Widget HTML Atas

Pengertian RAID dan Jenis Level RAID

Event ODOP memang benar-benar membuat pikiranku terkuras. Apalagi deadliner sepertiku. Jangankan tulisan. Waktu menunjukkan jam 22.41 dan aku belum mendapatkan ide mau menulis apa. Woow! serasa pecah kepala.

Untung sebelumnya ada diskusi menarik di Group IT SIMRS Jateng-DIY++, Ah, diskusi disana selalu menarik. Kami tidak pernah bosan membahas apa saja. Kata orang programmer itu introvert. Memang benar. Tapi kalau bertemu dengan teman-teman yang memiliki ketertarikan yang sama. Ceritanya bisa berbeda.

Percakapan kami malah ini salah satunya adalah RAID. Sebagian besar di group ini adalah full stack programmer. Semua hal jadi urusan programmer. Termasuk Server dan tetek bengeknya. Untuk membangun server kami bukan hanya mengurusi apakah servernya kuat buat transaksi atau nggak. Tetapi juga manajemen resiko yang sangat-sangat penting. Yaitu resiko kehilangan data.

Seperti kita tahu. Data-data dalam komputer disimpan dalam media bernama Harddisk. Sebagai sebuah komponen elektronik. Harddisk memiliki masa pakai dan rentan terhadap kerusakan dan gangguan redudansi data. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang bisa memperkecil masalah fault tolerance dan redudancy. 

RAID

Salah satu masalah ini adalah dengan menerapkan RAID pada manajemen Harddisk. RAID singkatan dari k. Redudant Array of Independen Disk. Kata "RAID" juga memiliki singkatan Kata "RAID" juga memiliki beberapa singkatan lain yaitu Redundant Array of Inexpensive Disksdan juga Redundant / Array of Inexpensive Drives. RAID adalah teknologi penyimpanan data komputer yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan dengan cara meredudansi data. Teknologi ini mereplikasi atau menggandakan data ke beberapa harddisk terpisah, sehingga jika ada kesalahan/kerusakan pada salah satu harddisk. Maka harrdisk lain akan membackup pekerjaan harddisk yang rusak. Sehingga keberlangsungan sistem tidak terganggu.

KONSEP RAID

Istilah RAID pertama kali diperkenalkan oleh  David A. Patterson, Garth A. Gibson dan Randy Katz dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat pada tahun 1987. Mereka bertiga mempelajari kemungkinan penggunaan lebih dari satu harddisk agar terlihat sebagai perangkat tunggal oleh sistem dalam bentuk paper yang berjudul  "A Case for Redundant Arrays of Inexpensive Disks (RAID)". Paper tersebut dipublikasikan di event konferensi SIMGOD pada bulan Juni 1988. 

RAID menggabungkan beberapa harddisk kedalam sebuah unit logis penyimpanan dengan menggunakan perangkat keras khusus atau perangkat lunak. Dengan perangkat keras. Sistem Operasi tidak perlu mengetahui bagaimana RAID bekerja. Jika menggunakan perangkat lunak, maka RAID berada pada level sistem operasi. 

Sejak pertama kali diperkenalkan, RAID memiliki beberapa skema yang dikenal dengan RAID level. Sebenarnya meski bernama level, bukan berarti untuk mencapai level yang lebih tinggi maka harus mendapatkan nilai tertentu. Namun lebih pada cara kerja yang berbeda.

Skema RAID saat diperkenalkan pertama kali oleh pattersor adalah  

No comments for "Pengertian RAID dan Jenis Level RAID"