Widget HTML Atas

Menggabungkan berkas klaim dengan Visual Basic 6


Salah satu syarat melakukan pengklaiman ke BPJS adalah mengirimkan berkas klaim dalam satu pdf. Berkas klaim berisi SEP, Resume Pasien, Struk Pelayanan, Hasil Penunjang Medis dan sebagainya. Sejatinya file-file tersebut digenerate terpisah, baik melalui sistem ataupun scan manual. Sebenarnya bisa saja kita menggabungkan file pdf tersebut saat melakukan scanning dokumen, tapi bagaimana jika file-file tersebut sudah digenerate/keluar melalui aplikasi SIMRS. Nah, disini aku akan membagikan tips menggabungkan berkas klaim dengan Visual Basic 6.

beberapa langkah yang kita lakukan adalah:

Buat Folder Induk

Membuat folder induk, semua file dimasukkan kedalam satu folder. Misalnya folder by No SEP atau No Pendaftaran. Untuk memudahkan dalam memilih file yang digabung, alangkah baiknya kalau digabung dalam 1 folder. Sehingga user tidak perlu mimilih file-file apa yang digabungkan. Cara ini menyingkat waktu dan memudahkan user, tapi tidak bagi kamu programmernya hahaha. 

Beri No Urut Di Depan Nama File

Berilah no urut didepan nama file sesuai dengan urutan berkas yang dikirim ke BPJS, misalnya

1.SEP.pdf

2.Resume.pdf

3.StrukPelayanan.pdf

4.HasilLaborat.pdf

5.HasilRadiologi.pdf

etc ...

Pemberian nomor ini numerik didepan nama file supaya berkas pdf yang kita gabungkan urutannya bisa sesuai dengan urutan yang dikehendaki BPJS. Lagi-lagi supaya user lebih mudah. Kamu programmer? silahkan berpusing ria.

Install Aplikasi PDFtk Server

Salah satu tool/aplikasi gratis untuk menggabungkan file pdf adalah pdftk. Kebetulan aku diajarin trik ini oleh Mas Think, seorang foxpro expert yang sudah banyak makan asam garam dan pahitnya kehidupan. 
langsung saja download aplikasinya di 

Tentang PDFtk Server

PDFtk Server adalah aplikasi berbasis command line, kalau yang ada GUInya namanya PDFtk. Tapi karena kita mau mengeksekusi penggabungan berkasnya dengan Visual Basic 6, maka kita membutuhkan aplikasi yang berjalan di command prompt.

Sebenarnya fungsi PDFtk Server bukan hanya untuk menggabungkan file pdf. Tapi kita nggak akan bahas semua fiturnya, soalnya yang mau kita manfaatkan cuma menggabungkan file pdfnya saja.

Time to Ngoding

Buat  form dengan tampilan seperti dibawah ini: 

Form ini terdiri dari

Textbox Asal File

Textbox asal file berisi informasi folder yang isinya akan digabungkan. Buatlah sebuah textbox dan beri nama "txtFolderAsal".

Textbox Nama File Output

Textbox nama file output digunakan untuk memberi nama file baru hasil penggabungan file pdf di folder asal berkas. Secara default file ini akan disimpan di dalam foder output. Buat textbox dan beri nama "txtFileOutput".

Tombol Pilih Folder Asal

Tombol ini digunakan untuk memicu membuka folder, buat apa? buat milih folder asal. Buatlah sebuah tombol dan beri nama "cmdPilihFolder".

Tombol Gabungkan File

Tombol ini akan memicu perintah untuk menggabungkan pdf dan menaruh file pdf baru ke folder output. Buat tombol dan beri nama "cmdGabungkanFile".

Kodingnya seperti ini: 


No comments for "Menggabungkan berkas klaim dengan Visual Basic 6"