Widget HTML Atas

Memantau Performa Blog Dengan Google Search Console

Mengapa harus memantau performa blog? Karena hampir semua orang yang menulis blog bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi untuk dibaca oleh orang lain. Kalau tujuannya hanya untuk diri sendiri mending ngisi buku diary saja. 

Banyak sekali cara memantau performa blog. Misalnya bertanya ke teman-temanmu, Sudahkan kalian membuka blogku hari ini? Tapi cara tersebut sangat tidak efektif dan ngisin-ngisini. Kalau dibahasa Indonesiakan berarti malu-maluin. 

Apalagi kalau ntar temenmu tanya, "Aku kalau membuka blogmu disuruh klik iklan juga nggak?" Duh nyesek kan, apalagi kalau trus kita buka adsense yang sudah 3 tahunan dan baru dapat 200 ribu. Tambah nyesek kan?

Ada cara yang lebih efektif, elegan dan mudah untuk membaca pengunjung organik blog kita. Yaitu dengan menggunakan Google Search Console.

Google Search Console

performa blog di google search console
Performance blog di google search console

 

Google Search Console adalah tool gratis yang disediakan oleh google untuk melihat dan membaca performa blog kita. Selain itu di Google Search Console kita bisa memantau apakah halaman blog kita sudah diindex oleh google atau tidak. 

Seperti yang kita tahu, Google adalah mesin pencari paling top, populer dan paling banyak dipakai di belahan bumi ini. Kalau halaman blog kita diindex oleh Google, maka kesempatan blog kita ditemukan oleh orang lain lebih besar ketimbang kita membagikan selebaran.

Manfaat Google Search Console Bagi Blogger

Berbagi tulisan yang memberi manfaat, itulah tujuanku saat awal membuat blog. Saat ini pun masih sama. Meski setiap kali membuka dashboard blogspot aku miris sekali melihat jumlah kunjungan yang rata-rata hanya 50 kunjungan perhari. Tetapi aku tidak boleh larut dalam kesedihan. Tetap nglokro, jangan semangat. 

Karena itu aku harus mempelajari performa blogku. Berikut ini manfaat yang bisa diambil dari Google Search Console.

Menemukan Keyword atau Kata Kunci Yang Sering Dipakai Untuk Menuju Ke Blog Kita.

Google Search Console akan memberikan informasi query atau kata kunci yang dimasukkan di mesin pencari google dan mengarah ke blog kita. Informasinya sangat lengkap, termasuk jumlah pencarian yang hasilnya mengandung blog kita dan berapa klik dari pencarian tersebut.

Kalau kamu sudah tahu kata kunci yang paling populer, tinggal dibanyakin saja tulisan dengan kata kunci yang serupa. 

Mengetahui Halaman yang Paling Populer

Setiap blog biasanya punya halaman paling populer. Halaman yang populer ini biasanya juga terkait dengan tema tertentu yang lagi trend atau berisi informasi yang selalu dicari orang. 

Google Search Console menyajikan informasi halaman yang paling banyak dikunjungi dan juga jumlah pencarian yang berisi halaman blog kita. 

Dari fitur ini kita bisa menganalisa kira-kira kemana nih arah blog kita selanjutnya. Soalnya blogger tanpa niche khusus seperti aku masih bingung, mau dibawa kemana, hubungan kita. Eh blogku mau dibawa ke niche khusus apa.

Mengetahui Pengunjung Berdasarkan Alat

Google Search Console juga melacak dari alat yang digunakan oleh pengunjung blog kita. Ada 3 kategory yang disediakan, yaitu dekstop, mobile dan tablet. 

Kira-kira dari mana ya visitor blog kita, apakah mereka adalah kaum bobokan, mageran atau dudukan. website-webstite jaman now biasanya dibuat untuk nyaman di perangkat mobile, apalagi sekarang orang-orang lebih suka melakukan berbagai aktifitas lewat gadget mereka. Jumlah pengunjung dari mobile dan tablet menandakan kalau blogmu sudah teroptimasi untuk perangkat mobile.

Mencari Broken Link

Broken link termasuk komponen yang sangat berpengaruh pada tehnik SEO. Bayangkan kalau kamu adalah seorang pencari informasi. Sudah dapat artikel yang sesuai, pas diklik ternyata zonk. 

Rasanya seperti di PHP, padahal sekarang Javascript lebih populer. Sama seperti kita. Mesin pencari Google sepertinya juga tidak suka dengan broken link.

KESIMPULAN  

Membuat blog itu mudah, menulis juga mudah. Menulis yang bermanfaat juga mudah. Tetapi menulis yang bermanfaat dan dibaca oleh orang yang membutuhkan mungkin agak susah. Karena itu kita butuh peran mesin pencari. Tapi tulisan kita bukan satu-satunya. Dan kita juga tidak tahu apa yang orang lain cari. 

Karena itu kita perlu memantau performa blog dengan meneliti visitor blog kita untuk membuat artikel bermanfaat kita benar-benar tersampaikan dan bermanfaat bagi orang lain.

Salam berbagi

 

 

 



 


 


No comments for "Memantau Performa Blog Dengan Google Search Console"