Widget HTML Atas

5 Tips Family time berkualitas dirumah

 Setiap akhir pekan aku selalu menyempatkan diri family time sekedar hangout ketempat yang asik buat nongkrong berdua dengan istri dan anak-anak bebas bermain sesukanya. Tapi apa daya, Covid-19 melanda, acara jalan-jalan sedunia terancam musnah. Menciptakan family time berkualitas dirumah tidak semudah kita hangaout. Tapi ini bukan akhir dunia. 

Tips Family Time Berkualitas Di Rumah

Sebenarnya apa sih yang menjadikan family time itu seru? jalan-jalannya, tempat wisatanya atau obrolannya?

Family time yang berkualitas adalah ketika terjadi komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Jadi Family  time sebenarnya lebih kepada komunikasi. Seringkali orang merasa lebih nyaman berkomunikasi ketika berada diluar rumah ketimbang dirumah. Bila hal ini terjadi, sepertinya ada yang perlu dianalisa bagaimana hubungan antar anggota keluarga dirumah.

Untuk mendapatkan family time yang berkualitas di rumah, beberapa tips ini mungkin bisa digunakan:

1. Tentukan Waktu 

Entah apa perlunya menentukan waktu, padahal sudah jelas weekend adalah saatnya family time. Tapi segala sesuatu itu diawali oleh niat. Maka kita niatkan dan disepakati bersama bahwa waktu family time adalah ketika ayah libur kerja alias weekend.

2. Jauhkan dari kotak-kotak

Selama Family time, jangan sentuh yang serba kotak. handphone, smartphone, televisi, radio, MP3 Player dll. Kalau perlu masukkan handphone ke dalam almari, sehingga kita bisa fokus saling membersamai.  

3. Bermain Bersama

Rancanglah permainan-permainan yang bisa dimainkan bersama. Permainan sederhana yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama, misalnya petak umpet, kejar-kejaran, tebak kata, tebak kalimat dan lain sebagainya

4. Buat Suasana Khusus

Buatlah suasana khusus yang berbeda dengan suasana keseharian. Misalnya menata mainan-mainan puzle diruang tamu atau menyulap teras menjadi tempat camping. Ajak anak-anak berfantasi sesuai dengan tema suasana. Misalnya kita menyulap teras menjadi taman bermain, toko roti atau apa saja sesuai dengan kesepakatan.

5.Tingkatkan Reaksi Positif

Saat family time, berikan reaksi positif/apresiasi terhadap hal-hal yang dilakukan oleh anak-anak atau pasangan. Misalnya puji mereka ketika melakukan kebaikan, tersenyum dan berkata lembut ketika mereka melakukan kesalahan. 

Selain memberikan apresiasi, tingkatkanlah interaksi positif seperti memeluk, bergandengan tangan tersenyum dan tertawa bersama dan lain sebagainya.

PENUTUP 

Demikian 5 tips Family time berkualitas dirumah yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta. Rumah seharusnya adalah tempat yang paling nyaman sedunia. Oleh karena itu kita harus memperbanyak family time dirumah. Terima kasih sudah mampir






 



No comments for "5 Tips Family time berkualitas dirumah"