Widget HTML Atas

6 Alasan Mengapa Dart Layak Dipelajari

6 alasan mengapa dart layak dipelajari

 

Dart adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Pada awalnya Dart dikembangkan untuk menggantikan Javascript yang kurang disukai oleh Google. 

Meski Google menilai Javascript adalah bahasa pemrograman yang buruk, tapi semakin lama Javascript semakin lama semakin terkenal dan populer. Google pun mengalah,  alih-alih menggantikan Javascript. Google malah memutuskan memberhentikan pengembangan mesin virtual Dart. Aplikasi yang dibuat dengan Dart akan dikompilasi ke Javascript.

Keunggulan Dart

Multi Purpose

Dart adalah bahasa multipurpose. Dart bukan hanya digunakan untuk membuat aplikasi hybrid dengan flutter. Sebenarnya Dart adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sebuah mesin Virtual sehingga Dart bisa digunakan untuk membuat beragam aplikasi.

Multi Operating System

Dart bisa berjalan di beragam  Sistem Operasi. Sama seperti Java, Dart memiliki mesin virtual yang memungkinkan untuk berjalan di berbagai platform. Mesin virtual ini terdapat dalam Dart SDK dan sudah tersedia dalam berbagai platform untuk mobile, desktop maupun server.

Mudah

Dart termasuk dalam bahasa pemrograman C like. Syntak-syntaknya mirip dengan Java, Javascript, C++, C# dan lain sebagainya. Programmer kekinian biasanya sudah familiar dengan bahasa-bahasa itu sehingga akan memudahkan dalam mempelajari Dart.

Optimasi UI

Dart dikembangkan dengan melihat kekurangan dari Javascript dan membangun kelebihan dari kekurangan Javascript.Dart digunakan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan di Flutter. Flutter sendiri adalah framework UI yang mulai naik daun saat ini. 

Hot Reload

Flutter hadir dengan membawa fitur Hot Reload. Hot Reload memungkinkan perubahan yang kita lakukan pada coding langsung terlihat hasilnya ketika di simpan. Fungsi ini sangat memudahkan para pengembang aplikasi.

Di kompilasi ke Javascript (Dart Web)

Alih-alih memasang Dart VM ke semua browser. Dart menyerah dan mengkompilasi aplikasi yang dibangun dengan Dart ke Javascript. Kalau dipikir-pikir memang susah untuk mengalahkan Javascript. Javascript sudah mendarah daging di perkembangan pemrograman web. 
 
Keputusan ini adalah keputusan yang terbaik.Dengan fitur ini Dart bisa berjalan dengan sangat baik di hampir semua Browser sehingga ada kemungkinan programmer-programmer web beralih ke Dart.

PENUTUP

Secara teori Dart pantas disebut sebagai pengganti Javascript. Tapi sayang Javascript seolah tak bisa dikalahkan. Javascript adalah bahasa yang sangat fleksible sehingga bisa digunakan untuk beragam kebutuhan. Ditambah lagi dukungan browser yang sangat banyak mempengaruhi perkembangan Javascript sehingga semakin besar. 

Karena itu meski kalah tenar dari Javascript, Dart tetaplah bahasa pemrograman yang sangat layak dipelajari/



No comments for "6 Alasan Mengapa Dart Layak Dipelajari"