5 Game Online Ringan Untuk Mengembalikan Mood Ngoding

 


Menurut salah satu penelitian yang entah, progammer adalah salah satu pekerjaan yang rawan stress. Itulah mengapa kantor-kantor startup banyak yang didesain cozy ala rumahan lengkap dengan dapur, tempat tidur bahkan ada yang punya lapangan badminton. 

Aku pernah kedatangan tamu dari konsultan software, waktu masuk ke kantor kami mereka bercerita tentang kondisi kantor mereka. Dikantor mereka didesain untuk menyenangkan programmer, snack setiap pagi kemudian ada juga tempat bermain tenis meja dan playstasion. Kalau lagi stuck, pusing mikirin koding mereka main playstation dulu atau nonton anime. 

Penyebab Stress Waktu Koding

Sebenarnya aku nggak bisa menggenealisir penyebab stress waktu koding, soalnya aplikasi yang aku develop dikantor termasuk aplikasi ringan. Paling cuma CRUD saja. Dan terus terang penyebab stress dan stuck waktu ngoding bukan karena hal-hal yang berat, misal nggak tahu syntaxnya apa. Palingan yang dipakai cuma bikin variabel, query, perulangan dan kondisi. 

Beberapa hal yang membuatku merasa stress (kadang) adalah:

1. Belum paham alur bisnisnya. Kadang user kurang terbuka atau tidak bisa menerangkan permasalahan dengan baik, karena informasi yang kurang memadai akhirnya ketika membuat aplikasi seperti ada yang kurang dan nggak tahu kurangnya dimana. Asli bikin stress deh.

2. User pakai alur suka-suka dia. Ini juga bikin stress, karena yang memakai aplikasi kan bukan hanya bagian A saja, ada bagian B, C dan D dimana semua berkolaborasi saling berhubungan dan tertaut. si C pengennya nggak mau nunggu si A, atau si C pengennya si A saja yang ngisi. 

3. Menyusun UI/UX. Sebagai programmer yang suka memanjakan pengguna, masalag UI/UX bisa bikin stress sendiri. Apalagi ditempatku tidak ada yang kompeten di UI dan UX.

Manfaat Bermain Game Online

Kalau sudah sampai tahap ini, melihat IDE Vb6 jadi makin stress. Mencari ide kadang bukannya menyelesaikan masalah tapi malah tambah bikin stress. Oleh karena itu aku butuh pengalihan fokus. Salah satunya adalah main game.

Game yang dipilih jangan game yang butuh waktu lama untuk bermain, cukup game ringan yang bisa melepaskan penat pikiran barang sejenak. 

Selain itu aku juga malas install game di laptop. Maklum laptopku memang minimalis. Meskipun pakai intel core i5, tetapi ramnya hanya 8 gb dan space harddisknya cuma 512GB, rasanya sayang kalau spacenya dihabiskan untuk install game kelas berat.

Selain untuk mengalihkan pikiran, sebenarnya ada banyak sekali manfaat bermain game, seperti:

1. Menghilangkan stress dan mengembalikan mood.

2. Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan.

3. Mencegah penuaan dini.

4. Merilekskan tangan dan anggota tubuh lain.

5. dan sebagainya.

Satu Terminal Bermain gratis

Kalau kalian bingung mau main game apa, aku ada tempat main game rekomended nih. Soalnya disana gamenya lengkap dan beneran game ringan untuk mengatasi kejenuhan. Jangan sampai pengennya refreshing malah tambah stress. Aku paling suka  bemain game online di plays.org. 

game-game di plays.org berbasis web dan ringan, aku nggak perlu khawatir kehabisan storage gara-gara menginstall banyak game. 

Game-game di plays.org menggunakan html5 sehingga sangat ringan. Jangan khawatir kalau game ini bakal memberatkan prosesor seperti game-game flash jaman dahulu.

Jumlah gamenya pun tak terhitung banyaknya. Puluhan? bukaaan. Ratusan? mungkin. Yang pasti semakin banyak pilihan dan pengorganisasian gamenya yang bagus membuat kita nggak bingung pilah-pilih game.

 beberapa jenis game yang cocok dimainkan sebagai pengalih perhatian saat kita stress adalah:

1. Battleship: Online Naval War Competitive Battle Game   

game jenis battleship adalah permainan yang sangat sederhana tetapi mengasikkan. Intinya pemainan ini adalah saling menghancurkan kapal. Tetapi kita tidak tahu dimana kapal itu berada, jadi kita harus menerka-nerka dimanakah dia berada. Untuk menenggelamkan kapalpun harus mengebom seluruh badan kapal. 

game tipe battleship yang aku suka di plays.org adalah Battleship: Online Naval War Competitive Battle Game.   

grafisnya sangat sederhana, karena kesederhanaannya itulah aku menyukainya. Seperti halnya kesukaanku akan kesederhanaanmu eaaaa. plakkk.

sumber plays.org

Sebelum memulai peperangan kita harus menyusun formasi kapal kita terlebih dahulu. Menata-nata seperti ini mengingatkanku pada menata form, usahakan menanyanya rapi tapi jangan monoton.

menyusun formasi kapal, source plays.org


 Untuk memindahkan kapal cukup dengan mengklik dan mendrag kapal ke posisi yang diinginkan, kemudian posisi kapal juga bisa diubah menjadi vertikal atau horisontal dengan mengklik lingkaran dimuka kapal.

Setelah selesai menata kapal, langsung saja klik, START

Setelah itu mulai berperang. Pilih kotak lawan untuk menentukan serangan, kalau berhasil mengenai kapal lawan, kotaknya akan berwarna merah dan ada animasi ledakan, kalau nggak kena gambarnya hanya air dan kotaknya berubah warna menjadi hijau seperti dibawah ini:

kapal musuh berhasil kena, plays.org

Strategi permainan ini cukup sederhana, kalau sudah mengenai kapal musuh dan berwarna merah. Langsung saja di bom disebelah kanan./kiri atau atas/bawahnya.

horee menang, plays.org

Kalau kita berhasil menyapu semua kapal maka kita menang, tetapi kalau kalah jangan nangis ya, tinggal diulang saja hehe.

2. Catur

Ada banyak sekali permainan catur di plays.org. Kamu bisa bereksplorasi beberapa permainan game catur. game Meskipun game catur adalah permainan yang mengasah pikiran, tetapi kamu nggak akan tambah stress. Kalau kamu tambah stress berarti kamu perlu mendefinisikan lagi kenapa kamu ngegame. Nah game catur akan mengasah kemampuan kita mengambil keputusan, bermain game sekaligus mempertajam intuisi. keren kan?


3. Mahjong

Menjadi programmer full stack di rumah sakit nggak cuma harus bisa membuat aplikasi, kadang kita juga harus door to door ke user untuk mengajari mereka, Setiapkali ke ruangan aku sering menemukan game ini di komputer user. Biasanya sih user yang sudah cukup berumur. Tadinya aku penasaran, game apa sih ini kok pada suka main. Ternyata mahjong ini game mencocokkan gambar dan ternyata asik juga dimainkan. Game ini benar-benar pelepas stress dan pembunuh waktu kelas wahid karena simpel tapi asik.

mahjong, plays.org

4. Play Car Rush Game Online

Dulu waktu masih kecil aku sering main ding dong alias video game di plasa simpang lima, eh aku nemu game play car di plays.org yang tampilannya mirip banget dengan game ding dong. Lagi pula siapa sih yang nggak suka game balapan? gamenya asik dan nostalgia banget.

 

5. Classing Solitere 

Game rekomendasi kelima adalah soliter. Soliter game kartu yang sangat populer. Memang sih di microsoft windows juga ada solitere. Tapi kan bosen juga kalau main disitu, nah di plays.org ada banyak sekali game solitare, kamu mesti coba deh!

 

KESIMPULAN

Game online versi web memang menolong banget kala kemumetan, kestrukkan karena kita bisa rehat sejenak dari kekusutan. 5 game online ringan disini hanya sebagai contoh saja ya, paling nggak game-game ini yang menjadi pelipur laraku. Masih ada ratusan game di plays.org yang bisa kamu mainkan. Selamat bermain

4 comments for "5 Game Online Ringan Untuk Mengembalikan Mood Ngoding"

  1. Banyak ya pilihan gamenya.. tapi kalau udah keasyikan ngegame aku suka kelupaan nulis wkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya main game yang pendek-pendek saja. Misal game battleship atau balapan

      Delete
  2. Main game di plays.org memang seru ya nggak perlu download jadi praktis aja gitu.

    ReplyDelete

Post a Comment