Jajaran Laptop AI ASUS Terbaik di Tahun 2024

Asus Consumer Roadshow 2024

 

Martinsetiawan, beberapa waktu yang lalu saya menghadiri sebuah event yang diadakan oleh ASUS, yaitu ASUS Consumer PC Media Roadshow. Seperti judulnya. Asus mengadakan roadshow untuk memperkenalkan jajaran laptop terbaru di lini PC consumernya.

Sebenarnya jarang-jarang lho saya ikut acara seperti ini. Sebagai blogger wannabe yang fals kalau disuruh selfie, saya sadar diri kalau kurang memiliki kemampuan diri, tetapi kalau diajak ngobrolin AI, saya tidak takut. 

Nah kebetulan sekali tema Asus kali ini adalah ASUS AI. Untuk yang belum tahu AI itu apa, AI adalah kepanjangan dari Artificial Intelegence, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kecerdasan buatan. Jaman dahulu kala, AI adalah lambang dari superioritas logika, sebenarnya sekarang masih hanya saja untuk membuat AI tidak terlalu rumit dibanding jaman dahulu. Selain itu pemanfaatan AI saat ini lebih luas dari jaman saya kecil dahulu. 

ASUS AI

Sebenarnya aplikasi-aplikasi AI yang ada saat ini sebagian besar berjalan di cloud. Misalnya mesin pencari (google, bing), adobe creative, canva, windows copilot, sportify dan lain sebagainya. Meskipun aplikasinya berada di komputer, tetapi pengolahan AI ada di sistem awan/cloud. Karena untuk memproses fitur AI dibutuhkan perangkat komputer dengan kemampuan tinggi. 

Asus menghadirkan jajaran laptop yang sudah menggunakan prosesor terbaru yang memiliki dukungan penuh pada Artificial Intelegence dan menggunakan sistem operasi windows terbaru yaitu Copilot Plus PC.  Copilot adalah sistem AI yang dikembangkan oleh Microsoft dan plus PC bisa diartikan sebagai sistem operasi yang sudah terintegrasi secara native dengan AI (Copilot).

Berbicara tentang teknologi AI, apa yang membedakan prosesor yang mendukung penuh AI dan tidak yaitu pada komponen NPU atau Neural Prosesor Unit. Prosesor generasi lama hanya terdiri dari CPU (Central Prosesor Unit). Meskipun CPU sudah memiliki kecepatan tinggi. Namun masih kesulitan jika harus mengolah logika yang rumit seperti AI. NPU adalah chip pengolah data yang dirancang untuk menangani perhitungan yang kompleks dan rumit seperti yang digunakan di machine learning dan deep learning.

Laptop-laptop yang dipamerkan hari ini adalah laptop tipe consumer atau bahasa sederhanya laptop yang digunakan untuk sehari-hari. Ciri-ciri laptop consumer adalah, ringan, irit listrik, layar dan ukurannya yang kompak/portable. 

Nah laptop apa saja yang dibawa oleh ASUS hari ini? 

ASUS ZENBOOK DUO (UX 8406)

Asus Zenbook duo adalah laptop termahal dan tercanggih yang pernah saya sentuh. Saat ini Asus Zenbook Duo adalah satu-satunya Laptop AI yang memiliki dua layar. Saking inovatifnya,  Asus Zenbook Duo  dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Inovation Award. Asus Zenbook Duo memiliki 5 skenario penggunaan sehingga sangat fleksible. Meski memiliki dua layar, Asus Zenbook Duo punya mode low profile juga. Yaitu dengan menyematkan keyboard pada layar bawah sehingga terlihat seperti laptop biasa

.

5 Mode Layar Asus Zenbook Duo

Asus Zenbook Duo ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang memiliki AI booster yaitu Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™. Selain itu Asus Zenbook Duo juga menggunakan sistem operasi Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI yang tak tertandingi. Asus Zenbook Duo (UX8406) hadir di harga mulai Rp. 34.999.000

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405)

Laptop ASUS AI kedua yang dipamerkan di ajang Asus Consumer PC Media Roadshow adalah Asus Zenbook 14 OLED (UX3405). Meski saya menuliskan pada urutan dua, tetapi sejatinya laptop ini adalah laptop AI pertama milik Asus di Indonesia. 


ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) termasuk dalam jajaran laptop berlogo ASUS AI, sehingga bisa dipastikan laptop ini menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra Series. Asus Zenbook 14 OLED (UX3405) dibekali RAM sebensar 32 GB. Sayangnya RAMnya model tanam sehingga kita tidak bisa mengupgrade besaran RAMnya. Tetapi RAM 32 GB sepertinya cukup untuk aktifitas sehari-hari. 


 Kelebihan dari RAM tanam adalah bobot dan ukuran laptop jadi lebih kompak dan ringan. Beratnya hanya sekitar 1.2 kilogram saja. 

ASUS Zenbook S 13 (UX5304)

Asus Zenbook S 13 adalah salah satu laptop varian tertinggi dari laptop premium ASUS. Latop ini adalah laptop teringan dan tercantik yang pernah saya pegang. Beratnya hanya 1 kilo saja, kemudian ukuran 13 inchi terlihat sangat kompak. Namun layarnya tidak terlihat terlalu kecil. Padahal saya sempat skeptis dengan trend laptop ukuran 13 inchi.

 


Bagian belakang layar laptop ini terbuat dari Plasma Ceramic Alumunium yang terlihat elegan dan mahal. Namun proses pembuatannya tidak menggunakan proses kimia sama sekali sehingga meskipun logam, bahan ini tetap ramah lingkungan. laptop ini dipasarkan mulai harga Rp. 24.999.000.

 


LAPTOP CONSUMER

Selain laptop-laptop premium, Asus juga membawa dua laptop consumer non ASUS AI yang juga menarik .Menarik karena harganya lebih murah namun kualitasnya tetap kalah dengan seri Zenbook. 

Secara kualitas tentu saja berbeda jauh karena Zenbook adalah laptop premium yang sudah terkenal dan diakui kualitasnya. Dua laptop lainnya yang ikut dibawa serta adalah Asus Vivobook 14 (A1404) dan Asus Vivobook Go (E1404).

Kedua laptop tersebut sudah menggunakan prosesor intel generasi terbaru yaitu 13th Gen Intel® Core™. Dengan prosesor tersebut kebutuhan