada orang-orang berkualitas yang menemani kita. Jujur saja kadang konten yang aku buat berasal dari obrolan-obrolan recehku dengan dia. 

Nah untuk memberikan penghargaan terhadap pengorbanan mereka dan juga meningkatkan kebanggaan kita sebagai blogger mari kita membahagiakan pasangan. Karena membahagiakan pasangan sama juga dengan membahagiakan kita.


PENUTUP

Aku tidak bisa membayangkan bagaimana reaksi teman-teman blogger yang hadir pada pencanangan Hari Blogger, tentunya mereka merasa terharu dan bangga. Sama juga denganku disini. Meski tidak menghadiri acara tersebut (jaman segitu aku belum ngeblog juga wekawekaweka), tetapi kebanggaan itu terasa sampai disini. 

 
Momen Hari Blogger kali ini membuatku termotivasi untuk menaikkan levelku dari penulis buku diary, menjadi penulis buku inspirasi. Dari menulis untuk diri sendiri, menjadi menulis untuk orang lain. Aku berharap tulisan-tulisanku bisa menyembuhkan luka, menghapus lara, mengubahnya menjadi bahagia. Aku ingin membantu lebih banyak orang, bukan hanya orang-orang disekitarku saja, tapi masyarakat luas. 

Salah satu cara yang akan aku tempuh adalah mulai belajar lagi tentang blog dan artis pendukungnya. Contohnya cara menata blog supaya enak dilihat, memperbaiki, memperkaya dan meningkatkan kualitas isi/tema tulisan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan ketrampilan SEO. 

Ada yang bilang SEO itu nggak penting, kalau tulisanmu bagus dan bermanfaat pasti banyak yang datang. Tapi kenyataannya tidak semudah itu Ferguso. 
Mungkin bagi blogger-blogger yang sudah punya nama hal ini memang nggak penting. Mereka sudah punya fans base sendiri. Tapi buat blogger pemula, amatir, cupu sepertiku yang hanya dikenal oleh anak, istri dan teman-temanku ilmu SEO ini sangat penting. 

Khusus tentang belajar blog dari dasar. I want to tell Thankyu for mbak Marita yang sudah membuka kelas gratis Blogspedia Coaching for Newbie. Aku jadi banyak belajar tetek bengek tentang blogger, dari tujuan, tema, niche dan lain sebagainya. Terima kasih istriku zeyenk wkwkwk. 

Eh meski aku suaminya kalau urusan tugas dia tetep galak kayak ke peserta lain. Selamat hari blogger zheyenku  Thanks for mampir.

 

 



14 comments for "Hari Blogger Tanggal 27 Oktober, Bagaimana Merayakannya"

  1. Kalau nggak digalakin, nggak niat sih belajarnya :D :D
    Selamat hari blogger, zheyenkku..

    ReplyDelete
  2. Selamat Hari Blogger, Kak Martin. Jadi nambah lagi satu hari untuk nraktir istri tercinta ya.hehehe.
    Saya sendiri baru tahu kalau ternyata ada hari blogger nasional. Newbie oh newbie .. wekawekaweka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak Renov, ini juga pertama kali buatku. Selamat Hari Blogger untuk semuanya. Pak ini mau buat Give Away apa? yg nambah saldo rekening saja, ya hehehe.

      Delete
    2. Sama kak, aku baru tahu tahun lalu

      Delete
    3. Belum bikin give away kak. Akhir bulan wkwkw

      Delete
  3. "Momen Hari Blogger kali ini membuatku termotivasi untuk menaikkan levelku dari penulis buku diary, menjadi penulis buku inspirasi."

    Sama banget, Kak. Hari blogger kali ini bener-bener membuat saya jadi pingin naik level, nggak sekadar curhat doang :D
    Btw, selamat hari blogger, Kak Martin :)

    ReplyDelete
  4. Saya baru bisa melakukan poin 5... Traktir pasangan :)

    ReplyDelete
  5. Wkwkwkw traktir pasangan. Ide menarik ini.... Heheehe

    ReplyDelete
  6. Wah, keren ini idenya mas. Gak kepikiran bikin give away gitu, hehe

    ReplyDelete
  7. Selamat Hari Blogger omm..
    Kalo mba Ririt juga ambil poin 5, om jugabya jatuhnya BDD (Bayar Dewe Dewe) wak wak wak

    ReplyDelete
  8. Hem jadi tahu tentang Hari Blogger.
    Sangat bermanfaat:) Keren Terima kasih kak.

    Selamat Hari Blogger ya..
    ..

    ReplyDelete

Post a Comment