Memutar File WAV Dengan Visual Basic 6

Wav adalah standart format file audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. Wav banyak digunakan di sistem operasi windows. Hehe namanya juga yang bikin Microsoft, pasti buat dipakai di Windows dong. 

Karena dipakai di Windows, berarti Windows sudah punya API untuk memutar file ini.Ini berarti membuat aplikasi pemutar file wav ini sangat mudah, jadi sebenarnya artikel ini adalah artikel yang sangat-sangat receh. Tetapi ilmu jika tidak diamalkan akan hilang, kenangan bisa terlupa. Tapi tulisan asalkan masih bisa diakses bisa dibaca kembali. 

Awal ceritanya begini, Jadi ditempat kerjaku ada perubahan alur pasien masuk klinik, karena perubahan alur itu, menyebabkan antrian di depan perawat. Perawat harus memanggil satu persatu pasien untuk cetak SEP dan assesment. Mereka sambat kalau harus memanggil satu persatu pasien. 

Solusinya simpel, bikin aplikasi untuk memanggil no antrian  pasien. Karena itu aku membuat aplikasi yang bisa memutar file audio. untuk logikanya sih mudah. 

logikanya seperti ini:


tapi di artikel ini kita nggak bikin aplikasi ini, disini aku cuma memberi contoh kodingan untuk memutar file wavnya saja.

Seperti yang aku singgung diatas, kalau wav ini dikembangkan oleh microsoft dan digunakan di Windows, jadi kemungkinan besar ada API yang sudah built in. Kalau kamu ingin mempelajari lebih detail tentang pemutar file audio di windows kamu bisa membaca artikel ini:

https://docs.microsoft.com/en-us/previous-versions//dd743680(v=vs.85)?redirectedfrom=MSDN

Lets Code!

Pertama-tama buat form dengan design seperti ini:


Form diatas terdiri dari:

txtLoadFile

type: textbox
name: txtloadFile
fungsi: untuk menyimpan path file wav yang akan dibuka

cb1

type: common dialog
name: cb1
fungsi: menampilkan windows explore melalui fungsi "showOpen" 

cmdOpenFile

type: command button
name: cmdOpenFile
fungsi:memicu cb1 untuk menampilkan dialog box open file dan menyimpan path file ke txtloadfile

cmdPutar

type: command button
name: cmdPutar
fungsi:tombol untuk memicu fungsi pemutar file wav

Source Code


Penjelasan Aplikasi

baris 2-14 adalah deklarasi konstanta untuk API playsound, untuk detailnya bisa kamu baca di link documentasi playsound diatas.
baris 15 deklarasi fungsi API playsound

baris 18-19 memanggil dialogbox open file, setelah file dipilih, path file akan masuk ke textbox loadfile

baris 24 memanggil fungsi playsound untuk memutar file wav

Bagaimana? mudah bukan. Mudah kok tinggal kopas saja. tapi jangan lupa untuk membaca manual yang aku sertakan diatas ya, biar nggak cuma bisa bikin saja. Tapi juga mengerti lebih detail tentang fungsinya.

Artikel ini bukan riset asliku sih, dulu pas kuliah nggak dapat tentang ini juga. Alhamdulilah di dunia maya banyak orang-orang yang mau berbagi. Bukan hanya berbagi potongan kodingnya saja. Tetapi juga menjelaskan fungsi playsound dengan detail. 

 

artikel aslinya aku ambil dari 

https://stackoverflow.com/questions/15981272/how-to-play-a-sound-in-vb6-with-playsound


No comments for "Memutar File WAV Dengan Visual Basic 6"