Belajar Mengaji Di TPQ Teens Offline Albata

Belajar membaca Al-Quran sejak dini adalah hal yang sangat penting. Namun belajar membaca AL-Quran itu susah-susah gampang lho, contohnya siapa yang pernah mendengar bacaan  “Alhamdulilahirobbil ‘aalamin” menjadi “Alhamdulilahirobbil ngaalamin”.

Sebenarnya yang dibaca dan maksud pembacanya tidak salah, tetapi karena mungkin saat belajar mengaji kesalahan bacanya tidak dikoreksi, sehingga menjadi kebiasaan. Hal ini hanya salah satu contoh mengapa banyak orang tua lebih memilih tempat kursus mengaji private dibanding tempat umum.  Albata adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang bisa anda pilih untuk mendampingi dan membimbing putra-putri anda. Albata adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang menggunakan metode kelas Montessori. Para ayah bunda sudah tahu apakah metode Montessori ini? Yuk kita bedah lebih lanjut.
 

Metode Montessori

Metode Montessori dibuat oleh seorang dokter sekaligus ahli Pendidikan yang berasal dari Italia yang Bernama Maria Montessori. Saat itu beliau menjadi bagian dari Lembaga pelatihan untuk guru anak-anak cacat. Beliau mulai meneliti dan mengembangkan metode dan sistem pengasuhan yang cocok bagi anak-anak tersebut.  Pada tahun 1907 Montessori berhasil mendirikan sekolah pertamanya Casa dei Bambini di Italia.           

Metode Montessori menekankan pada kemandirian dan keaktifan anak, pembelajaran langsung dan permainan kolaboratif. Anak-anak didorong untuk membuat pilihan kreatif saat mereka belajar. Sedangkan guru menawarkan berbagai materi atau aktifitas yang sesuai dengan umur mereka, mengamati dan memandu, memperkaya pengetahuan dan memberi penilaian.
Dengan metode ini diharapkan anak-anak dapat menemukan, mengeksplorasi dan mengembangkan potensi masing-masing.

ilustrasi kelas montessori

Anak-anak juga menjadi pembelajar yang aktif dan mandiri. Anak-anak juga diharapkan mampu mengoreksi dirinya sendiri, paham terhadap kesalahan yang dilakukan dan cenderung lebih puas saat berhasil menyelesaikan permasalahan. Hal ini menjadikan mereka lebih siap dalam menghadapi problematika didunia nyata.
Pada kelas Monstessori,  anak-anak cenderung tidak membutuhkan motivasi dari para pendidiknya. Hal tersebut menjadikan anak-anak lebih memahami keinginan dan tujuan dari pembelajaran mereka. Sekolah yang menggunakan metode ini biasanya tidak menerapkan reward dan punishment untuk anak-anak.

Albata, Lembaga Pendidikan Islam Pilihan Ayah Bunda

Berdiri tahun 2019, Albata berada di bawah Yayasan Pendidikan Islam Albata dengan cita-cita:

  1. Membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa dan mandiri sejak dini.
  2. Membangun peradaban Islam yang dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.
  3. Mengembangkan mindset bahwa belajar itu menyenangkan. 

Albata berfokus pada Pendidikan tauhid, adab, fiqh, sirah, Tahsin dan tahfidz dengan metode fun learning dan kelas Montessori Islam. Metode Montessori Islam adalah sama halnya dengan metode Montessori biasa namun dalam kegiatannya diselipkan nilai-nilai Islam dalam prosesnya.
Kegiatan-kegiatan ini juga cocok dilakukan dirumah sehingga bisa meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak. Dengan mengenalkan Islam sejak usia dini, nilai-nilai tersebut dapat tertanam dan melekat pada jiwa anak.
Kelas-kelas yang dimiliki Albata
Untuk membantu dan mendampingi ayah bunda, Albata memiliki beberapa kelas sesuai dengan usia dan tingkatan Pendidikan putra-putri anda.

Kindergaten

Kindergaten atau taman kanak-kanak untuk usia 3-6 tahun dengan metode pembelajaran fun learning (Montessori).

TPQ Kids

TPQ (Tempat Pendidikan Quran) yang berdasarkan Quran dan sunah untuk anak 3-7 tahun dengan metode fun learning (Montessori). 

TPQ Teens

TPQ (Tempat Pendidikan Quran) yang berdasarkan Quran dan sunah untuk anak 7-13 tahun dengan metode fun learning (Montessori).

Toodler

Kelas Khusus anak-anak bayi yang berdasarkan Quran dan sunah ditujukan untuk anak-anak 1-3 tahun.

Nah para ayah bunda, ada satu kelas yang sangat menarik menurut saya. Yaitu kelas TPQ Teens Offline Private.

TPQ Teens Private Offline

TPQ (Taman Pendidikan Quran) adalah tempat belajar membaca Al-Quran bagi anak-anak diusia 7-13 tahun. Seperti yang kita tahu, membaca Al-Quran adalah hal yang utama sebelum kita memahami Al-Quran. Selain itu membaca Al-Quran memiliki pahala yang sangat besar.


Kelebihan dari belajar mengaji offline adalah ustadzah dan santri berhadapan sehingga ustadzah bisa melihat dan mendengar dengan jelas, begitupula sebaliknya. TPQ Offline adalah pilihan yang sangat baik.
Metode pembelajaran TPQ offline di Albata tidak hanya tentang membaca AL—Quran saja, kurikulum TPQ Teens Private Offline meliputi:

  1. Tauhid
  2. Adab dan Ahlak
  3. Fiqih
  4. Sirah (Cerita Nabi, Sahabat dan Ulama Klasik)
  5. Tartil (Mengenal Huruf Hijaiyah hingga membaca Al-Quran)
  6. Tahfidz (Hafalan Al-Quran)

Kurikulumnya sangat menarik bukan para ayah bunda? Nah di TPQ Teens Private Offline guru akan mendatangi rumah siswa sehingga pembelajarannya lebih private. Putra putri anda akan lebih mudah menyerap ilmu-ilmu yang diberikan oleh ustadzah, selain itu orang tua juga bisa mendampingi proses pembelajaran anak. Hal ini sangat penting sehingga orang tua dan ustadzah bisa bersinergi dengan baik demi perkembangan putra putrinya. Karena itulah belajar mengaji offline terutama metode private merupakan pilihan terbaik
Mengapa Memilih Albata
Setiap Lembaga Pendidikan tentunya memiliki keunggulan-keunggulan yang ditawarkan. Lalu bagaimana dengan Albata? Mengapa para ayah dan bunda seharusnya memilih Albata sebagai patner mendidik putra-putri anda.

  1. Materi berdasarkan Quran dan Sunah
    Materi pembelajaran yang digunakan berdasarkan Quran dan Sunah.
  2. Pembelajaran fun learning (Metode Monressori)
    Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kemandirian dan meningkatkan kreatifitas dan pemahaman anak.
  3. Pengajaran Terbaik.
    Untuk mencapai pembelajaran terbaik dan ekslusif, 1 murid dengan 1 pengajar.
  4. Pengajar datang ke rumah murid.
    Pengajar mendatangi rumah santri sehingga santri lebih nyaman dalam belajar.
  5. Ustadzah Terbaik.
    Para pengajar diseleksi dari universitas ternama.
  6. Durasi pertemuan, 8x dalam 1 bulan. Setiap pertemuan 90 Menit.
  7. Include Learning Kit Untuk Tiap Pertemuan

Biaya Pendidikan

  • Biaya Pendaftaran Rp. 500.000  (dibayar 1x saja diawal)
  • Uang kegiatan bulanan mulai Rp. 1.250.000 perbulan.

Penutup

Belajar membaca Al-Quran sejak dini sangatlah penting. Namun Hendaknya tidak hanya menekankan pada membaca Al-Quran saja. Namun nilai-nilai Islam yang lainnya juga harus diajarkan dan ditanamkan untuk memberi bekal pada putra-putri kita. Peran orang tua dalam mendampingi Pendidikan anak juga sangat penting. Sehingga belajar mengaji offline dengan TPQ Offline adalah pilihan yang sangat baik.
Lembaga Pendidikan Albata adalah salah satu patner terbaik yang bisa ayah bunda pilih karena Albata memiliki fun learning dengan metode kelas Montessori Islami yang disesuaikan dengan perkembangan putra putri anda. 

14 comments for "Belajar Mengaji Di TPQ Teens Offline Albata"

  1. Pilihan belajar mengaji di Albata makin beragam ya... Bisa custom sesuai keinginan dan kesibukan kita. Makin kreatif juga metode belajarnya. Recommended nih...

    ReplyDelete
  2. Memang belajar ngaji ini susah² gampang. Jika menemukan metode yg pas akan terasa mudah dan menyenangkan. Beruntungnya ada albata yg mendampingi anak² mengaji dg menyenangkan dan benar

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ada Albata ya solusi belajar mengaji anak offline secara private. Anak jadi lebih mudah paham dan fokus. Biayanya juga worth it sama waktu belajar 90 menit dan kualitas mengajarnya. Masya Allah, kalau kaya gini anak pasti jadi lebih rajin mengajinya.

    ReplyDelete
  4. Pilihan belajar di Albata sangat beragam, ya, mulai dari todler sampai usia belasan tahun tersedia kelasnya. Sistem belajarnya juga ada pilihan online dan offline, bisa menyesuaikan dengan waktu yang bisa kita ikuti dan yang paling keren adalah kurikulum kolaborasi antara pengajaran Islam dengan montessori, pastinya akan disukai anak-anak dalam proses belajarnya

    ReplyDelete
  5. Masyaallah baru tahu ternyata Albata juga menyediakan paket belajar untuk anak remaja. Albata ini bisa dijadikan solusi bagi orang tua yang anandanya bersekolah di sekolah umum.

    ReplyDelete
  6. Belajar ngaji tuh kebayang metode ketika zaman kecil yang masih konvensional dan bahkan nunjuk dengan menggunakan lidi atau kalam warna warni. Sekarang dengan perkembangan zaman udah banyak metode yang bikin anak-anak tidak merasa ngeri ketika mengaji, jadi ga sabar anakku besar deh biar merasakan metode dari Albata ini

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah... Di tengah tantangan zaman dan kemudahan teknologi, ada yang memanfaatkan buat memperkuat agama khususnya untuk anak-anak dan remaja. Apalagi metode yang dipakai menyenangkan. Bisa jadi solusi buat para orang tua yang ingin anaknya pandai mengaji nih...

    ReplyDelete
  8. Keren sekali sih, metode montessori kolaborasi dengan Islamic gini. Jadi bisa belajar sesuai fitrah dan pastinya tetap menyenangkan. Harganya juga terjangkau.

    ReplyDelete
  9. Metode Montessori memang metode yg ramah anak, mengukuti fitrah anak disertai batasan2 yg jelas. Buat anak pasti gun ya, kak belajar Al-Quran dengan metode ini. Albata bisa jadi pilihan terbaik untuk belajar di sini.

    ReplyDelete
  10. Pilihan belajar terbaik, sayangnya proses belajar dengan metode Montessori belum ada di Turki, enak juga klo sistem belajarnya privat para pengajar datang kerumah masing-masibg mürid.

    ReplyDelete
  11. albata ini keren ya kelasnya. Bisa online dan offline juga. Salah satu kelas montessori yang rekomended buat stimulasi anak dan perlu di coba nih

    ReplyDelete
  12. Wah lengkap sekali ya ternyata di Albata. Nggak cuma buat anak, tapi juga ada buat remaja. Apalagi metode pengajarannya juga menyenangkan.. Semoga dengan adanya TPQ seperti ini semakin banyak generasi yang cinta Al Quran.

    ReplyDelete
  13. Solutif bgt nih buat anak pra remaja yg udah mulai ogah2an belajar ngaji ke tpq karena alesan malu bareng sama anak2. Program2 di albata lengkap sekali yaa, recomended

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah Semakin beragam pilihan kita untuk memberikan pendidikan agama islam ke anak saat ini. Albata hadir dengan metode montessori yang menyenangkan, anak menjadi semakij enjoy belajar mengaji

    ReplyDelete

Post a Comment