Cara Cepat Membuat Website Dengan Wordpress

Dahulu membuat website sangat sulit, hanya orang-orang yang berilmu tinggi yang bisa melakukannya, tetapi saat ini dengan wordpress kamu bisa membuat website dengan cepat, bahkan hampir tanpa koding sama sekali. Disini akan aku kupas tuntas cara membuat website dengan wordpress.

Wordpress 

Sebelum menggunakan wordpress, kamu perlu kenalan dulu sama dia yang Bernama wordpress. Wordpress dibuat oleh duo blogger, Matt Mullenweg dan Mike Little setelah platform blog kecintaan mereka yaitu b2/cafeblog     berhenti dikembangkan pada tahun 2003. Wordpress awal merupakan fork/pengembangan dari source b2/cafeblog yang sampai saat ini telah dikembangkan melampaui tujuan awal pembuatan software ini.

Wordpress dirilis dengan lisensi open source sehingga banyak sekali programmer lain yang berkontribusi dalam pengembangannya. Wordpress adalah software yang modular dan memungkinkan pengembang menambah fitur-fiturnya dengan manambah plugins dan bisa mengubah-ubah tema dengan mudah melalui system themingnya yang sangat mudah dan powerfull. 

Dengan bantuan para pengembang tema dan plugins yang memanfaatkan ekosistemnya, Wordpress sekarang bukan hanya bisa digunakan untuk membuat web blog saja, tetapi juga membangun berbagai macam genre web seperti web profile, web group seperti facebook, web download atau hanya sebagai landing page saja.

Wordpress.org VS Wordpress.com

Meskipun powerfull, menginstall wordpress bukan hal yang mudah. Selain itu banyak hal yang harus dilakukan untuk mengelola website sendiri, karena itu Automatic (pengembang wordpress saat ini) membuat layanan wordpress cloud yang beralamat di wordpress.com

Sedangkan source wordpress masih duduk manis di website organisasi yaitu wordpress.org.

Di wordpress.com kamu nggak perlu melakukan install dan setting-setting wordpress karena sudah otomatis dilakukan oleh Automatic, tetapi fitur-fiturnya terbatas, sesuai dengan pilihan layananmu. Misalnya yang versi gratis hanya bisa digunakan untuk ngeblog, pilihan tema terbatas, tidak bisa custom tema dan install plugins.

Sedangkan dengan source wordpress, kamu bisa melakukan apa saja, seperti memilih tema sesukanya, mengubah-ubah tema, install plugins yang dibutuhkan dan lain sebagainya. 

INSTALL WORDPRESS

Cara Install wordpress di Lokal

 Untuk pengembangan sebaiknya wordpress diinstall dikomputer/lokal terlebih dahulu baru dinaikkan ke server. Untuk menginstall wordpress dikomputer maka yang perlu kamu siapkan adalah:
 

Server web dengan PHP dan MySQ.

Karena wordpress dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, kamu butuh web server yang support PHP dan database mysql. Sebagai contoh aku menggunakan xampp sebagai web server, Download xampp diiends.org/download.html 
 
 
Sebaiknya pilih versi 7 karena php versi 8 masih tergolong baru. Kemudian install xampp di computer dan jalankan servernya.

Download Source Code Wordpress

Download source code wordpress di wordpress.org, tepatnya di link ini:
https://wordpress.org/download/ gulir kebawah sampai kamu menemukan tombol download seperti dibawah ini:
 

 Buat Folder Blogku

Buka windows explore, kemudian buka folder C:\xampp\htdocs, buatlah folder blogku, extract file source wordpress, kemudian kopi seluruh isi folder wordpress. folder htdocs adalah folder tempat source suatu web site. hanya folder dan file yang ada di dalam folder htdocs yang bisa diakses oleh browser.

Buat Database

Setelah itu buat database untuk website blogku, kalau menggunakan xampp, kamu bisa menggunakan phpmyadmin, caranya:
  1. Buka Browser, masukkan alamat: localhost, 
  2. Klik PhpMyAdmin dimenu navigasi atas
  3. Buat database baru, misalnya wp1
     

MARI KITA INSTALL WORDPRESS

Setelah setting server dan file installernya selesai, sekarang saatnya kita install wordpress. Hanya membutuhkan 3 Langkah saja.
1. Buka alamat blogku di browser, http://localhost/blogku. Kemudian akan muncul pemilihan bahasa. Terus terang aku lebih suka pakai bahasa inggris, soalnya kalau di Indonesiakan sering jadi aneh.
Pilih continue, kemudia di halaman berikutnya klik Lets Go.

2. Masukkan Nama Database, username dan password database, yang lainnya didiemin saja, langsung klik next. Kalau kamu menggunakan xampp, user defaultnya adalah root dan passwordnya kosong.

3. Masukkan informasi web dan pengguna seperti judul web, user admin dan password dan juga email pengguna.


Setelah itu klik Install Wordpress, Kalau sukses akan keluar halaman sukses install, kalau nggak sukses ya nggak muncul. 

Buka Halaman Web Blogku

Sekarang buka alamat web blog lokalmu di browser dan tralalala, kamu akan melihat hasilnya seperti dibawah ini:
 


Sangat mudah bukan? nggak ada ketak ketik source code yang memusingkan dan halaman webmu langsung jadi. Tetapi web ini masih jalan di komputer lokal ya, untuk membuatnya bisa diakses dari internet web ini harus diupload ke hosting.

INSTALL WORDPRES DENGAN ONE CLICK INSTALLER

Sebelum menginstall wordpress dengan one click installer, kamu harus berlangganan domain dan hosting terlebih dahulu, karena fasilitas ini adalah fasilitas dari hosting. Fungsinya adalah mempermudah menginstall wordpress. 

Selain itu kamu nggak perlu mengupload ke hosting karena wordpressnya sudah terinstall di hosting. Nah bagaimana cara membuat website dengan wordpress dengan hanya satu klik saja?
 
1. Login ke Cpanelmu
2. Cari dan Klik Logo Wordpress atau Cari softaculous App Installer.
 


3. Klik Tombol Biru Install Now
  
 4. Masukkan informasi yang dibutuhkan, kemudian klik tombol "INSTALL"
  
5. Tunggu 1-2 menit dan jreng jreng jreng, website sudah siap digunakan.
 

 
 Bagaimana, cara ini lebih simple kan? Tetapi sayangnya tidak semua hosting memiliki fasilitas ini, karena itu harus pintar memilih hosting yang sesuai baik dari segi budget maupun fasilitas.

TIPS MEMILIH HOSTING

website kita tidak akan berguna kalau hanya dibuka di localhost saja, alias hanya dikomputer kita. Karena itu website harus diupload ke hosting. Tetapi menyewa hosting tanpa menyewa domain juga percuma, siapa juga yang mau menghapalkan kode angka alamat website kita. Karena itu memilih penyedia domain dan hosting biasanya adalah satu kesatuan, seperti ketika kita beli sandal, nggak mungkin kan cuma beli satu? 
 
berikut ini tak kasih tips-tips memilih web hosting 

Web Hosting Indonesia

Karena target kita adalah penduduk Indonesia, maka web hosting yang kita pakai harus web hosting Indonesia 
Selain untuk memajukan insdustri dalam negeri, menggunakan web hosting indonesia akan mempercepat loading di sisi pengguna/visitor.
 

Manfaatkan Promo 

Banyak sekali web hosting yang mengadakan promo, biasanya untuk langganan tahun pertama, tapi lumayan lah biar modal awal nggak terlalu berat, betul kan. Kamu bisa pantengin halaman web hosting terkenal di Indonesia, lalu ambil penawaran terbaik yang mereka berikan.

Pilih Web Hosting Indonesia Yang Kredible 

Sebenarnya ada banyak sekali web hosting di Indonesia, tetapi saranku gunakan web hosting yang kredible dan terpercaya. Biasanya web hosting yang kredible harga standart yang digunakan tidak terpaut jauh dengan layanan dari perusahaan lain. Ciri lainnya adalah memiliki kantor, dan legal.
 
Selain memiliki kantor, tim dan legal perusahaannya, harus dipastikan juga testimoni para penggunanya ya gaess, testimoni pengguna sangat penting karena berhubungan dengan pelayanan yang sudah mereka berikan dan dirasakan oleh pengguna. 
 

Jangan Tergoda Harga Yang Sangat Murah 

 Domain dan hosting itu diperpanjang setiap tahun sekali, jadi kalau dihitung-hitung harganya murah lho. Makanya aku masih bingung kok ada yang dibela-belain nyari domain .com seharga 50 ribu. Coba deh cari domain .com harga standart 50 ribu, kan nggak mungkin! Kalau promo sih bisa saja, tahun depannya harga normal. Tapi rata-rata tetap diatas 50 ribu sih.
 
Kalau ada yang promo harga segitu terus dia pakai cloudflare. Ehmmm, kamu patut curiga. Mending cari yang legal saja deh.
 

Pilih Yang Memberikan Cpanel Dan Softaculous  

Saat ini cpanel adalah panel kontrol akun hosting kita. Sampai saat ini aku merasa cpanel adalah panel yang paling mudah dan nyaman dibanding lainnya. Namun kebijakan lisensi cpanel yang baru membuat banyak penyedia web hosting mengubah panels kontrolnya ke selain Cpanel. 
 
Kalau ada hosting yang menyediakan Cpanel, maka pilihlah dia!
 
Selain cpanel tentu saja ada si softaculous. Softaculous adalah software automatisasi install software opensource di hosting. Dengan softaculous, hidup menjadi makin mudah dan nyaman hehe.
 

KESIMPULAN 

Sesuai dengan judulnya yaitu cara cepat membuat web, maka tutorial kali ini hanya mengupas tentang instalasi wordpress saja. Next kita akan lanjutkan ke oprek-oprek settingngan seperti permalink, mengubah judul site, upload logo dan mungkin juga memilih tema yang tepat untuk website.
 
Nah sekarang kalian sudah tahu kan cara membuat website dengan wordpress? sangat cepat dan hampir tanpa koding sama sekali. Tapi ilmu-ilmu html, css dan javascript tetap penting lho, nanti kalau sudah di styling dan editing akan kita gunakan kok. Terima kasih sudah mampir 
 
 
 
 
 
 
 
 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 





 

 

 

 


 
 

 

No comments for "Cara Cepat Membuat Website Dengan Wordpress "