Widget HTML Atas

Intel Umumkan Prosesor Intel Core Generasi 11 Tiger Lake

peluncuran prosesor Intel core generasi 11


Dilansir dari newsroom Intel. Intel meluncurkan prosesor core generasi 11. Padahal laptop dengan intel generasi 10 belum terbeli, eh sudah ada generasi baru lagi. Tapi tenang saja gaes, Ketersediaan laptop dengan Intel generasi 11 nggak akan tersedia secepat ini. Mungkin tahun depan baru rilis. Kalau kamu berencana mencari laptop baru namun tidak terlalu mendesak. Masih bisa pinjam kakak, adek atau tetangga. Lebih baik menunggu tahun depan saja.  

Diluncurkan di Santa Clara California, Intel mengumunkan era baru kinerja laptop dengan meluncurkan prosesor generasi terbaru, yaitu generasi 11. Prosesor yang secara resmi memiliki nama kode  "Tiger Lake" ini menjanjikan kinerja mumpuni melebihi prosesor Intel generasi sebelumnya yaitu generasi 10.  

Lalu apa saja yang menjadi keunggulan Intel generasi 11 sehingga layak untuk kamu tunggu?

Grafis Terintegrasi Yang Mumpuni

Sejak prosesor generasi 10, Intel melakukan perombakan pada sisi grafisnya. Jika sebelumnya menggunakan Intel HD dan Intel UHD. Pada generasi 10 intel menyematkan mesin grafis baru, yaitu Intel Iris. Pada generasi 11, intel meningkatkan kinerja kartu grafis ini sehingga berkerja 2x lebih baik dari generasi sebelumnya. Intel Iris generasi terbaru ini bernama Intel Iris Xe dan hanya tersedia untuk Intel Core i5 dan i7.

Intel Iris Xe adalah kartu grafis yang sangat bagus untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi Intel Iris Xe mendukung resolusi hingga 8K. Dengan teknologi 4x4K HDR, kamu bisa menghubungkan 4 layar HDR sekaligus. Dilengkapi Dolby Vision HDR + Dolby Atmos 3D Sound, serta teknologi GPU terbaru untuk streaming video super lancar.

Buat kamu yang suka ngegame, Iris Xe dilengkapi dengan resolusi maksimal 1080p dengan 60 fps. Masih kurang? beli VGA diskrit saja hehe. 

Untuk para konten kreator. Intel Iris Xe bisa digunakan untuk membuat konten-konten 4K dengan mulus. Apalagi kalau bukan karena disematkan teknologi AI di kartu grafis ini. Bayangkan saja, Smartphone yang menggunakan prosesor seri mobile yang kemampuannya terbatas dengan AInya bisa membuat photo-photo kita jadi cetar membahana, apalagi kalau yang digunakan adalah prosesor dan GPU kelas dekstop.

Arsitektur 10nm

Intel Core generasi 11 dibangun dengan arsitektur Superfin 10nm. Semakin kecil arsitektur prosesor akan meningkatkan kinerja dan rendah konsumsi daya. Sebelumnya Intel menggunakan arsitektur 14nm. pilihan arsitektur ini sering menjadi bulan-bulanan fans prosesor sebelah. Maklum saja, prosesor sebelah sudah menggunakan teknologi 7 nm. Namun ada alasan tersendiri bagi Intel untuk tetap bertahan di arsitektur 14 nm. Apalagi kalau bukan karena kinerjanya. 
Setelah melakukan riset panjang. Akhirnya Intel berhasil menciptakan arsitektur baru yang lebih kecil dari fabrikasi 14 nm, yaitu 10 nm. 

Meski prosesor tetangga masih lebih kecil dari Intel. Namun Intel mengklaim, teknologi arsitektur barunya ini memberikan peningkatan performa transistor terbesar sepanjang sejarah Intel. Hal ini berarti meski arsitektur 10nm lebih besar dari 7nm, namun kinerja prosesor intel lebih optimal.

AI Terintegrasi

Teknologi AI sekarang ini menjadi hal yang umum. Semua teknologi komputasi seringkali ditambahkan kata AI. Entah benar atau tidak hanya produsen dan Allah yang tahu. 

Kamera smartphone sering kali dibekali AI yang membuat mereka menjadi jahat sekali. Kalau kemampuan AI dimasukkan ke kamera bisa membuat kamera menjadi sejahat itu. Lalu bagaimana kalau teknologi AI dibenamkan ke prosesor. Duh bakalan jadi jahat banget ya? 

Teknologi AI pada prosesor Intel akan membantu dalam pemrosesan citra gambar dan kemampuan lainnya. Misalnya saja untuk optimalisasi prosesor di berbagai pemakaian. Misalnya pemakaian untuk kebutuhan kantor, video, grafis dan lain sebagainya. 


No comments for "Intel Umumkan Prosesor Intel Core Generasi 11 Tiger Lake"