Memahami Konsep Object Oriented Programming (OOP) Dengan Mudah

oop
image by agilefaqs

Beberapa bulan yang lalu saya pernah membahas tentang OOP di visual basic 6. Ups, beberapa bulan yang lalu, berarti sudah lama nggak nulis artikel komputer wkwkwk. Gara-gara kumpul emak-emak blogger yang bernama Marita, saya jadi lupa niat awal bikin blog ini, yaitu sebagai catatan proses belajar saya di bidang IT. Sebagai pemanasan, saya buka dulu dengan artikel "Memahami Konsep Object Oriented Programming (OOP) Dengan Mudah".

Baca Artikel saya tentang OOP di Visual Basic 6

Pemrograman Prosedural VS Pemrograman Berorientasi Object 

Tidak afdol rasanya kalau membicarakan pemrograman berorientasi Object tanpa membicarakan tetangganya. Tetangganya siapa sih? Itu tuh, pemrograman prosedural.Dulu sih dia yang terkenal, bahkan sampai sekarang masih ada yang pakai, termasuk saya.

Pemrograman prosedural/struktural
Pemrograman dengan metode ini lebih menitik beratkan pada prosedur atau fungsi. Dimana sebuah pekerjaan dipecah-pecah menjadi beberapa prosedur atau fungsi, dengan kata lain sebuah program adalah urutan intruksi. Programmer memecah problem menjadi subproblem yang lebih sederhana. Fokus utama dari pemrograman ini adalah penggunaan prosedur dan fungsi untuk memanipulasi data. Dalam hal ini data bersifat pasif. Banyak artikel menyebutkan tipe pemrograman ini bekerja dengan baik untuk aplikasi kecil yang berisi kode yang relatif sedikit. 
Salah satu ciri khas pemrograman prosedural adalah penggunaan variable global, jadi kalau anda menggunakan bahasa pemrograman yang sudah berorientasi object tetapi masih menggunakan variable-variale global, bisa jadi sebenarnya anda membuat aplikasi dengan pendekatan prosedural, bukan OOP.

Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Berorientasi Object memiliki cara pandang yang berbeda. Dalam Pemrograman Berorientasi Object, Data dan fungsi bukanlah hal yang terpisah. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan dan membentuk obyek aktif. Cara pandang pemrograman berorientasi object yaitu sebuah program merupakan sekumpulan obyek yang bekerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah/problem.  Pada program berorientasi object. Pengembangan aplikasi bertumpu pada data. Dimana data adalah sebuah obyek, sehingga dia memiliki ciri tersendiri dan dapat melakukan hal-hal/fungsi sendiri. Selain itu sebuah obyek/data juga bisa berubah atau menurun pada obyek lain. Pemrograman dengan tipe ini disinyalir memudahkan dalam pengembangan sistem dengan skala yang besar.

Kesimpulan 
Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan Pemrograman Prosedural menitik beratkan pada cara komputer menangani tugas, sedangkan OOP berfokus pada tugas yang kita kembangkan untuk dieksekusi oleh komputer.

Konsep Dan Ciri OOP

Konsep pemrograman berorientasi objek adalah dengan memandang aplikasi bukan sekedar prosedur, melainkan sebagai obyek. Objek disini memiliki arti suatu modul yang mengkombinasikan antara data dan kode program yang bekerjasama dalam pemrograman dengan melewatkan proses satu sama lain. Dengan begitu OOP merupakan cara yang paling efisien untuk menulis program komputer, karena objek-objek tersebut nantinya akan mudah untuk dikombinasikan atau dipergunakan kembali.

Objek
Objek bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dibedakan satu dengan lainnya. Pendekatan ini sama halnya dengan kehidupan. Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah objek. Manusia, bulan, matahari, bunga atau hal-hal yang tidak berupa fisik atau konsep, contohnya waktu.
Didalam OOP obyek digunakan untuk membungkus data dan fungsi bersama dalam satu unit. Bisa diartikan Obyek adalah dasar modular dan struktur dalam sebuah program komputer yang berorientasi object.
Ciri utama dari sebuah objek adalah, Objek memiliki atribut/properti dan method/behavior.

Class
Class adalah template/dasar dari objek. Class adalah prototype atau blue print yang mendefinisikan variable-variable dan method-method secara umum. Boleh dibilang Objek berasal dari kelas. Objek bisa sama persis atau berubah dari kelas dasarnya. Sebuah Objek tercipta dari turunan atau disebut sebagai proses intance/ instantiation dari suatu kelas. Proses pembentukan Objek dari suatu class disebut sebagai intance.

Bisa diartikan Class adalah kumpulan definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk tujuan tertentu. Contohnya class kucing. class kucing berisi data/atribut umum seekor kucing. misalnya bermata dua, berkaki 4, berbulu, hidunya satu. Dan memiliki fungsi/method contohnya mengaum (namanya juga programmer, bebas yang bikin program dong!), berjalan, melompat dan lain sebagainya.






Property
Property atau atribut adalah definisi data yang membedakan antara objek satu dengan objek lainnya.  misalnya objek kucing ras dengan objek kucing domestik. Misalnya warna, jumlah bulu dan bentuk.
Didalam Class atribut disebut sebagai variabel. Atribut dibedakan menjadi dua jenis. Instance Variable dan Class Variable

Baca Artikel Install XAMPP Web Server di Windows
  • Instance Variable:Atribut untuk setiap objek dari kelas yang sama. Setiap Objek memiliki dan menyimpan nilai atributnya sendiri. Setiap objek dari kelas yang sama bisa menyimpan nilai yang sama atau berbeda. nilai ini tidak mempengaruhi objek satu dengan lainnya (enkapsulation). Jadi meskipun berasal dari kelas yang sama, atribut menempel pada objeknya, sehingga setiap objek memiliki atribut sendiri-sendiri.
         Contoh:
         Objek Kucing Ras 1 memiliki atribut
         warna:  putih kuning
         jumlah bulu: 99999999999k
         bentuk: Padat berisi

        Objek Kucing Ras 2
        warna:  putih hitam
        jumlah: bulu: 99999999999k
        bentuk: Kurus Berisi


  • Class Variable: Class variable adalah atribut dari semua objek yang dibuat dari kelas yang sama. Jadi semua objek yang diturunkan dari kelas yang sama akan memiliki nilai yang sama. Contohnya kucing ras lagi.

         Objek Kucing Ras 1 memiliki atribut
         Jumlah mata: 2
         Jumlah kaki: 4

         Objek Kucing Ras 2
         Jumlah mata: 2
         Jumlah kaki: 4

Method
Method/behavior adalah tingkah laku atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat merubah nilai atribut dari suatu objek, menerima informasi dari objek lain atau  mengirim informasi ke objek lain untuk melakukan suatu tugas.
Dalam class, behavior disebut juga method. Method sendiri adalah serangkaian pernyataan dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara objek berkomunikasi dengan objek lain dengan menggunakan method.
Contoh dari behavior/method misalnya objek manusia dapat berlari, lompat atau berbicara.

Encapsulation (Pembungkusan)
Salah satu ciri penting dari OOP adalah encapsulation atau bahasa kerennya pembungkusan. Definisi encapsulation adalag pembungkusan variabel dab method dala sebuah objek yang terlindungi serta meyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Method dan variabel dalam sebuah objek bisa ditentukan hak aksesnya.

Sebagai contoh sebuah motor. Pengendara hanya perlu tahu cara mengoper gigi, pengendara tidak perlu tahu secara detil bagaimana mesin bergerak sesuai operan gigi.
Dengan Encapsulation ini, variabel dan fungsi dari suatu objek dapat disembunyikan dari objek lainnya. Objek lain hanya bisa mengakses variabel atau objek yang disediakan hak akses atau interfacenya.

Inheritance (Pewarisan)
Inheritance adalah pewarisan atau menurunkan atribut dan method dari suatu class ke class lainnya. Class yang mewarisi disebut superclass, base class atau parent class dan class yang diwarisi disebut subclass atau child class.
Sebagai contoh ada class mobil sport dan mobil van. Mobil adalah superclass, mobil sport dan mobil minibus adalah subclass.

Polimorfisme (Berubah Bentuk)
Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk memiliki lebih dari satu bentuk. Bisa juga berarti banyak class (kelas) yang berasal dari satu orang tua. Polimorfis mengijinkan kelas induk untuk mendefinisikan sebuah method general (bersifat umum) untuk semua class turunannya. Polimorfis dapat berupa Overloading atau Overriding.
Dua atau lebih Objek/class dikatakan polimorfis jika memiliki antar muka yang identik tetapi memiliki perilaku yang berbeda.
Contohnya burung dan singa memiliki perilaku yang sama, yaitu gerak cepat. Namun perilakunya berbeda. gerak cepat burung dengan menggerakkan sayapnya dan terbang sedangkan singa menggerakkan kakinya dan berlari.

 






6 comments for "Memahami Konsep Object Oriented Programming (OOP) Dengan Mudah"

Post a Comment