Widget HTML Atas

Permainan Outbond Berupa Tanya Jawab

Permainan outbond berbasis cerita dan tanya jawab mungkin jarang sekali dilakukan. Padahal permainan-permainan jenis ini sangat mudah dan tidak kalah seru dibanding permainan outbond berbasis kegiatan fisik.

Aku memberikan dua contoh permainan outbond yang hanya berupa cerita dan tanya-jawab.

1. Bus Tingkat

Permainan ini digunakan untuk melatih kejelian dan analisa peserta. Permainan ini bersifat story telling, kemudian peserta diminta menjawab pertanyaan pelatih. Berikut ini contoh cerita tentang bus tingkat:

Sebuah bus tingkat jurusan Tugumuda - Pasar Johar berangkat dengan membawa 10 penumpang. Di balaik kota ada yang turun 2, naik 5. Setelah itu di PLN ada yang naik 3, lalu bis berangkat lagi. Di depan Sri Ratu ada yang naik 4 turun 2. setelah sampai di Pasar Johar ada berapakah penumpangnya?

Cerita ini bisa diperpanjang lagi, pelatih bisa memilih jalur sesuai kota masing-masing dan jalur bus yang mau digunakan. semakin panjang semakin membuat peserta lupa bahwa cerita ini tentang bus tingkat.  Setelah selesai bercerita. Pelatih memberikan waktu bagi peserta untuk menjawab pertanyaan. 

Jawaban: Jumlah penumpang bus tingkat tetap 10 orang, kata naik dan turun adalah naik turun tangga, bukan naik turun bus. Sebagian besar atau mungkin seluruh peserta yang belum pernah melakukan permainan ini akan mengira naik turun dicerita adalah naik turun bus sehingga banyak yang berusaha menghitung jumlah naik turunnya.

2. Petugas Imigrasi

Permainan ini adalah permainan sederhana namun membutuhkan pengetahuan yang luas tentang nama-nama kota baik pelatih maupun peserta.

Peserta duduk didepan pelatih, pelatih memperkenalkan diri.

Pelatih: "Saya adalah petugas imigrasi yang akan memberikan ijin pada kakak-kakak untuk datang ke kota yang kakak inginkan."

Setelah pelatih menunjuk salah satu peserta kemudian bertanya padanya dia mau ke mana. Misalnya :

Pelatih: "Dik Marni, kemana kamu mau berlibur?"

Marni: "Saya mau ke Jogja Kak"

Pelatih: "Tidak Boleh"

Pelatih meminta Marni menyebutkan nama-nama kota sampai dia menyebut nama kota dengan huruf awal "M", misalnya "Medan".

Permainan ini  melatih wawasan dan analisa peserta, peserta diharapkan mencoba-coba sampai mendapatkan pattern/pola permainan ini. 

Demikian permainan outbond berbasis cerita dan tanya jawab yang sangat sederhana, mudah diaplikasikan namun juga seru untuk dilakukan.  



No comments for "Permainan Outbond Berupa Tanya Jawab"