My Big Why Menulis di Blogspot

my big way menulis di blogspot




My Big Why menulis di blogspot berkaitan dengan pekerjaanku. Mengapa harus di blog? Beberapa tahun terakhir aku mulai bertemu dengan banyak orang. Aku beranggapan kalau begini-begini terus. Orang aku bantu ya cuma ya begini-begini saja. Karena itu aku harus melebarkan sayap dengan menjadi Walikota. Ups,  cita-citaku terlampau tinggi sedangkan aku nggak punya privilege. Baik, aku turunkan standartku. Aku akan berbagi tips dan cerita di blog saja.

Menulis sudah pasti keahlianku. Bukannya sombong, tapi hal ini bisa dibuktikan dari pekerjaanku sebagai seorang programmer aplikasi komputer. Aku menguasai jurus 11 jari matahari yang mampu membuatku mengetik selincah kijang dikejar banteng. Ditambah kelihaianku merangkai kode-kode instruksi yang dikenal dengan istilah syntaks. 

Tulisanku menghasilkan sajak yang sungguh hebat. Sajak yang tidak akan dimengerti oleh manusia. Tapi sangat dipahami oleh komputer. Sajak yang tidak bisa diterjemahkan oleh orang awam tanpa ilmu kanuragan. Tetapi sangat mudah dimengerti oleh mesin komputer.

Tapi kemapuan ada batasnya, hanya Allah sajalah yang kemampuannya tidak terbatas. Dan akupun mengalaminya. Suatu ketika, dikala itu hujan turun. Aku terpaku menatap handphone karena stack dalam menyelesaikan suatu masalah. 

Bagaimana membuat Visual Basic 6, mesin tua yang masih aku gunakan sampai saat ini. Supaya bisa melakukan enkripsi,  mengkonsumsi Rest Api dan mengolah data dengan format Json. Bingung kan kalian? Idem, dulu aku juga nggak paham, sekarang aku malah nggak ngerti. 

Jamanku kuliah dulu, waktu itu disket ukurannya segede gaban. Eh maaf, anak sekarang mana tahu tentang disket, anak sekarang lebih familiar dengan Cloud Computing atau sistem di awang-awang. 

Disket pada jaman now sama dengan flashdisk, perbedaannya ada di ukuran fisik dan jumlah data yang bisa ditampung. Jumlah/kapasitas flashdisk yang paling kecil saat ini adalah 4 GigaByte, sedangkan kapasitas disket terakhir yang beredar adalah 1,44 MegaByte.  

Ketika aku mengambil skripsi, disket sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke teknologi lain yang dapat menampung data lebih besar, yaotu CDROM dan DVD. Teknologi ini bercokol lumayan lama. Pada saat itu aku sempat bekerja di persewaan CD-ROM.

Setelah beberapa tahun yang terlewati. Akhirnya aku lulus juga. Tapi, kala perkembangan teknologi komputer, terutama perkembangan aplikasi lintas sektoral alias pertukaran data berbasis http berkembang pesat. Bahkan sampai sekarang. Tentu saja, tidak aku mendapatkan ilmu ini ketika kuliah.

My Big Why Menulis Di Blogsspot

Sesi curhat selesai, kembali ke topik. My Big Why menulis di Blogspot. 

Mudah Membuatnya

Membuat blogspot itu mudah sekali. Tinggal bikin akun gmail. Lalu akses blogger.com. Gunakan login gmailmu untuk login ke blogger.com. 

Untuk membuat artikel tinggal klik New Post lalu buat artikel sesukamu. Text dditor blogspot termasuk simpel lho. Kamu bisa bandingkan text editor di mesin blog serupa. Misalnya Wordpress dan Medium.

Jujur saja sejak Wordpress menggunakan Guttenberg sebagai teks editornya. Aku kok merasa kurang nyaman ya. Text editor di Medium mirip dengan text editor di Wordpress. Jadi untuk dua platfom diatas aku tidak suka text editornya. Sebenarnya text editor Wordpress bisa dikembalikan ke yang lama. Tapi aku punya alasan lain mengapa tidak memakai Wordpress.

Meski text editor di Blogspot sangat sederhana. Bahkan meski tampilannya sudah di upgrade, fitur text editor di Blogspot cuma itu-itu saja. Masih kalah dengan text editor lama bawaan Wordpress. Apalagi dengan guttenberg. Tapi aku tetap cinta.  

Lebih Rapi

Media mencatat bukan hanya blog. Aku bisa saja mencatat dengan aplikasi evernote atau WPS. Dua aplikasi ini mendukung  penyimpanan cloud. Dokumen/artikel yang aku tulis bisa aku akses dimana saja dengan gadget maupun dengan laptop.

Artikel/dokumen disusun urut pertanggal, kita bisa menggunakan fitur sort di sistem operasi. Sisrem ini sudah bagus. Kalau aku ingin membaca dokumen/artikel lama, aku tinggal mencari berdasarkan urutan waktu. 

Masalah timbul ketika aku ingin mencari artikel-artikel yang sejenis. Misalnya aku mau mencari artikel tentang Linux. Kebayang nggak susahnya. Apalagi kalau judul tidak spesifik menyebut Linux, padahal sebenarnya spesifik.

Mudah Perawatannya

Namanya juga numpang, tentu saja perawatannya mudah. Beda kalau kita pakai Wordpress self hosted. Kamu harus mikirin kapasitas harddisk, besaran bandwidth belum lagi masalah skrip error gara-gara salah update atau install tema dan plugin yang tidak kompatible dan masih banyak lagi permasalahan dalam merawat blog. 

Di Blogspot ada tim hebat yang sudah merawatnya, yaitu karyawan Google dan Google itu sendiri. Kita tinggal fokus di menulis saja. Yang lain bisa anda serahkan pada pacar atau pasangan anda. 

Mudah Dibagikan

Masih ingat kata pembukaku di awal paragraft? Kelebihan dari menulis di blogspot adalah kemudahannya untuk dibagikan. Tugasku hanya membagikan link artikelku ke banyak orang, banyak tempat, banyak komunitas supaya mereka mengetahui informasi yang aku bagikan. 

Selain sengaja berbagi dengan menyebar link. Aku juga sering cari gampangnya untuk mengajari orang lain. Kalau ada yang bertanya, aku jawab link artikel saja. 

Suatu saat, kelak artikel-artikelku akan di crawl oleh Google dan bisa muncul di halaman pencariannya. Thanks to Google yang telah membantuku menyebarkan informasi pada orang yang membutuhkan.

Personal Touch

Personal touch adalah memberikan sentuhan pribadi. Eh jangan mikir macam-macan ya! satu macam saja tidak apa-apa. 

Menulis dalam genre blog, sama halnya membuat diary. Kita bisa dengan bebas berkata-kata semau kita. Beropini dan bersuara sesuai dengan hati kita. Selain itu dalam blog, kita bisa menjadi diri sendiri. Contohnya seperti aku. 
Di kehidupan real aku orangnya introvert, pendiam, kalem, anteng dan serius man. Tapi di blog aku terlihat cool, nggambus, ceria dan lain sebagainya. Beruntunglah kalian yang mengenalku hanya di chatting seperti telegram, whatsapp atau blog ini. Di real sana aku orang yang membosankan. 

Personal Branding

Salah satu pentingnya membangun blog adalah untuk personal branding. Siapalah Martin Eko Setiawan 10 tahun yang lalu. Nggak usah 10 tahun deh, 7-8 tahun yang lalu yang kenal dengan Martin Eko Setiawan ya cuma itu-itu saja. 

Semenjak mas Martin Eko Setiawan yang tampan (kata istrinya) ini membagikan tips bridging dengan visual basic 6 dan tips-tips bridging lainnya. Blognya semakin dikenal. Tentu saja yang punya blog juga dikenal sebagai programmer Visual Basic 6. 

Meski branding yang ingin aku bangun adalah tentang parenting. Namun apa daya, tulisanku tentang bridging lebih diminati karena banyak dibutuhkan oleh teman-teman sesama programmer SIMRS. Lagi pula aku belum konsistem menulis tentang parenting. 

Tapi gaes, personal branding lewat blog itu sangat-sangat efektif. Kalau kamu berniat membangun branding personal yang murah, mudah, efektif selain menggunakan media sosial, kamu juga bisa menggunakan media berita/menulis seperti ini. 

Menulis Untuk Orang Lain

Apa sih tujuan kita menulis di blog? Kalau tujuan dan mengapa aku menulis di blog sudah aku utarakan di atas. Tapi semua itu tidak cukup. Apa jadinya jika tulisan kita hanya menjadi catatan pribadi. Tidak ada orang lain yang mampir ke blog kita. Akhirnya hal-hal positif dan bermanfaat yang kita tulis jadi hilang manfaatnya. 

Sebagai blogger kita wajib memberitahukan pada dunia tentang keberadaan kita. Untuk awalan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Bergabung di Komunitas  

Salah satu cara memperkenalkan blog kita adalah dengan memperkenalkan pada orang lain. Salah satunya adalah bergabung di komunitas,  baik komunitas blogger maupun komunitas lain yang bisa menjadi pasar buat blog kita. 

Belajar SEO (Search Engine Optimation)

Algoritma google memang susah ditebak. Tapi dengan optimasi SEO minimal artikel-artikel kita lebih mudah ditemukan dibanding web yang tidak mengindahkan SEO (meski hal ini juga nggak paten). 

Percantik Tampilan Blog

Blog sama halnya dengan rumah. Kalau rumahnya indah dan nyaman, pengunjung makin betah berlama-lama diblog kita. Tapi kalau tampilannya saja sudah nggak mengasikkan atau loadingnya terlalu berat, mereka jadi malas berlama-lama. Meskipun tidak wajib, tapi mempercantik blog kita termasuk wajib lho. 

Tingkatkan Kemampuan Diri

Dua point terakhir berhubungan dengan seberapa banyak kita mengenal tentang blogger. Tak kenal maka tak sayang, tak belajar mana bisa kenal. Apalagi sepertiku yang nol putul masuk ke dunia blogging. Karena itu aku butuh panduan untuk belajar tentang blogging dan teman-temannya.

Untunglah ada seorang blogger kece, baik hati dan cantik rupawan yang bersedia meluangkan waktu membuat artikel-artikel tentang membuat dunia blogging, selain itu dia juga membuka kelas gratis buat newbie sepertiku. Pengen tahu tentang materi-materinya, langsung saja meluncur ke  Blogspedia Coaching for Newbie.


sumber: materi Blogging: Passion, skill & consistensi by Marita Ningtyas

25 comments for "My Big Why Menulis di Blogspot"

  1. aku juga pakai blogspot karena lebih familiar aja sih dengernya.

    ReplyDelete
  2. Tak kusangka Mastah ini menguasai jurus 11 Jari matahari, angkat aku jadi muridmu Suhu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin jurus yang beda aja mas, biar banyak variasi

      Delete
  3. Aku baca kalimat pembukanya sampai berkali-kali... 😅😅😅

    Rada susah memang memahamimu.. wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan menyadur dari kata-kata salah satu calon walikota di jawa tengah

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Subhaanallaah... tulisan dari hati memang begini^^

    ReplyDelete
  6. memang lbh enak tulis di blogspot sih, Kak..

    ReplyDelete
  7. Duuuuhhh ... Kalau nulis dari hati pasti akan sampai ke hati memangyaa... Semangat selalu kak..

    ReplyDelete
  8. MaasyaAllah salut dengan kata2 nya "Hanya Allah Yang Tak Pernah Terbatas"

    ReplyDelete
  9. Sama, Kak. Saya juga suka blogspot. Semangat selalu. Sukses. 😊

    ReplyDelete
  10. Tim blogspot juga aku. Bener mas, yang mudah dimengerti meskipun sampai sekarang juga gak ngerti-ngerti banget sih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan saja mbak, so far blogspot paling mudah dipelajari

      Delete
  11. Aku juga suka blogspot, lebih enak mempelajarinya. Semangat terus memberikan informasi tentang programer Kak Martin.

    ReplyDelete
  12. Sesama pemakai blogspot. Tapi pun ya om ini keren dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak, blog ini disettingin sama istriku hehe

      Delete
  13. apapun big why mu, aku tetap terispirasi pasangan fenomenal Mas Martin Dan Mbak Marita.keren-keren pokoknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak, kami hanya pasutri seperti umumnya kok mbak

      Delete

Post a Comment