Solusi Membuat Bisnis Yang Punya Daya Saing Tinggi


Sebuah perusahaan bisa terus bersaing, jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keinginan terus bertumbuh, dan dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat. Untuk itu, pelatihan-pelatihan pun harus dilakukan, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan.

Terlebih lagi, persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya.

Kenapa? Agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.

Namun, pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan. Tidak diperbolehkannya interaksi secara langsung dan pengetatan untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendalanya. Padahal, anggaran sudah disiapkan. 

Lantas bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM? 

Pelatihan online adalah jawabannya. Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital. 

Mungkin Anda pernah mendengar Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.  

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru. 

LMS ruang kerja by ruangguru
LMS ruang kerja by ruang guru

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

learning journey runagkerja

Kemudian terdapat fiur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan. 

detail private course
Detail Private Course

Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar. 

Oh ya, ada hal menarik juga dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan. 

bertanya pada para ahli
bertanya pada para ahli



fitur menjawab pertanyaan
Menjawab Pertanyaan Peserta




laman diskusi bisa diakses dengan mudah

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.

sertifikat ruang kerja
Sertifikat Ruang kerja

LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

pencapaian pelatihan

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal 

Mengelompokkan Peserta Sesuai Divisi

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan? 

Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan Anda akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.







11 comments for "Solusi Membuat Bisnis Yang Punya Daya Saing Tinggi"

  1. Ruangguru nih produknya variatif banget yaa. Semua pasar digarap, dari murid, guru, orang umum sampai karyawan dibuat produknya masing-masing. Seru juga ya kalau pelatihan karyawan dibikin online gini, monitoringnya juga lebih gampang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, platformnya makin lengkap dan serius banget bikinnya

      Delete
  2. Bukan jadi alasan lagi kalau covid bikin perusahaan nggak bisa ngadain pelatihan. Ruangguru bisa jadi alternatif supaya pengembangan SDM jalan terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, platform ini bagus juga buat kantor yang punya banyak cabang

      Delete
  3. Mantap banget nih ruangkerja, auto rekomendasiin ke ketua buat ikut join di program-programnya yang keren

    ReplyDelete
  4. Ada kelemahannya gak pak? Sudah baca 2 review ini, bagus semua ☺️

    ReplyDelete
  5. Banyak juga ya yang ditawarkan ruang guru, selain aplikasi belajar untuk anak-anak juga aplikasi ruang kerja. Semakin mudah beraktivitas dari rumah.

    ReplyDelete
  6. Weewww kereen..
    Kayaknya cuma ruangguru nihh yang layanannya super lengkap gini. Nggak cuma kebutuhan untuk guru dan siswa saja, tapi juga udah meluas ke dunia kerja melalui ruang kerja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, keren banget. adaptasi dan inovasinya cepet banget

      Delete
  7. Semua segmen pendidikan digarap oleh ruangguru. Ga cuma pendidikan sekolah, pelatihan karyawan pun sudah dibuat aplikasinya

    ReplyDelete

Post a Comment