Widget HTML Atas

Mengapa Python Sangat Populer Untuk Machine Learning

Siapa yang tidak tahu drama korea StartUp. Emak-emak pasti pada tahu kalau mas San do sam dan teman-temannya sangat ahli dalam membuat aplikasi Machine Learning (ML).

Kalau kalian lihat dengan seksama ke layar komputer mereka ketika mereka ngoding. Kalian akan tahu kalau kebanyakan dari mereka menggunakan  bahasa pemrograman Python.

Sebagai programmer desktop old style, aku sering takjub dengan kata-kata AI, Machine Learning, Big Data, Deep Learning dan istilah-istilah lainnya. Buat aku hal-hal itu keren sekali dan pasti sulit membuatnya. Hingga suatu ketika aku nekat ikut pelatihan machine learning dengan Python tingkat dasar.

Disana baru aku tahu mengapa Python sangat populer untuk Machine Learning. Point-point yang aku dapat di Python untuk Artificial Intelegence dan machine Learning seperti ini:

Python sangat mudah dan terstruktur

Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dan terstruktur. Python menggunakan identasi sehingga source code menjadi lebih mudah terbaca dan mudah di pahami. 

Selain itu bahasa pemrograman python sangat simpel. Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Python bisa disamakan dengan Visual Basic 6 atau PHP. Bahasa pemrogramannya mudah dipelajari, syntaxnya tidak rumit. 

Build in Librarynya Lengkap

Build in Library di Python sangat lengkap. Hampir semua keperluan kita ada disana. Python bisa melakukan apa saja. Syntaxnya mudah dan lengkap. Mungkin karena itu Python sangat digemari. Meski sebenarnya aku tidak terlalu suka Python dan PHP karena mereka Strong Type. Untuk aplikasi-aplikasi keuangan, Strong Tyoe sangat dibutuhkan untuk menghindari kesalahan perhitungan. 

Tapi hal ini bisa diatasi dengan mendefinisikan variabelnya pada tipe tertentu.

Library Lain Yang Sangat Lengkap

Selain library build in, Library lainnya juga lengkap.  Salah satu library yang sangat terkenal untuk pengolahan data adalah Pandas. Pandas memiliki fungsi statistik yang sangat lengkap. Pandas membuat kita bisa menganalisa dan memanipulasi data dengan sangat mudah. 

Library Artificial Intelegence/Machine Learning yang sangat lengkap

 Sebelum mengenal Python aku menganggap AI adalah hal yang sangat sulit. Namun kenyataannya semua sudah dihandel oleh Python dan librarynya. Beberapa library Machine Learning di Python yang terkenal antara lain:

  1. Scikit-learn
  2. OpenCV
  3. TensorFlow
untuk lebih lengkapnya bisa dibaca disini:
https://wiki.python.org/moin/PythonForArtificialIntelligence



 


No comments for "Mengapa Python Sangat Populer Untuk Machine Learning"