Widget HTML Atas

Mengenal Ruang Belajar dari Ruang Guru


Menjadi orang tua di masa pandemi saat ini sungguh menguras tenaga dan otak. Dengan berlakunya PJJ membuat anak-anak lebih banyak terpapar gadget. Layar gadget yang kecil, Keterbatasan kemampuan dan waktu bagi guru untuk membuat bahan ajar dan tentu saja akan berpengaruh pada penerimaan siswa terhadap pelajaran. Tapi mau bagaimana lagi, kondisi pandemi covid 19 membuat kita harus mengurangi interaksi sebanyak mungkin. Termasuk tatap muka dengan kawan, handai tolan dan guru disekolah. 

Ruang Belajar By Ruang Guru

Untuk itu diperlukan nutrisi tambahan belajar untuk putra-putri kita. Tapi tambahan belajar itu harus daring juga, soalnya di masa pandemi seperti ini tatap muka harus dihindari. Duh, bingung kan? Tapi kalian nggak perlu bingung, karena ada produk baru dari ruang guru yang membantu kita mengatasi masalah ini, yaitu ruang belajar by ruang guru. 

Siapa Yang Belum Kenal Ruang Guru?

Ruang guru merupakan platform belajar digital yang sudah cukup terkenal. Ruang guru berdiri tahun 2014 dan hingga penghujung tahun 2020 lalu ruang guru telah melayani 22 juta pelanggan di Indonesia. Saat ini ruang guru adalah platform bimbingan belajar terbesar dan terlengkap di Indonesia. Dilihat dari testimoni aplikasinya di google play, kita bisa tahu  ruang guru memang sangat bermanfaat bagi para siswa milenial di masa pandemi ini. Belajar di ruang guru membuat mereka memahami pelajaran dan juga mengetahu tips and trik untuk memahami dan mengerti tentang pelajaran. Mengapa demikian? tentu saja karena ruang guru menyiapkan materi/bahan ajar terlihat menarik. Selain diajar oleh guru profesional yang memiliki kemampuan komunikasi visual yang sangat baik. video pembelajaran di ruang guru dilengkapi dengan animasi dan quiz membuat teori yang sulit menjadi mudah dipahami.

Tangkapan layar ulasan di laman google play ruang guru

Untuk membuat bahan ajar yang menarik di media daring, media tersebut harus memiliki nilai visual yang tinggi. Aku yakin banyak atau mungkin sebagian besar guru tidak bisa membuat video-video seperti itu dalam waktu 1 hari. Belum lagi secara keilmuan memang tidak bisa. Untuk membuat video dan bahan ajar yang bagus, didalam video diberi animasi, quiz atau infografis  yang membuat para siswa merasa berinteraksi langsung dengan pengajar. Tapi bagaimana bisa, untuk membuat bahan ajar dan mengoreksi pekerjaan rumah para siswa saja sudah sangat menyita waktu dan tenaga. belum lagi kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki seorang guru untuk membuat bahan ajar dengan visual yang bagus. Banyak orang tua yang mengeluh sekolah daring menyita waktu mereka. Tapi bu ibu, waktu, tenaga dan kuota para guru lebih terkuras dengan metode daring seperti ini. Jadi kalau kalian mau minta pengurangan biaya pendidikan, para guru sebenarnya pengen minta kenaikan gaji. Ruang guru adalah aplikasi belajar online terbaik saat ini

Belajar lebih asik di ruang belajar

Ruang belajar adalah produk baru dari ruang guru. Ruang belajar menyediakan kebebasan belajar secara mandiri melalui video dan quiz yang jumlahnya, ehmmm berapa ya, ada yang bisa nebak nggak?

Video yang bisa dilihat ada puluhan ribu, belum lagi bank soalnya. Banyak sekali kan? hebatnya semua video itu bisa didownload sehingga lebih ngirit kuota. Buat kaum mendang mending kayak aku fitur ini berguna banget, soalnya download di warnet lebih murah daripada pakai kuota hehe.

Buat kaum milenials sepertiku, belajar lewat aplikasi bimbel seperti ruang belajar ini asik banget. Soalnya penyerapan ilmu siswa lewat media daring ini sangat kurang. Hal ini terjadi pada anakku dan juga anak-anak lain yang peernya dikerjain orang tuanya. Karena itu butuh asupan gizi pendidikan untuk membantu mereka menyongsong masa depan. 

Apalagi saat ini sudah mau kenaikan kelas kan? pas banget kalau daftar ruang belajar sekarang. Soalnya biaya langganannya pertahun dan sudah dibagi per kelas-kelas begitu. Dengan belajar di ruang belajar, anak-anak bisa belajar tentang materi di pelajarannya dengan cara lain yang lebih menyenangkan dan lebih mudah memahaminya, orang tua tidak stress karena harus menjelaskan ulang apa yang sudah diajarkan oleh guru di pelajaran daring.   

Apa saja Yang Menarik di Ruang Belajar 

Harga Yang Murah

Biaya langganan di ruang belajar sangat ekonomis, hanya sekitar 4200 rupiah perhari kalau kita berlangganan setahun atau 9700 perhari kalau berlangganan sebulan. Dengan biaya tersebut kita bisa menggunakan beragam layanan yang disediakan oleh ruang belajar. Selain harga yang murah apalagi yang menarik di ruang belajar?

Ruang Guru PET

Ruang belajar adalah tempat belajar siswa mandiri, nah biar semangat belajarnya tinggi. Bakal ada Pet atau hewan yang akan menemani proses belajarmu dari awal sampai akhir. Uniknya pet di ruang belajar mengambil karakter hewan-hewan langka di Indonesia, yaitu komodo, burung cendrawasih dan hariamu sumatra. Pet akan menemanimu dan tumbuh bersama seiring bertumbuhnya pengetahuanmu. Menarik sekali!

Ruang Guru Adventure

Supaya belajarnya mengasikkan, belajar di ruang belajar dibuat nuansa seperti game dimana nilai pengalaman akan selalu bertambah sebanyak pelajaran dan quiz yang kamu ambil. Dari pada anak bapak dan ibu main game online yang kebanyakan unfaedah, mending disuruh main game adventure di ruang guru nih. 

ruang guru adventure
ruang guru adventure

Jadwal Belajar

Apakah putra/putrimu termasuk anak yang males-malesan atau nggak teratur belajarnya? kalau iya berarti yang salah orang tuanya hehe. Ruang guru memiliki fitur jadwal belajar untuk mengingatkan kita untuk menyuruh anak kita belajar. Dengan fitur ini kita bisa mengatur mata pelajaran, durasi, berapa lama waktu belajar dan memilih kapan akan belajar. Pada waktunya tiba akan ada alarm/pemberitahuan dari ruang guru, tinggal teriak "Affaaan, ayo belajar!".

membuat jadwal belajar

Asah Otak

Asah otak bukan sekedar quiz atau game. Asah otak akan menguji pemahaman siswa terhadap materi-materi yang sudah diberikan di ruang belajar, setelah itu jawabannya akan dianalisa dan dinilai oleh aplikasi ruang guru. Setelah melalui berbagai proses yang njelimet dan rumit akan menghasilkan rekomendasi video belajar yang materinya kurang kamu pahami lebih lanjut. Proses belajarmu jadi lebih terarah, pokoknya jangan semangat eh salah, semangat terus dan pantang menyerah ya.

Animasi Dafa dan Lulu

Animasi Dafa dan Lulu adalah materi video pembelajaran di kelas 1 dan 2 SD, jadi khusus untuk anak kecil yang suka film-film kartun yang lucu. animasi-animasi ini mengacu pada kurikulum K-13 revisi tematik. video dengan versi animasi Dafa dan lulu tentu sangat menarik untuk anak usia SD, lebih interaktif dan lebih seru.

Bank Soal

Sebagai aplikasi bimbingan belajar online terbesar, koleksi bank soal yang dimiliki ruang guru sudah sangat banyak. Selama berlangganan ruang belajar, kita bisa mengakses bank soal sesuai paket dan kelas yang kita pilih. 

Laporan Belajar

Selayaknya sekolah, ruang guru juga memiliki laporan belajar atau raport untuk orang tua. Dengan fitur ini kita bisa memantau perkembangan pembelajaran anak kita dengan baik. Meski kita tidak menemani mereka belajar, tapi kita punya kewajiban mencerdaskan anak kita bersama-sama dengan negara mencerdaskan bangsa.

Ruang belajar sangat berguna bagi kita orang tua siswa maupun juga murid/siswa, karena itu mengenal ruang belajar dari ruang guru sangat penting. Langganan ruang belajar juga penting. Yuk bergabung dengan ruangguru!

12 comments for "Mengenal Ruang Belajar dari Ruang Guru"

  1. Ketika belajar on line class, memang butuh banyak referensi agar proses belajar tidak monoton dari satu sumber saja, dan ruang guru hadir menjadi salah satu alternatif yang kece habis buat belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, aku lihat videonya gaya mengajarnya bagus, ada animasi pendukungnya sehingga lebih mudah dipahami. Kalau lewat daring guru hanya menerangkan tanpa ada visualisasi/visualisasi seadanya akan terasa monoton, soalnya "rasa" antara sekolah online dan offline beda banget

      Delete
  2. aku pernah join ini tapi krena kuota gak cukup akhirnya gak jadi wkwk, keren sih... aku mantengin juga cuma gak join-join hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai wifi kakak, sini main ke rumah nemenin istriku masak

      Delete
  3. eh semenarik itukah ruang guru? baru tahu kalau ada animasi2nya, boleh ni didonlot entar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sample videonya. ada animasi pendukung bu. misalnya menerangkan tentang gelombang, nanti ada visualisasinya. untuk kelas 1 ada animasi Dafa dan Lulu. Kayaknya ada Nussa juga. Kalau video pelajarannya ada animasi dan infografis pendukung jadi lebih mudah memahami materi.

      Delete
  4. Wah, Pak Martin pengertian sekali kalau guru-guru mengharapkannya kenaikan gaji. Hihihi...

    ReplyDelete
  5. dari dulu udah amaze sama ruang guru. aku tuh bahkan udah punya cita-cita pas anakku perlu bimbel, pake ruang guru aja wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Naaah yang gini gini nih butuh banget memang di jaman sekarang. Hmmmm kayaknya oke buat adekku yang malasnya minta ampun kalau disuruh belajar :(

    ReplyDelete
  7. Semakin seru belajar online di ruang guru nih. Banyak fitur yang mendukung kemajuan pendidikan anak.

    ReplyDelete
  8. Fasilitas ruang guru banyak banget ternyata. Pantesan platform ini digemari banyak siswa. Tapi emang cara mengajar gurunya seru sih

    ReplyDelete

Post a Comment