Widget HTML Atas

5 Hal Yang membuatku bergabung di ODOP Blogger Squad


 

ODOP Blogger Squad adalah salah satu sub komunitas dari komunitas besar ODOP.  Sebut saja OBS, OBS adalah subsistem dari ODOP yang entitasnya adalah para anggota ODOP yang menuangkan tulisannya di media blog.  Sebagai blogger wannabe  aku juga ikut bergabung dengan ODOP Blogger Squad dong.

ODOP sendiri singkatan dari One Day One Post, yaitu komunitas menulis yang menyaring anggotanya dengan cara menulis satu post setiap hari selama beberapa bulan. Setiap hari harus nulis lho, nggak boleh bolong. Bolong sih boleh asal setiap minggu tulisanmu harus sudah 7 tulisan, nggak boleh kurang dan lebih, kasihan yang merekap kalau lebih, kan nggak bisa ngasih kembalian.

Akhirnya Bergabung di ODOP Blogger Squad

Waktu masih mengikuti challenge one day one post aku sudah dengar kalau di ODOP ada blogger squadnya. Gimana nggak tahu wong istriku juga masuk disitu hehe. Tapi karena belum ada pembukaan ya bersabar saja sambil menanti-nanti ada pembukaan anggota kembali. Kira-kira apa ya yang membuatku tertarik ikut ODOP Blogger Squad selain karena disitu ada istriku yang cantik dan mempesona?

Penguat Motivasi Menulis

Yang namanya ngeblog itu butuh sebuah konsistensi. Terdengar mudah, namun sulit direalisasikan. Ada saja alasannya, misalnya lagi banyak kerjaan lah, anaknya tidurnya malem-malem lah. Istri minta gendong lah, banyak lah.

Dengan bergabung di komunitas khusus ngeblog, aku punya banyak alasan untuk malas menulis. Tapi dikomunitas yang isinya kebanyakan emak-emak dan sedikit bapak-bapak. Alasanku langsun ambyar. Mana ada emak-emak yang nggak sibuk?

Dengan banyak teman yang menulis, tentu saja aku bakal lebih niat buat nulis. Meski masih saja di deadliner garis keras, tapi minimal aku tetap menulis. Apalagi ada yang selalu ngingetin, kalau nggak nulis di kick lho!

Mencari Teman Seperjuangan

Inget iklan sampurna hijau nggak? Yang tahu ketahuan umurnya hahaha. Ngeblog kalau banyak temannya itu asik. Ada saja yang didiskusikan baik terkait challenge di Blogger Squad atau tentang ngeblog itu sendiri. Sebenarnya dirumah sih ada teman ngeblog. Tapi tulisannya sudah bagus, jadi minder aku. Kalau di ODOP Blogger Squad ada yang masih beginner kayak aku, tapi yang sudah advance lebih banyak.  

Mendapatkan Ilmu Blogging

Sebenarnya ngeblog itu mudah. Tinggal bikin blog, lalu tulislah kisah, kamu sudah menjadi seorang blogger. Tapi pren, untuk menjadi blogger yang bermanfaat atau mendapat manfaat dari blogmu nggak semudah itu. Apa gunanya membuat tulisan tapi tidak ada yang datang, tidak ada yang membaca padahal isi blogmu bermanfaat untuk kehidupan umat manusia.

Untuk itu diperlukan ilmu-ilmu yang bermanfaat seperti pengetahuan tentang SEO, membranding blog, menaikkan DA, memperganteng blog biar sama kayak yang punya dan lain sebagainya. Pokoknya banyak deh ilmu yang bisa didapat di komunitas ini.

Mendapat Nilai Tambah Dari Blog

Menulis blog memang menyenangkan.  Tetapi mendapat manfaat dari blog lebih menyenangkan. Siapa tahu dengan bergabung dengan komunitas Odop Blogger Squad, aku bisa mendapatkan value lebih dari blogku. Terutama dalam memonetize blog alias dapat pendapatan dari blog. Dapat konten placement misalnya. Main adsense misalnya. Duh jadi ingat adsenseku yang nggak aktif gara-gara e-KTP ada expirednya. Uang 300 ribu hasil iklan selama 3 tahun jadi nggak bisa cair.

BTW adsense hanya salah satu cara memonetize blog. Bahkan ada yang bilang kalau niat main adsense, jangan pakai blog personal. Iya juga ya, siapa yang kepo sama aku. Ngganteng kagak, Humoris kagak, romantis apa lagi.

Tumbuh Bersama

Selain mendapat manfaat kita juga harus menebar manfaat dong, Bahasa kerennya take and give. Salah satu keuntungan  berkomunitas adalah kita berangkat dari background ilmu yang berbeda-beda. Ketika semua berkumpul dan melakukan “fusion” bisa kebayangkan betapa bermanfaatnya nih group.
Dengan saling memberi manfaat, maka kita akan tumbuh bersama. Ingat semboyan padi, makin tua makin menjadi. Kita harus bersatu seperti sila ketiga dari Pancasila. Persatuan Indonesia. 

Alhamdulilah di Blogger Squad banyak sekali orang-orang yang mau berbagi,  ada mbak Jihan yang sudah banyak melahirkan karya dan sering menang lomba blog,  Bang Zen juga yang jago javascript, Dik Marita jago mencintai suaminya hehe, Dik Marita juga pintar menulis dan tidak sombong. jago mengimplementasikan tema blogspot juga. Dan sekarang mulai merambah ke tema wordpress juga lho. Sebentar lagi kayaknya jago bikin web company profile pakai wordpress juga nih.

Penutup

Bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan passion atau kegiatan yang kita sukai itu sangat bermanfaat. Salah satunya dengan bergabung di ODOP Blogger Squad. Nggak ada ruginya deh, malah banyak untungnya. Percayalah!