Memilih PC Desktop Terbaik Untuk Keluarga Modern, pilihanku ASUS S500TC


 

Asus S500 adalah PC Desktop multifungsi yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga modern yang selalu berinteraksi dengan dunia digital.

Beberapa tahun yang lalu saya pernah berkata kepada istri saya, “Sepertinya kita butuh computer desktop deh cint, nggak usah yang spek tinggi”. Istri saya malah balik tanya, “Buat apa yank?”

“Buat Koding lah, lagian kan kamu kerjaannya juga mendesain ”, jawabku. Kami memang sama-sama berkerja di bidang digital. Dan sebagai insan digital, kita tuh butuh PC Desktop. Saya juga menyarankan pada kalian untuk memiliki minimal satu PC Desktop dirumah. 

Memiliki PC Desktop sangat penting bagi keluarga modern seperti kami. Kehidupan kami tidak pernah lepas dari dunia digital, entah itu untuk bekerja maupun melepas penat dirumah. Sehingga anak-anak kamipun juga terpapar dunia digital, bedanya kami pakai PC untuk bekerja, mereka menggunakan PC untuk senang-senang. 

Saat ini kami memiliki PC laptop masing-masing, tetapi mengapa saya masih membutuhkan PC Desktop? Saya yakin kalian pasti bertanya-tanya. Apa kurangnya laptop untuk  memenuhi kebutuhan komputasi dirumah dan bekerja, performa PC Laptop saat ini sudah cukup mumpuni untuk itu!

Saya memiliki banyak alasan mengapa minimal harus ada satu PC Desktop dirumah meskipun semua anggota keluarga sudah memiliki PC Laptop atau smartphone untuk mendukung aktifitas mereka. 

Dimensi Layar

Sebesar-besarnya ukuran layar PC laptop yang nyaman dibawa dan digunakan adalah ukuran 15,6 inchi. Meskipun  ada  beberapa PC laptop dengan ukuran layar 17 inchi, tetapi saya yakin anda tidak akan nyaman membawa PC Laptop tersebut di dalam tas anda. 

Kalau sudah nggak nyaman dibawa, untuk apa punya PC laptop? Bukankan kelebihan dari PC Laptop adalah portabilitasnya? 

Saya seringkali merasa serba salah dengan resolusi layar laptop. Kalau menggunakan resolusi HD ukuran teksnya nyaman dimata, tetapi nggak nyaman untuk bekerja karena banyak sekali bagian yang terpotong. Jika menggunakan resolusi Full HD, tampilannya bisa tampak semua, tetapi ukuran teksnya jadi kecil-kecil.

Untuk bekerja dengan nyaman paling tidak kita membutuhkan layar dengan ukuran minimal 23 inchi. 2 bintang untuk dimensi layar PC Desktop.

Selain untuk kami, dimensi layar yang besar juga bagus untuk anak-anak Ketika melakukan aktifitas browsing atau menonton youtube. Minimal bisa menjaga jarak pandang supaya tidak terlalu dekat.   

Keyboard Lebih nyaman

Saya memiliki pengalaman menggunakan PC-Laptop dengan ukuran layar yang berbeda, tentu saja layout keyboardnya pun berbeda.  Layout keyboard yang paling nyaman adalah keyboard di PC Laptop ukuran 14 inchi. Jarak keytravelnya pas dijari. Tetapi tidak dengan ukuran layarnya. Akhirnya saya membeli Monitor 23 inchi supaya lebih nyaman. 

Akhirnya saya mengganti PC laptop saya dengan ukuran 15.6 inchi, layarnya lumayan nyaman. Meski lebih nyaman layar 23 inchi sih. 

Setelah layarnya  nyaman, gantian keyboardnya yang tidak nyaman. Keyboard di PC Laptop 15.6 inchi biasanya ditambahi numeric pad supaya dimensi keyboard sama dengan layar PC Laptop, sehingga posisi tombol space dan touchpad tidak pas di agak tengah layar. Akhirnya saya menambah keyboard eksternal supaya lebih nyaman digunakan. 

Berbeda dengan keyboard di PC Desktop biasanya memang didesain untuk mengetik. Dimensi dan jarak antar keypadnya sesuai dengan posisi tangan dan jari diatas meja. Ketinggian keyboard juga pas ditangan. 

Untuk urusan ketik mengetik keyboard di PC Desktop sangat jauh lebih unggul. 3 point lagi untuk PC Desktop.

Kalau dipikir-pikir, dari pada saya menambah layar monitor atau keyboard eksternal, kenapa saya tidak beli PC Desktop sekalian ya? Saya tambah 5 bintang untuk keyboard PC Desktop. 

Posisi Duduk

Posisi duduk sangat penting sekali dan boleh dibilang ini adalah alasan paling wahid mengapa kita membutuhkan PC Desktop dirumah. Sesuai dengan namanya, Desktop terdiri dari kata Desk dan Top. Desk artinya meja, Top artinya diatas. 

Jadi PC Desktop memang dirancang untuk berada diatas meja. Meskipun dulu waktu kita ngekos PC Desktop sering berada di lantai supaya bisa dipakai sambil rebahan, tetapi takdir PC Desktop sebenarnya adalah diatas meja. 

Di PC Desktop, posisi layar berada sejajar dengan mata, sehingga posisi duduk bisa lebih nyaman. Tangan juga lebih enak untuk mengetik. Atau mungkin sekedar untuk menonton fim. Bayangkan kalau kalian menonton bioskop. Kira-kira lebih nyaman duduk diarea Tengah atau dibawah?

Pasti lebih enak duduk diarea Tengah yang menghadap langsung ke layar kan? 

Untuk point posisi duduk, PC Desktop tiada lawan, kalau boleh saya ingin menambah 5 bintang untuk posisi duduk. Boleh ya? Please dong please.

Performa

Meskipun PC Laptop saat ini sudah semakin cepat, tetapi performa PC Desktop tidak akan terkalahkan. Bahkan meski kalian membeli PC Laptop seri gaming tingkat wahid pun tetap akan kalah dengan PC Desktop. 

PC Laptop dirancang untuk bekerja menggunakan daya dari battery, sehingga kecepatan prosesornya tidak digunakan sepenuhnya. Biasanya kecepatan PC Laptop dimulai dari 2,4 Ghz meski kecepatan maksimal yang dimiliki oleh prosesor sebesar 4,2 Ghz. 

Berbeda dengan PC Desktop yang menggunakan daya langsung dari jaringan listrik. Tidak ada pengurangan kecepatan di prosesor, sehingga performa PC Desktop bisa diandalkan meski baru dihidupkan. 

Performa PC sangat penting lho bagi kami. Baik itu untuk pekerjaan saya di software engineering maupun pekerjaan istri saya di bidang content creator. Proses rendering video yang biasanya butuh waktu berjam-jam bisa dilakukan dengan waktu lebih singkat. 

Saya menambahkan 10 bintang untuk performa PC Desktop.

Pendinginan

Seperti yang kalian tahu, prosesor memiliki kecepatan yang sangat kencang. Apalagi kalau PC digunakan untuk melakukan tugas berat seperti bermain game, rendering atau menjalankan emulator. Semakin berat kerja prosesor, otomatis suhu prosesor semakin naik. Suhu prosesor yang terlalu tinggi bisa mengurangi umur dari komponen-komponen PC, baik itu prosesor, motherboard, harddisk dan lain sebagainya. Dimensi PC Laptop yang kecil membuat pembuangan panasnya tidak sempurna. Berbeda dengan PC Desktop yang super lega. Bahkan kalau pendingin bawan dirasa kurang, kalian bisa menambahkan hardware pendingin yang lebih bagus, misalnya dengan pendingin hidro. 

Karena saya dan doi sangat suka menyiksa PC, maka saya menambahkan 5 bintang di point pendinginan

Durability/Ketahanan

PC Desktop didesain untuk bekerja lebih keras, dan ditempatkan didunia yang keras. Biasanya bagian PCnya ditaruh di bawah atau disamping meja sehingga rentan tertendang kaki. Bayangkan kalau yang ditendang itu laptop. Bisa nangis Bombay hahaha, Untuk durability PC Desktop unggul 10 point.

Upgrade/penggantian Komponen

PC Laptop tidak didesain untuk mudah dibongkar pasang. Jadi jangan berharap banyak dengan hardwarenya. Bahkan saat ini sedang trend penggunaan RAM tanam di PC Laptop. RAM tanam memang menambah performa dan memanjangkan daya hidup PC Laptop dengan battery, tetapi kita harus terima nasib tidak bisa menambah RAM.  Belum lagi kalau ada kerusakan komponen dibagian yang menempel di mainboard. Bisa-bisa biaya untuk memperbaiki hamper sama dengan harga laptopnya.

10 bintang untuk PC Desktop.

Berat dan Dimensi

PC Laptop memiliki dimensi yang ringkas karena fungsinya memang untuk portabilitas kita tidak perlu berdebat sampai berdarah-darah. 10 bintang untuk PC Laptop.


KESIMPULAN

Meski sudah sampai di kesimpulan. Tetapi ketahuilah, artikel ini masih panjang pren. Tanpa dihitungpun kita sudah tahu Bintang yang saya berikan ke PC Desktop lebih banyak dari pada PC Laptop. 

Dalam soal kenyamanan penggunaan dan performa PC Desktop jauh lebih unggul, tetapi laptop memiliki keunggulan di portabilitas dan dimensinya yang kompak, tetapi tetap saja tidak bisa dimasukkan kedalam saku. 

Saya memberikan banyak Bintang karena saya sendiri merasakan bekerja di kantor dengan PC Desktop lebih nyaman dari pada menggunakan PC Laptop. Kalau anda ingin memprotes nilai yang saya berikan ke PC Desktop, saya sarankan anda mencoba menggunakan PC Desktop dengan prosesor minimal core i5 gen 10 atau sederajat terlebih dahulu. 

ASUS DESKTOP S500 Untuk Keluarga Modern

ASUS S500TC


Saya sangat menyarankan pada anda untuk membeli PC Desktop branded ketimbang merakit sendiri. Bagi saya PC Desktop branded menawarkan kualitas lebih dari pada PC Desktop DIY alias sak karepmu dewe (Bahasa jawa).

Salah satu brand PC Desktop yang terpercaya dan rajin mengeluarkan produk dan inovasi baru adalah ASUS. 

Asus S500 series memiliki konfigurasi hardware terbaik, performa tinggi dalam desain yang kompak.

Kelebihan ASUS S500TC

Dimensi Yang Kompak

Meski memiliki performa tinggi, tetapi dimensinya tidak membutuhkan tempat yang besar. Asus S500 benar-benar berukuran kompak sehingga tidak terlalu memakan tempat.

Durability/ketahanan Hardware

Semua kapasitor yang digunakan di Asus S500 adalah “solid capasitor”. Solid capasitor biasanya digunakan pada mesin-mesin berperforma tinggi karena kapasitor jenis ini lebih awet dan performanya lebih baik dari pada kapasitor biasa. 

Selain kapasitor, casing Asus S500 juga menggunakan bahan yang lumayan tebal. Jangan takut kalau suatu saat kaki anda tersesat dan menabrak ASUS S500. Bisa jadi bukan PC Desktop anda yang rusak, tetapi malah jari anda yang kesakitan hehehe.

Prosesor Generasi Terbaru

ASUS S500 menggunakan prosesor terbaru di seri Desktop. Seri tertinggi adalah intel core i7 generasi 11 yang sangat mumpuni untuk menyelesaikan tugas-tugas berat seperti programming, gaming maupun rendering.  

RAM 16GB dan Masih Bisa Di Upgrade

ASUS S500 memiliki dua konfigurasi RAM, 8 GB dan 16 GB. Sebenarnya untuk pekerjaan sehari-hari seperti browsing, menulis dokumen bahkan untuk ngoding. RAM 8 GB saja sudah cukup. Tetapi kalau anda ingin performa lebih baik, anda bisa mengupgrade RAM hingga 64 GB. Keren kan. Dengan RAM segini bisa sekalian dijadiin server nih. 

Kartu Grafis Monster

ASUS S500TC dipersenjatai NVIDIA GeForce RTX 3060 yang termasuk di kategori GPU kelas menengah.  Kualitasnya tentu saja lebih baik dari NVIDIA seri entry level, apalagi GPU bawaan prosesor. Jauh banget deh. Untuk tugas-tugas berat seperti pengolahan grafis baik photo maupun video, rendering video maupun untuk main game atau menonton video, kartu grafis ini sudah wah banget.

Penyimpanan Ganda

Yang paling saya suka di ASUS S500TC adalah penyimpanan gandanya. Selain mendapatkan SSD sebesar 1 TB, masih ditambah lagi harddisk 4TB, buat konten creator seperti istri saya, penyimpanan adalah alasan utama membeli PC Desktop, soalnya doi sering ngeluh kehabisan storage di PC Laptop.



Noise Canceling dengan AI

ASUS S500 sangat cocok buat konten creator atau untuk pembelajaran online, karena ASUS S500TC memiliki fitur noise canceling atau peredam kebisingan dengan teknologi AI. 

PORT yang lengkap

ASUS S500 memiliki port yang super lengkap. Selain port-port di bagian belakang PC Desktop, ASUS S500 juga menambahkan beberapa port penting didepan seperti USB 3.0 dan port audio. Yang saya sayangkan dari produk ini adalah absennya USB type C yang saat ini mulai banyak digunakan.



Sistem Pendingin Inovatif

Untuk system pendinginan yang sempurna, ASUS mendesain system pendinginan dengan konsep multi saluran yang berada di cassingnya. Aliran udara masuk 2 pintu yang akan mendinginkan area harddisk dan motherboard. Selain itu ada 2 jalur udara keluar di bagian power supply dan prosesor yang akan menjamin system berjalan dengan temperature yang stabil. 



ASUS produsen Motherboard tingkat dunia

Nama Asus sendiri adalah jaminan kualitas motherboardnya. Saya dahulu mengenal ASUS sebagai merek motherboard. Dan saat ini pun dikantor saya juga menggunakan motherboard ASUS, yaitu ASUS seri ROG. Bagi saya performa dan ketahanan motherboard ASUS sangat baik.

Daya Yang Efisien

Power supply yang digunakan di Asus S500TC bersertifikasi 80 Plus Bronze berefisien tinggi. Menghasilkan daya 85% lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit panas.

Solid Kapasitor

Solid capasitor biasanya digunakan di produk-produk computer dengan performa dan kerja tinggi. Solid Capasitor memiliki ketahanan suhu ekstrim dan tetap stabil meski digunakan selama berjam-jam.



Daya Tahan Lama

Sebelum dikeluarkan ke pasar, setiap produk ASUS sudah menjalani serangkaian pengujian untuk menjamin PC Desktop anda memiliki ketahanan yang baik. Mungkin ASUS S500 diciptakan untuk menua bersama kita hehehe. 

Serangkaian test yang dilakukan antara lain:


KESIMPULAN AKHIR

Masih bingung menentukan apakah anda membutuhkan PC Desktop atau tidak? PC Laptop atau PC Desktop memiliki peran masing-masing. Jika diibaratkan PC Laptop adalah smartphone sedangkan PC Desktop adalah motor. Perkembangan Smartphone sangat pesat namun daya tahannya rendah. berbeda dengan motor yang meski sudah tua asalkan perawatannya baik insyaallah masih enak dipakai. Sepertinya analogi saya kurang pas. Saya hanya mau bilang kalau PC Desktop lebih kuat dan tahan lama ketimbang PC Laptop, baik itu fisik maupun performanya. 

Asus S500TC sangat pas untuk memenuhi kebutuhan keluarga modern. Bahkan meski hanya punya satu saja PC Desktop Asus S500TC sudah mampu digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga anda baik untuk bekerja, belajar maupun untuk hiburan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.


CPU
Intel® Core™ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores)
Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores)
RAM2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
GPUNVIDIA® GeForce® RTX™ 3060
Storage1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD
1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD x 2
512GB M.2 2280 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
SoftwareWindows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
MyASUS
ASUS Business Manager
AudioWizard
Connectivity
1x RJ45 Gigabit Ethernet
1x HDMI 1.4
1x VGA Port
1x DVI-D
2x PS2
1x Serial port
3 x Audio jacks
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
AudioFront:
1x MIC in
1x Headphone

Rear:
1 x 3.5mm Line-in
1 x 3.5mm Line-out
1 x 3.5mm Mic-in
Power1 x 180W (80+ Bronze)
Dimensions
16 x 38 x 35.5 cm (6.30" x 14.96" x 13.98")     
Weight5.0 kg







 



 




38 comments for "Memilih PC Desktop Terbaik Untuk Keluarga Modern, pilihanku ASUS S500TC"

  1. Wah, kebetulan banget dari sebulan yang lalu pingin beli desktop baru. Beruntung bisa baca artikel keren ini.... ASUS S500TC bisa masuk nominasi nih....

    ReplyDelete
  2. Wah jadi pengen ngajuin upgrade pc desktop ASUS S500TC ke bojo nih... Pc desktop di rumah udah rada ambyar nih.

    ReplyDelete
  3. Wah jadi pengen ngajuin upgrade pc desktop ASUS S500TC ke bojo nih... Pc desktop di rumah udah rada ambyar nih.

    ReplyDelete
  4. Laptop Asus S500TC emang the best ya pak, paket komplit untuk user yang setiap hari full dengan aktivitas digital.

    Spesifikasinya handal dan tentunya sangat support untuk dipakai sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya sehari-hari, setahun-tahun juga kuat

      Delete
  5. sampai di kesimpulan saya sudah bernafas lega tadi sudah ada warning kalau artikelnya masih panjang wkwkwk tapi tetep dibaca karena penasaran sm PC desktop ASUS haha..top kata-katanya pak, apalagi bagian "menyiksa PC" wkwk

    ReplyDelete
  6. Saya tim desktop Pak, cakep nih desktopnya Asus, kekurangannya hanya ga bisa diajak jalan-jalan aja sih, cuma lebih tahan banting kalau desktop secara performa yang lain juga lebih bagus sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diajak jalan-jalan kok, cuma berat dan makan tempat.

      Delete
  7. Tadinya saya kira PC Desktop PC Laptop itu sama, ternyata ada beberapa perbedaan yang begitu mencolok, ya. Terutama dalam hal ketahanannya.

    Btw melihat speknya di atas, pantas saja Asus S500TC dikatakan sangat pas untuk memenuhi kebutuhan keluarga modern.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketahanan dan peforma, laptop dibuat untuk irit seirit-iritnya. Desktop nggak perlu ngirit peforma langsung di gass

      Delete
  8. Tampilan monitor Asus ini bikin mupeng banget, apalagi pas baca spesifikasinya, gahar banget, jadi tambah-tambah pengen punya nih buat di rumah

    ReplyDelete
  9. Wow..keren banget ya...paksu belum menjatuhkan pilihan mau beli PC seperti apa...sibuk pilih2 aja tapi eksekusi nya belum..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asus S500TC sudah pas banget. kalau punya duit saya juga pengen sih

      Delete
  10. ASUS selalu penuh dengan inovasi ya, keren ini PC nya pingin punya 1 dirumah

    ReplyDelete
  11. Ternyata PC laptop tidak sepenuhnya bisa menggantikan PC desktop. Saya yang awam baru mengetahuinya. Namun, kembali lagi ke kebutuhan masing-masing, ya. Kalau yang masih cupu seperti saya masih cukup dengan ponsel. He-he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PC laptop lebih ringkas, portable dan bisa dihidupkan dengan tenaga battery, tetapi karena ringkas dan irit daya, tentunya ada fitur yang disunat. Plusnya Laptop bisa buat gegayaan.

      Delete
  12. mantep komplit banget pak martin ulasannya, sangat membantu untuk memilih.

    ReplyDelete
  13. Emang bener sih, walau laptop enak dan bisa dibawa kemana-mana tapi g ada yang bisa ngalahin kenyamana menggunakan PC, bahkan pak suami masih menggunakan PC untuk menunjang aneka kerjanya

    ReplyDelete
  14. uncle Martin mah kalau ngasih penjelasan tentang dunia pc tuh emang enak banget ya. Aku jadi paham lho. Dan ini masuk di pemikiran awam ku yang buta tentang dunia pc desktop. Aku emang lagi naksir pc desktop Asus S500TC. Bismilah makin yakin beli ini. Amiin

    ReplyDelete
  15. iya ya, DIY itu sak karepmu dewe, wkwkwk. kadang berpikir ekonomis pilih rakit sendiri, padahal kalo diliat lebih menyeluruh, PC desktop branded sudah lebih lengkap dan terjamin performanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, biasanya sudah dipilih juga perangkat-perangkat yang compatible sehingga peformanya makin joss

      Delete
  16. PC desktop sekarang cakep-cakep ya, ga bulky jadi ringkes banget. buat pekerja kantoran emang lebih cocok pake PC kyak nya gini, apalagi merk asus yang kualitas dan spek nya ga pperlu diragukan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tetapi bulky atau tidak tergantung form factor PC nya juga sih. Dari jaman masih bikin motherboard tok saya sudah pakai Asus, sekarang PC Desktop dikantor pakai motherboard asus juga

      Delete
  17. Kehadiran PC dalam keluarga era sekarang memang dibutuhkan ya pak. Saya merasakan juga akan hal itu. Buat nyimpan foto keluarga, salah satunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bu, fungsinya lebih luas dan kemudahan upgradenya nggak bisa dikalahkan oleh PC Laptop

      Delete
  18. ASUS memang bisa jadi pilihan yang memuaskan. Siapa saja bisa mendukung kerja dengan spek yang dimiliki ASUS. Apalagi ASUS S500TC ini, dengan spesifikasinya yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mas, buat pemakaian sehari-hari maupun setahun-tahun tetap cocok

      Delete
  19. Liat review kaya gini tuh jadi pengen punya PC Desktop lagi tapi kok nanti makan tempat dan gak bisa dibawa kemana mana ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya memang punya dua gadget, PC Desktop dan PC Laptop. untuk PC Laptop nggak perlu spek tinggi. yang penting layar oled dan speaker harman kardon sudah cukup kok

      Delete
  20. Dari dulu laptop saya selalu merk ASUS...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beberapa kali menggunakan Asus, yang saat ini saya pakai juga Asus. speaker harman kardonnya bikin sayang buat ngejual meski doi kadang blue screen

      Delete

Post a Comment