Widget HTML Atas

Smartphone terbaru Sharp di Indonesia, Sharp Aquos V. Handphone Baru Rasa Lama

;sharp aquos v
sumber: id.sharp


Sharp pernah menelurkan handphone-handphone premium pada jamannya. Tapi penjualan handphone Sharp di Indonesia tidak sedigdaya Samsung, apalagi Xiomi. Padahal sebenarnya handphone keluaran Sharp tidak kalah canggih dengan handphone-handphone lainnya. 

Setelah lama tidak terdengar, Sharp kembali lagi merilis handphone baru untuk pasar Indonesia. Nama handphone ini adalah Sharp Aquos V. Handphone Sharp biasanya menyasar pada segmen menengah dimana di sektor ini masih dirajai oleh Samsung, Xiomi dan OPPO yang salesnya tersebar diberbagai konter. Apakah Sharp Aquos bisa ikut mendulang emas di ceruk yang selama ini sudah dikuasai oleh 3 brand tersebut? Aku pribadi kurang yakin.

Sebagai handphone kelas menengah sudah pasti Sharp Aquos menggunakan prosesor flagship, yaitu Snapdragon 835. Snapdragon 835 adalah produk flagship dari Qualcomm yang juga dipakai oleh handphone-handphone flagship pada masanya, yaitu tahun 2017. Entah mengapa Sharp tidak menggunakan prosesor baru. Mungkin karena mereka ingin produk yang sempurna, sehingga risetnya memakan waktu lama. 

Sebenarnya sah-sah saja Sharp Aquos masih menggunakan prosesor ini. Toh prosesor ini kinerjanya memang bagus. Tapi 3 tahun itu lama bro, Qualcomm sudah mengeluarkan prosesor flagship baru yang performa, kinerja dan fiturnya lebih baik dari Snapdragon 835.

Kamera utama Sharp Aquos V menggunakan kamera ganda beresolusi 13 MP berteknologi OIS, sedangkan kamera sekundernya beresolusi 8 MP. Cukup mumpuni, namun handphone-handphone segmen mengengah lainnya sudah menggunakan 4 kamera, Sharp Aquos masih 2 kamera. 

Layar Sharp Aquos menggunakan IPS sama dengan para kompetitornya dan dilindungi dengan teknologi Gorrila Glass 5, sama juga dengan para kompetitornya.

Untuk urusan memory, Sharp Aquos V dibekali RAM sebesar 4 GB dan memory internal sebesar 64 GB. Cukup lega juga, tapi handphone-handphone dengan range harga yang sama juga memberikan fitur serupa. 

Berikut ini detail spesifikasi Sharp Aquos V dilansir dari GSM arena


LAUNCHAnnounced2019, November
StatusAvailable. Released 2019, November
BODYDimensions157 x 76 x 9 mm (6.18 x 2.99 x 0.35 in)
Weight173 g (6.10 oz)
SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAYTypeIPS LCD
Size5.9 inches, 89.8 cm2 (~75.3% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~409 ppi density)
ProtectionCorning Gorilla Glass 5
PLATFORMOSAndroid 9.0 (Pie)
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm)
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
MEMORYCard slotmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Internal64GB 4GB RAM
MAIN CAMERADual13 MP, f/2.0, PDAF, OIS
13 MP B/W
FeaturesLED flash, HDR, panorama
Video4K@30fps, 1080p@30fps (gyro-EIS)
SELFIE CAMERASingle8 MP, f/2.0
FeaturesHDR
Video1080p@30fps (gyro-EIS)
SOUNDLoudspeakerYes
3.5mm jackYes
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
NFCNo
RadioNo
USBUSB Type-C 2.0
FEATURESSensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATTERYTypeLi-Ion 3090 mAh, non-removable

  

Dengan spesifikasi seperti diatas, berapakah harga Sharp Aquos V? Pada awal peluncurannya sepertinya Sharp Aquos V membandrol harganya terlalu tinggi, yaitu sekitar 4 jutaan. Dengan prosesor yang out of date, fitur kamera (hanya 2 kamera belakang dan 1 kamera depan) tentu saja Sharp Aquos akan kesulitan bersaing dengan ponsel pintar lainnya. Namun setelah aku cari-cari lagi harga ponsel ini, (21-10-2020) harganya sudah turun drastis. Harga Sharp Aquos V yang aku kumpulkan dari situs-situs e-commerce saat ini rata-rata dijual dengan harga 2,3 - 2,6 juta rupiah. Meski harganya sudah turun drastis. Tapi buat para pecinta photo-photo dengan kamera handphone, sepertinya tetap overprice, mengingat brand lain seperti Realme, Xiomi dan sang raja smartphone Samsung punya produk pada range serupa dengan jumlah kamera dan megapixel yang lebih besar. Tetapi kalau kamu tidak mementingkan jumlah kamera dan besaran megapixelnya. Ditambah dengan keinginanmu untuk bernostalgia dengan handphone 2 kamera, Sharp Aquos V bisa menjadi pilihan yang baik. Namun bukan yang terbaik.



 

 

No comments for "Smartphone terbaru Sharp di Indonesia, Sharp Aquos V. Handphone Baru Rasa Lama"